Review Cities: Skyline – Simulasi belajar pengelolaan kota

 Review Game Edukasi, Simulasi, Uncategorized

Judul: Cities: Skylines

Genre dan tema: Simulation, city builder, strategy

Platform: PlayStation 4, Xbox One, Microsoft Windows, Nintendo Switch, Linux, Mac

Deskripsi game

Cities: skylines adalah sebuah game simulasi city builder, dimana kita bisa membangun sebuah kota, yang di kembangkan Colossal Order Ltd. Game ini telah diumumkan pada 14 Agustus 2014 oleh Paradox Interactive dan dirilis pada 10 Maret 2015. Game ini memiliki banyak DLC dan Expansion packs, yaitu After Dark, Snowfall, Match Day, Natural Disasters, Pearls From the East, Mass Transit, Concerts, Green Cities, Parklife, Industries, Campus, Sunset Harbor. Game ini mirip seperti SimCity yang dikembangkan oleh Electronic Arts, namun game ini jauh lebih detail dan baik eksekusinya dibandingkan game tersebut. Kita bisa simak “meme” tentang Cities: Skylines melawan SimCity dibawah ini:

Pada game ini pemain dapat dengan bebas membangun kota idamannya masing-masing menjadi bentuk dan desain yang bermacam-macam. Pemain akan mendapatkan pengalaman bagaimana caranya mengelola kota tersebut dengan baik, agar para penduduknya tidak marah dan meninggalkan kota itu. Pemain dapat mengatur zonasi tempat-tempat pemukiman, komersial, industri, dan perkantoran sebebasnya.

Cara bermain

Pada awal bermain game, pemain akan dihadapkan dengan lahan kosong dengan adanya jalan tol yang mengarah ke lahan tersebut. Pemain diberikan 70.000 mata uang permainan untuk memulai sebuah kota. Seperti gambar dibawah ini.

Pemain dapat membuat jalan baru dengan memilih menunya di bagian bawah. Jalan ini nantinya yang akan menjadi tempat lalu lalang kendaraan para penduduk dikota itu. Disebelah kanan dan kiri setiap jalan (kecuali highway) dapat ditaruh sebuah zone (pemukiman, industri, komersial). Menu jalan tersebut adalah seperti gambar dibawah.

Jika player mewarnai zone tersebut dengan pemukiman, maka penduduk akan membangun rumah yang bisa ditinggali. Jika komersial maka akan dibentuk bangunan untuk mereka bekerja berjualan. Jika Industri maka akan dibentuk bangunan industri yang akan menghasilkan barang atau bahan mentah, yang kemudian akan digunakan oleh komersial atau diekspor ke kota lain. Jika office, maka akan dibentuk perkantoran untuk para penduduk bekerja. Pemain juga dapat membeli bangunan untuk kesejahteraan penduduk, seperti rumah sakit, kantor polisi, penjara, pos pemadam kebakaran, dan lain-lain. Sehingga bisa seperti gambar dibawah ini.

Konten Edukasi

Edukasi dari Cities: Skylines ini sudah mencapai kategori mempraktekkan, yang berarti pemain benar-benar mempraktekkan apa yang seharusnya dilakukan dalam membangun sebuah kota. Konten edukasi dari game ini adalah cara membangun, mendesain, serta mengelola kota dengan baik dan benar. Untuk mensimulasikan itu semua, game menyediakan beberapa fitur yang menarik untuk menunjangnya. Beberapa fitur tersebut adalah:

  • Listrik

Listrik adalah Kebutuhan yang sangat penting untuk menjalankan sebuah kota. Jika tidak ada listrik maka kota yang kita bangun tidak akan berkembang, dikarenakan penduduk yang tidak senang. Sebagai hasilnya, penduduk yang sudah menetap disana akan keluar dan berpindah ke kota lainnya. Untuk penghasil listriknya sendiri ada banyak, yaitu turbin angin, solar panel, industry proses coal dan minyak, bertenaga nuklir, dan lain-lain.

  • Air

Air juga merupakan kebutuhan yang penting. Sama seperti listrik, jika tidak ada air maka penduduk akan menjadi marah dan mulai meninggalkan kota. Karena jika tidak ada air mereka tidak bisa mandi, minum, dan lainnya yang berhubungan dengan air. Pemain harus memastikan bahwa semua area kota ter-cover dengan air. Berhubungan dengan air, ada sewage (penyalur kotoran) yang dimana player harus memilih untuk membuangnya ke sungai terdekat. Tetapi disini player ditantang bagaimana strategi agar penyalur kotoran tersebut tidak mempengaruhi jalannya water pump dengan polusi yang dihasilkannya, seperti gambar dibawah ini.

