Review game Harvestmoon Back to Nature

 Uncategorized

Review game Harvestmoon Back to Nature

Nama Game Edukasi : Harvest Moon : Back To Nature

Genre : Role Playing Game/RPG

Tema : Farming

Sistem : Playstation 1

ESRB Rating : E (Everyone)

Publisher and Developer : Natsume

 

  • Penjelasan singkat

Harvest Moon adalah game simulasi kehidupan yang dikeluarkan Natsume di sistem Nintendo. Permainan dalam Harvest Moon berkutat pada mengelola peternakan/pertanian; mulai dari mencangkul ladang, menanam serta menyirami bibit tumbuhan, memetik buah, mengumpulkan telur ayam, memerah susu sapi, mencukur bulu domba, mengendarai kuda, dan tentu saja bersosialisasi dengan penduduk lainnya dalam festival, lomba, dan kehidupan sehari-hari.

  • Cerita (story)

Awal permainan akan diceritakan tentang masa kecil si tokoh utama yang sedang liburan sekolah tetapi orang tuanya malah sibuk bekerja dan menitipkan dia di rumah kakeknya yang tinggal di desa. Tetapi Kakeknya terlalu sibuk mengurusi perkebunan sehingga tidak sempat mengurusi Jack, sehingga dia melewati libur panjang sekolahnya dengan bermain di sekitar perkebunan kakeknya seperti menaiki sapi (akhirnya jatuh), menaiki kuda, mengejar ayam (dikejar balik), memancing, dan bermain dengan anjing. Saat Jack berjalan-jalan di bukit, Jack berkenalan dengan seorang gadis kecil yang seusia dengannya, lalu mereka pun berteman dekat.( Siapa pun nanti gadis yang dinikahi,akan mengatakan bahwa dia adalah gadis yang bermain bersama Jack dulu)

Ketika liburan selesai, Jack pun harus kembali ke kota, tapi dia berjanji kepada gadis kecil itu kalau ia akan kembali suatu hari nanti. Ketika kakek Jack meninggal beberapa tahun lalu, Jack telah tumbuh menjadi seorang pemuda, maka dia kembali ke kota kecil itu untuk mengambil alih perkebunan tersebut. Walikota (mayor) kota tersebut akan berkata kepada Jack bahwa ia bisa menjadi pemilik tetap apabila ia bisa mengembalikan kebun itu kembali seperti semula. Tapi jika Jack gagal memperbaiki perkebunan itu atau tidak bisa bersahabat dengan penduduk desa maka Jack harus pergi dari desa itu.

Video intro :

  • Aturan permainan
  1. Pemain diberi waktu 3 tahun untuk memperbaiki kebun, jika tidak terurus dengan baik maka kalah.
  2. Pemain wajib memiliki pasangan dalam 3 tahun, jika tidak maka kalah.
  3. Pemain diharuskan untuk bersosialisasi dengan orang-orang kota agar tetap bisa tinggal dan meneruskan permainan apabila tidak, ada kemungkinan diusir
  4. Pemain dapat mengikuti setiap festival yang berlangsung dan tidak diwajibkan menang, tetapi setiap kemenangan bisa membuat pemain disegani dan disenangi (menambah tingkat sosialitas)
  5. Jika Pemain terlalu sering bekerja dalam satu hari, maka pemain akan kelelahan dan bangun kesiangan, bahkan bisa sampai dirawat ke klinik karena kelelahan
  6. Pada awal bermain, pemain diberikan ransel yang memiliki 3 slot saja, slot ransel bisa ditambah dengan membeli ransel yang baru di toko.
  7. Untuk mendapat uang bisa dengan menjual tanaman, telur ayam ,susu sapi, atau ikan yang dipancing. Harga barang yang dijual tergantung dengan kualitas barangnya.
  8. Untuk menanam tanaman tidak bisa dilakukan di musim dingin, setiap bibit yang ada hanya bisa ditanam sesuai dengan musim yang ada (kecuali memiliki rumah kaca).
  9. Jika tanaman atau hewan tidak dijaga dengan baik maka bisa layu dan mati .

 

  • Konten edukasi
  1. Bisa belajar cara bertani, beternak, dan menjaga hewan.
  2. Cara menanam tumbuhan, mulai dari mencangkul, memberi bibit, memberi pupuk, menyiram, dan panen.
  3. Cara merawat binatang peliharaan dan hewan ternak, dengan memberi makan, mengelusnya setiap hari, menyikat bulunya setiap hari, membawanya keluar kandang dan apabila hujan dimasukkan lagi ke dalam kandang, dll.
  4. Cara memancing ikan, mulai dari melempar kail pancing, menunggu pelampung pancing bergerak, dan menarik senar.
  5. Bekerja untuk mendapatkan uang. Pekerjaan disini masih dalam lingkup petani dan peternak yaitu menjual hasil panen, menjual telur ayam, menjual susu sapi, menjual bulu domba.
  6. Menambang, memenangkan lomba
  7. Harus bekerja keras agar dapat sukses.
  8. Harus bersabar dalam bertani atau beternak sebelum membuahkan hasil.
  9. Player dapat belajar bagaimana mengelola keuangan dari jumlah yang kecil hingga besar (saat membeli peralatan berkebun, pakan ternak, bibit, pupuk, hewan ternak, peralatan rumah, dan mengupgrade peralatan).

 

  • Screenshot 
  • Peta kota

  • Perkebunan 

  • Membersihkan hewan

  • Memberi pakan

  • Memerah sapi 

  • Festival 

 

  • Video gameplay

Nama : Muhammad Irfan Syaifur Rizal Wiratama

NRP : 05111640000156

sg_2020

Author: 

No Responses

Tinggalkan Balasan