Simulasi Realitas Virtual Stadion Bung Tomo Surabaya

 Simulasi, Tugas Kuliah Realitas Virtual, Uncategorized

Stadion Gelora Bung Tomo yang berada di Surabaya Sport Center ini tergolong baru di Surabaya karena baru diresmikan pada tahun 2010. Stadion ini digunakan untuk pertandingan sepak bola dan menjadi basis baru bagi Persebaya Surabaya, menggantikan Stadion Gelora 10 November.

Stadion Modern
Stadion serbaguna untuk ini dapat menampung kurang lebih 55.000 penonton dan merupakan salah satu stadion terbesar, selain Gelora Bung Karno di Jakarta. Rumput stadion sendiri di impor dari Swedia dan Belanda sedangkan sistem drainase sesuai dengan standar Internasional. Dalam kondisi hujan deras pun lapangan tidak tergenang karena sistem penyerapannya cukup bagus dengan daya resap tinggi. Kabarnya sistem ini dibuat sampai tujuh lapisan di bawah rumput. Yang paling bawah adalah geo tekstil, kemudian ditumpuk kerikil dan saluran pipa berlubang, pasir kasar, pasir halus, serta rumput hasil pembibitan di Swedia.

Gelora Bung Tomo ini memiliki 21 pintu masuk di sekeliling stadion yang masing-masing pintunya mempunyai dua akses menuju ke tribun. Dibuat demikian supaya penonton dapat bergerak secara lebih bebas, leluasa sekaligus nyaman. Begitu juga dengna pintu masuknya yang sengaja dibuat berkelok-kelok agar penonton tertib saat memasuki stadiun serta melewati sebuah ruangan khusus yang menjadi tempat “screening” atau tempat pemeriksaan barang bawaan.

Didalam stadion, khusus untuk kelas standart bisa menempati kursi yang terbuat dari beton. Meski begitu, penonton tetap dibuat nyaman. Sebab, setiap “tangga” duduk penonton dirancang selebar 80 cm. Dengan demikian, penonton bisa duduk enak karena alas duduknya lebar. Fasilitas lain yang tidak ketinggalan, tersedianya toilet yang lokasinya tidak jauh dari tempat duduk penonton. Toilet itu merata di beberapa penjuru stadion, yang mana hal itu dibuat untuk mempermudah para penonton penonton.

Lokasi Stadion
Lokasi Gelora Bung Tomo Surabaya mudah diakses dari segala penjuru arah karena berada di Jalan Jawar, Simpang Tiga Benowo, Pakal. Lokasi tersebut dapat dijangkau menggunakan sarana transportasi kendaraan pribadi (sepeda motor, mobil) maupun angkutan umum (angkutan kota, kereta api). Terdapat lima unit trayek angkutan kota yang melayani penumpang di sekitar lokasi.

 

virtual reality Stadion Bung Tomo (Video)

Author: 

No Responses

Tinggalkan Balasan