“SAI FAH” THE FLOOD FIGHTER

 Kepedulian Sosial, Review Game Edukasi, Uncategorized

unnamed

SEKILAS SAIFAH THE FLOOD FIGHTER

Versi game “Sai Fah” pertama kali diperkenalkan dalam bentuk versi bahasa Thailand. Game ini merupakan hasil kerjasama UNESCO Bangkok bersama pengembang perangkat lunak game Opendream. “Sai Fah – The Flood Fighter” mengusung kategori game edukasi yang berjalan pada platform iOS dan android. Untuk versi berbahasa inggris diperkenalkan pertama kali untuk smartphone platform android dan platform iOS pada bulan februari 2014. Dasar pembuatan game ini berasal dari musibah banjir  Thailand pada tahun 2011, dimana Lebih dari 800 orang yang menjadi korban, termasuk anak-anak yang menjadi korban banjir Thailand, sehingga UNESCO berupaya untuk manfaatkan aplikasi permainan yang dapat dimainkan pada perangkat mobile yang bertujuan agar menjadi pengetahuan untuk anak-anak agar dapat menambah pengetahuan.

Pesan yang ingin disampaikan dalam permainan “Sai Fah – The Flood Fighter” adalah bagaimana menggabungkan antara teknik belajar dengan permainan game sehingga memberikan pengalaman belajar yang dinamis, dengan harapan pengguna permainan ini akan mengetahui bagaimana cara belajar konsep dasar dalam pengurangan risiko bencana banjir.” (UNESCO Bangkok Programme Specialist for Literacy and Lifelong Learning Ichiro Miyazawa) Sumber: http://www.unescobkk.org/

unnamed-2SaiFah5

ATURAN MAIN

Game ini terdiri tiga bagian yaitu pertama sebelum banjir, kedua dalam keadaan banjir dan ketiga setelah banjir. Disetiap bagian game tersebut memiliki level dan tingkat kesulitas yang berbeda-beda. Pada bagain pertama game “Sai Fah – the flood fighter” menampilkan 10 level permaianan, bagian kedua pada permainan ini menampilakn 9 level permainan dan bagian ketiga terdiri dari 3 level, jika dijumlahkan keseluruhan level yang dapat dimainkan pada permainan ini adalah berjumlah 22 level permainan. Setiap level permaian berupaya memberikan pesan yang terkait dengan tindakan yang dilakukan dalam menangani pencegahan banjir.

Cara bermain game ini sangat sederharna yaitu dengan menekan tap yang ada pada layar untuk mengarahkan karakter saifah agar dapat berjalan, tap juga berfungsi untuk menjalankan perintah, untuk setiap perintah yang dijalankan dalam permainan ini akan mendapatkan sejumlah poin, poin juga dapat diperoleh dengan mengumpulkan sticker bergambar petir. Hasil akhir dari permainan ini yaitu berupa skore yang diperoleh dari menjalankan perintah yang ada dan mengumpulkan sticker bergambar petir dengan melewati berbagai macam rintangan.

Game “Sai Fah” memiliki berbagai macam rintangan yang dapat mengakibatkan permaianan ini manjadi game over adapaun rintcangan yang harus dihindari anatara lain yaitu: adanya aliran listrik yang mengalir pada air, terdapat lantai kayu yang telah lapuk sehingga dapat mengakibatkan karakter Sai Fah terjatuh, terdapat karakter maling yang menyusup kedalam rumah, shingga ketika kaetika karakter Sai Fah bertemu dengan maling mengakibatkan permainan menjadi gameover, juga terdapat karakter binatang buas yang mengakibatkan permaian ini menjadi gameover, antara lain ular dan buaya.

 

NILAI EDUKASI

Ketika memainkan game Sai Fah banyak hal yang tersirat dalam permaian game ini, mulai dari bagaimana dengan suatu permainan dapat menumbuhkan jiwa sosial dan tolong menolong, salah satu contoh dalam permaianan ini yang menarik adalah ketika karakter saifah mencoba menolong seorang anak kecil yang kebelet Buang air besar, dikisahakan saifah harus mencari kantong plastik dan kursi plastik yang akan dijadikan toilet darurat. Untuk mendapatkan kursi saifah harus membuka locker sedangkan kunci locker berada diatas atap. Game ini juga mengajarkan bagaimana berfikir secara praktis ketika menghadapi masalah, contohnya, untuk mendapatkan kunci locker tersebut saifah harus mendapatkan kunci yang berada diatas atap, “Sai Fah” harus dapat mengatasi maling yang menyusup kedalam rumah. Nilai edukasi yang paling penting adalah seperti yang diungkapakan oleh Ichiro Miyazawa bahwa game ini ditujukan untuk  mengetahui bagaimana cara belajar konsep dasar dalam pengurangan resiko bencana banjir.

unnamed-3

 

KENAPA MENJADI GAME YANG DISARANKAN?

Alasan game ini disarankan untuk menjadi game edukasi adalah game ini mengajarkan bagaimana penanganan awal yang dilakukan untuk menangani banjir, game ini dapat dimainkan oleh anak-anak sejak usia dini dengan harapan dapat memperkenalkan penanganan banjir kepada anak-anak melaui suatu permainan yang ada pada  smarthpone. Sebagaimana kita ketahui bahwasanya usia anak – anak masih dalam tahap perkembangan otak yang baik sehingga harapanya dengan memainkan game simulasi ini dapat melatih kemampuan sosial, toleransi, tolong menolong khusunya mengajarkan bagaimana penanganan banjir. Game ini juga tidak hanya terpusat pada penyajian penanganan banjir, tetapi juga mengajarkan bagaimana menyelesaikan suatu masalah dengan penuh kehati-hatian terhadap resiko yang ada, seperti yang telah dipaparkan pada bagian sebelumnya.

thailand-water-environment-flood-education_pk2062_42878609

3837079_4195122babdf8ca0cabfb3f2f3f84cb869d43747

Link Game trailer

Reviewer: EKO PRAYITNO - 5113201047

Eko Prayitno

Buat Lencana Anda

Author: 

No Responses

Tinggalkan Balasan