  • Manajemen sampah

Untuk manajemen sampah dalam game ini bisa dilakukan dengan 2 cara, yaitu dengan membangun tempat pemrosesan sampah (incinerator) atau menggunakan tempat penampungan sampah. Hal ini akan menghasilkan beberapa polusi, maka dari itu player dihadapkan dengan masalah penempatan pemrosesan sampah ini, agar tidak mengganggu jalannya kehidupan penduduk di kota.

  • Kesehatan dan perawatan kematian

Pemain juga harus melihat tentang kesehatan penduduknya. Hal ini juga berhubungan dengan polusi, jika polusi yang didapat penduduk maka akan semakin mudah terkena penyakit. Pemain dapat menempatkan rumah sakit ataupun tempat-tempat lainnya seperti spa yang akan mencegah penduduk untuk sakit. Rumah sakit ini nantinya akan mengirimkan ambulance ke rumah penduduk yang sakit (jika ada). Selain itu juga ada perawatan kematian, yang akan mengambil penduduk yang meninggal dari tempatnya. Pemain harus mengatur strategi bagaimana caranya agar perawatan kesehatan dan kematian ini bisa datang tepat waktu agar penduduk dapat tetap senang.

  • Keamanan api

Pemain juga harus memanajemen tentang kebakaran yang bisa terjadi. Jika terjadi kebakaran, maka api tersebut bisa menjalar seperti halnya didunia nyata. Maka pemain disini ditantang agar dapat dengan baik menaruh stasiun pemadam kebakaran, agar kebakaran yang sudah terjadi tidak bertambah besar.

  • Polisi dan penjara (keamanan dari penjahat)

Keamanan dari penjahat juga perlu diperhatikan oleh pemain. Jika tingkat kejahatan tinggi, maka penduduk akan menjadi marah dan bisa jadi meninggalkan kota. Untuk itu pemain harus meletakkan, dengan stategis, pos atau polisi yang akan mengeluarkan mobil patroli untuk mengawasi keadaan sekitarnya yang akan mengurangi tingkat kejahatan. Pemain juga bisa meletakkan penjara agar tempat tahanan dapat bertambah, tetapi penjara ini menghasilkan polusi suara, sehingga pemain harus meletakkannya jauh dari pemukiman warga.

  • Edukasi

Untuk menghasilkan kota yang maju, maka perlulah pendidikan yang hebat. Disini pemain ditantang bagaimana caranya membeli dan meletakkan tempat edukasi (sekolah, kampus, universitas) dengan baik. Pemain harus memastikan bahwa tempat-tempat itu bisa dicapai oleh penduduk sekitarnya.

  • Transport

Yang dimaksud transport disini adalah public transport. Ini adalah konten yang bisa diakses jika memiliki DLC Mass Transit. Disini pemain dihadapkan dengan masalah kemacetan yang melanda kota tersebut. Pemain bisa membuat public transport ini sebagai alternatif penduduk yang menggunakan kendaraan untuk bepergian. Tetapi pemain harus dengan strategis meletakkan posnya beserta dengan jalur-jalur yang akan di tempuh kendaraan public transport tersebut.

  • Tempat hiburan

Pemain dapat juga meletakkan tempat hiburan untuk menaikkan kebahagiaan penduduk disekitarnya. Ini juga akan menaikkan nilai tanah (land value) yang akan mempengaruhi penduduk mau meningkatkan bangunannya atau tidak. Tempat hiburan ini juga akan meningkatkan pariwisata kota pemain, sehingga makin banyak turis yang datang, dan semakin banyak juga penghasilan yang pemain dapatkan.

  • Unique Building

Bangunan unik ini fungsinya hampir sama dengan tempat hiburan, dan sebagai atraksi turis untuk datang ke kota.

  • Polusi

Pemain disini juga akan belajar bahwa polusi dihasilkan oleh industri, tempat pembuangan sampah dan kotoran. Pemain harus menyusun strategi bagaimana caranya agar polusi tersebut tidak mengenai tempat penduduk. Karena akan menimbulkan berbagai penyakit. Jadi pemain akan belajar bahwa industri harus dibuat berjauhan dengan bangunan-bangunan lainnya.

