Review Game : Insaniquarium

 Uncategorized


Insaniquarium adalah game simulasi aquarium buatan Flying Bear Entertainment dan PopCap Games. Nama Insaniquarium sendiri berasal dari kata insanity dan aquarium yang merepresentasikan kegilaan dalam sebuah aquarium ikan. Versi pertama game ini di kembangkan oleh Flying Bear Entertainment dirilis pada tanggal 2 mei 2002, sebagai game berbasis java yang tersedia online secara gratis. Sedangkan versi deluxe dirilis 2 tahun kemudian pada tanggal 1 September.

Game dangan tokoh hewan dengan grafik lucu ini memiliki 4 mode permainan, yaitu adventure, challenge, time trial, dan virtual tank. Mode adventure adalah mode utama. Pemain harus mengumpulkan uang dengan cara berternak ikan mas. Mode kedua adalah challenge. Untuk yang merasa mode adventure mode terlalu mudah, ini adalah versi susah dari mode adventure dimana harga barang- barang jauh lebih mahal. Mode ketiga adalah time trial. Berbeda dengan 2 mode sebelumnya, di mode ini tujuan utamanya adalah mengumpulkan uang sebanyak- banyaknya sebelum waktu habis. Mode terakhir adalah virtual tank, dimana pemain secara santai mengumpulkan dan mengoleksi ikan di sebuah aquarium, menghiasnya dan mengembangkan ikan dengan tujuan hanya untuk bersenang- senang. Sebagai bonus, aquarium di mode ini dapat ditampilkan sebagai screen saver.

Kelebihan paling menonjol dari game yang mengalami lunjakan peminat setelah dirilisnya finding nemo di tahun 2003 ini adalah jangkauan usia pemain yang luas. Dari anak usia sekolah dasar hingga orang dewasa dapat menikmati bermain game memelihara ikan ini. Game yang mendapat rating 9,5/10 di steamcomunity ini melatih kecepatan, kesabaran, dan ketelatenan tidak perduli berapa umur pemainnya. Dalam permainan utamanya, pemain diharuskan memelihara ikan dan menjaga dari serangan alien akan bertambah semakin susah setiap levelnya. Ditambah mode challenge yang sangat susah dan time trial yang memicu kecepatan tangan, membuat pemain tidak akan menganggap enteng game buatan George Fan ini. Sayangnya salah satu kekurangan game ini sebagai game petualangan berbasis level, pemain akan merasa bosan setelah mengalahkan seluruh level di game, sedangkan mode permainan yang tidak berbasis level hanya 1 macam dan kurang diperhatikan oleh pengembang. Selain itu penggemar game yang dibandrol dengan harga miring, US$4.99 ini harus mencari game simulasi aquarium lain karena tidak adanya kabar dari PopCap games akan dirilisnya seri kedua.

Achmad Ibnu Malik A – 5115100175

Author: 

No Responses

Tinggalkan Balasan