Final Project SImulai Realitas Virtual – GOR Bulutangkis ITS

 Uncategorized

gor-bulutangkis-210x130

Virtual reality (VR) atau realitas maya adalah teknologi yang membuat pengguna dapat berinteraksi dengan suatulingkungan yang disimulasikan oleh komputer (computer-simulated environment), suatu lingkungan sebenarnya yang ditiru atau benar-benar suatu lingkungan yang hanya ada dalam imaginasi. Lingkungan realitas maya terkini umumnya menyajikanpengalaman visual, yang ditampilkan pada sebuah layar komputer atau melalui sebuah penampil stereokopik, tapi beberapasimulasi mengikutsertakan tambahan informasi hasil pengindraan, seperti suara melalui speaker atau headphone.

Beberapa sistem haptic canggih sekarang meliputi informasi sentuh, biasanya dikenal sebagai umpan balik kekuatan pada aplikasi berjudi dan medis. Para pemakai dapat saling berhubungan dengan suatu lingkungan sebetulnya atau sebuah artifak maya baik melalui penggunaan alat masukan baku seperti a papan ketik dan tetikus, atau melalui alat multimodal seperti asarung tangan terkabelPolhemus boom arm, dan ban jalan segala arah. Lingkungan yang ditirukan dapat menjadi mirip dengan dunia nyata, sebagai contoh, simulasi untuk pilot atau pelatihan pertempuran, atau dapat sangat berbeda dengan kenyataan, seperti di VR game. Dalam praktik, sekarang ini sangat sukar untuk menciptakan pengalaman Realitas maya dengan kejernihan tinggi, karena keterbatasan teknis atas daya proses, resolusi citra dan lebar pita komunikasi. Bagaimanapun, pembatasan itu diharapkan untuk secepatnya diatasai dengan berkembangnya pengolah, pencitraan dan teknologi komunikasi data yang menjadi lebih hemat biaya dan lebih kuat dari waktu ke waktu. (Wikipedia)

Pada kesempatan kali ini, saya akan mengulas tentang pembuatan simulasi realitas virtual GOR BULUTANGKIS ITS. Gelanggang olahraga ini beralamat di Kampus Keputih Sukolilo ITS. Tempat digunakan civitas akademik ITS maupun masyarakat umum sebagai sarana untuk melakukan olahraga indoor, yaitu bulu tangkis. Harga sewa GOR ini Rp 50.000,-/3 jam.

Dalam pembuatan simulasi realitas virtual GOR Bulutangkis ITS, saya menggunakan Tools Google SketchUP untuk mendesain luar dalam gedung, isi gedung, serta lingkungan luar gedung menjadi bentuk 3 dimensi. Berikut adalah foto dari bangunan GOR Bulutangkis ITS :

20140601_125128                  20140601_125147

20140601_125526                 20140601_153459

 

20140601_153653                20140601_153641

Setelah dimodelkan menggunakan tools Google SketchUp menjadi bentuk tiruannya dalam 3 dimensi. Saya menggunakan Tools Google SketchUp dengan template Architecture, sehingga tidak bisa menggunakan teksture maupun import objek lain. Semua objek yang ada pada simulasi ini dibuat secara manual.

Capture                3

4                2

Untitled               5

Video YouTube

Nama Tim : ROSANDRI

Rosalina Eka Dianty (5111 100 011)

Sandri Ayunier Kusuma (5111 100 138)

Rosalina Eka Dianty

Create your badge
Sandri Ayunier Kusuma

Create your badge

Author: 

No Responses

Tinggalkan Balasan