Pemain juga harus hati-hati dengan tempat pembuangan kotoran, karena mereka mengeluarkan polusi. Tempat pompa air tidak boleh di letakkan di air yang berpolusi. Akan ada petunjuk arah yang harus dipahami agar polusi dari pembuangan kotoran tidak mengalir ke pompa air tersebut.

Pemain harus memanajemen juga agar polusi suara tidak mencapai ke pemukiman penduduk. Jika polusi suara terlalu banyak, maka penduduk akan marah dan bisa meninggalkan kota dengan sendirinya. Sehingga pemain harus konservatif dalam meletakkan bangunan yang menghasilkan polusi suara ini.

  • Heating (pemanasan)

Pemanasan ini juga mempengaruhi tingakat kesenangan dari penduduk. Jika penduduk ter-cover dengan pemanasan ini, maka mereka akan senang. Hal ini dipengaruhi oleh temperatur dari dunia yang ada di game ini, yang bisa dilihat di menu bawah.

  • Natural Resource

Dipermainan ini juga terdapat sumber daya alam (SDA) natural, yang ditandai dengan highlight warnanya masing-masing. Pemain akan mempraktekkan bagaimana membangun industri yang cocok dengan SDA yang tersedia disitu.

  • Keamanan penduduk

Fitur ini bisa diakses jika memiliki DLC Natural Disaster. Dalam DLC tersebut akan ditambahkan bencana alam seperti tsunami, gempa bumi, dan lain-lain. Pemain akan bisa mempraktekkan bagaimana caranya membangun tempat berlindung (shelter) dan bangunan yang dapat mendeteksi bencana alam yang akan terjadi.

Gambar diatas adalah salah satu alat pendeteksi bencana, yaitu radio. Yang dapat memberitahu penduduk bahwa akan terjadi bencana, sehingga penduduk dapat bersiap-siap menuju tempat berlindung dengan lebih cepat.

  • Pariwisata

Pariwisata adalah hal yang penting untuk pemasukkan kota. Semakin tinggi pariwisata, maka semakin tinggi juga pendapatannya. Untuk itu, pemain harus memanajemen tempat pariwisata ini.

  • Traffic (kemacetan)

Kemacetan ini adalah inti dari game ini. Pemain harus sebaik dan sestrategis mungkin menempatkan jalanan, bangunan yang cocok, hingga membuat persimpangan menjadi lebih baik. Hal ini diceriminkan dari kehidupan nyata. Sehingga dalam game ini pemain dapat mempraktekkan kemampuan problem solving tentang kemacetan ini. Transportasi masal juga akan mempengaruhi kemacetan ini, bisa menjadi lebih baik jika pemain berhasil membuat jalur-jalur yang baik, atau bahkan lebih jelek lagi jika pemain tidak berhasil. Kemacetan akan mempengaruhi impor dan ekspor barang di kota. Jika terlalu macet maka barang akan datang dan keluar dengan lebih lambat, sehingga penghasilan yang didapatkan bisa saja berkurang drastis.

  • Ekonomi

Pemain bisa menetapkan pajak, budget, dan pinjaman dari kota mereka. Pemain dapat mencoba menetapkan dan memanajemen pajak dan budget yang beragam dan bisa melihat efek yang akan terjadi pada apa yang diubah. Sedangkan pada pinjaman, pemain dapat mensimulasikan bagaimana pinjaman itu berlangsung.

  • Kebijakan

Pemain dapat mempraktekkan untuk menetapkan kebijakan di kota mereka secara langsung. Pemain dapat melihat dan merasakan apa yang akan terjadi jika mereka mengaktifkan sebuah kebijakan. Contoh dari kebijakan adalah Free public transport, yang berarti penduduk gratis dalam menggunakan transportasi masal, yang berpengaruh pada lebih banyaknya penduduk yang menggunakan transportasi masal, yang kemudian akan mengurangi kemacetan dijalan.

Screenshot in-game lainnya

Designing Cities with Computer Games: Simulating Citizen Participation –  parCitypatory

Video trailer & lainnya

Nama NRP pengulas

Ignatius Dwiki Iskandar – 05111840000019

Author: 

No Responses

Tinggalkan Balasan