Trauma Center

 Kesehatan, Review Game Edukasi, Simulasi

-Genres Simulasi /Visual novel

-Tema           Kedokteran

-Publisher      Atlus

-Platforms Nintendo DS, Wii

Hasil gambar untuk Trauma Center second opinion

Trauma Center adalah salah satu game buatan delevoper ternama asal jepang “Atlus” yang bertemakan simulasi kedokteran, khususnya operasi bedah. Pemain akan berperan sebagai seorang dokter bedah yang menjalankan proses operasi. Dengan disimulasikan oleh stylus pada Nitendo DS dan Wiimote serta nunchuck pada Nitendo Wii, pemain dituntut untuk dapat menjalankan proses operasi secara baik. Dalam setiap operasi akan terdapat banyak pilihan alat operasi yang harus kita digunakan secara cekatan. Terdapat pula tingkat kesulitan dan macam – macam operasi mulai dari yang sederhana dan mudah hingga yang rumit dan sangat ekstrim. Selain itu pemain juga dituntut untuk menyelesaikan operasi tersebut sambil menjaga vitalitas pasien agar tetap diatas 0 dan tidak melewati batas waktu yang ditetapkan tiap operasi. Hal ini memberikan ketegangan dan keunikan tersendiri yang jarang didapatkan pada game biasanya.

 

Aturan Main:

Win Condition :Player dapat menyelesaikan Operasi sebelum batas waktu atau Darah pasien habis

Lose condition :Waktu habis atau darah pasien Habis.

Player akan diberi sejumlah alat yang dimana player diminta untuk melakukan operasi bedah sesuai dengan kasus yang ada.Bila player melakukan kesalahan(misal memotong bagian organ dengan scalpel atau memotong bagian yang salah) maka darah akan berkurang.Tentu saja terdapat peralatan untuk menambah darah akan tetapi player memiliki batas waktu.Bila batas waktu ini terlampui Maka operasi akan gagal dan terjadilah gameover.Selain menang dan kalah player juga memiliki score yang terdapat di bawah waktu yang dimana point itu akan bertambah sebagaimana player menyelesaikan suatu masalah(menjahit luka rapi,memotong dengan benar adn sebagainya)

 

Nilai Edukasi

Dalam Trauma Center terdapat unsur edukasi yang kental seputar kedokteran khususnya pada seluk beluk dunia operasi bedah. Dengan memainkan Trauma Center kita dapat mengetahui bagaimana proses operasi tersebut, alat – alat yang digunakan, tindakan – tindakan yang dilakukan yang mencerminkan sebagaimana pekerjaan dokter dan apa akibat suatu kesalahan. Hal ini membuat pemain dapat mengerti gambaran besar suatu operasi.Selain itu player juga dapat mengetahui beberapa penyakit yang membutuhkan operasi dan penyebab penyakit tersebut dari cerita yang ada pada game.

– Kelebihan

Game Edukasi yang bertujuan  untuk mengajarkan gambaran besar hidup sebuah dokter bedah dan tanggung jawab dokter akan pasien.Hal Ini terceminkan dalam story yang ada didalam game dan tidak hanya mensimulasikan operasi saja.

– Kekurangan

Sebagai game simulasi Trauma Center mengurangkan tingkat realitas sebuah operasi seperti menjahit luka,pemotongan tumor maupun pengobatan organ organ lainnya. Hal Ini menyebabkan seringkali operasi di game ini menganggap enteng sebuah operasi di dunia nyata. Walaupun hal ini dilakukan agar pemain dapat menyelesaikan game(Operasi yang asli jauh lebih lama)

Gameplay

Hasil gambar untuk Trauma Center second opinion

Hasil gambar untuk Trauma Center second opinion

Hasil gambar untuk Trauma Center second opinion

Hasil gambar untuk Trauma Center second opinion

Hasil gambar untuk Trauma Center second opinion

https://www.youtube.com/watch?v=XIBcmOVhf2M

NRP :05111640000113

Nama :Dennas Hassel Adjani

Author: 

No Responses

Tinggalkan Balasan