Game Realitas Virtual : Sally’s Spa

 Review Game Realitas Virtual, Tugas Kuliah Realitas Virtual, Uncategorized

0

Pada artikel kali ini, saya akan me-review game “Sally’s Spa” dari aspek realitas virtual. Game “Sally’s Spa” merupakan game simulasi klinik spa yang selain menjual jasa perawatan spa juga menyediakan produk-produk spa. Game ini menceritakan seorang gadis bernama Sally yang berjuang untuk membesarkan usaha spa. Pada awalnya Sally hanya memiliki satu toko dan peralatan spa yang terbatas. Untuk itu, Sally bekerjasama dengan sahabatnya, Nell yang memiliki usaha produk perawatan tubuh untuk dijual di klinik spa Sally. Karena ketekunannya, Sally bisa membuka cabang klinik Spa di beberapa daerah di seluruh dunia dan mengembangkan peralatan spa-nya untuk memberikan kenyamanan lebih kepada konsumen. Dalam game ini, pemain belajar untuk mengoptimalkan penghasilan klinik spa dengan batas waktu buka yang terbatas. Bagaimana pemain dapat melayani konsumen sebaik mungkin dan sebanyak mungkin. Selain itu, pemain juga harus memperhatikan kenyamanan dan sifat konsumen yang berbeda-beda. Ada konsumen yang memiliki sifat sabar maupun tidak sabar untuk menunggu dilayani oleh Sally. Pemain juga harus memperhatikan kebutuhan spa konsumen, apabila kebutuhannya salah atau terabaikan, pemain akan berkurang kebahagiaannya (ditandai dengan hati) dan tentunya tip penghasilan Sally akan berkurang. Diakhir level, pemain akan memperoleh laporan penghasilan yang didapat dan jumlah produk yang berhasil dijual. Gambar-gambar berikut adalah screenshoot permainan Sally’s Spa :

3

Terdapat lima hari yang harus diselesaikan Sally dalam setiap cabang klinik spa. setelah berhasil menyelesaikan satu hari, Sally akan memperoleh hasilnya berdasakan uang yang dihasilkan

 

 

2

Ekspresi konsumen saat dilayani dengan baik oleh Sally

5

Ekspresi konsumen saat Sally salah melayani perawatan spa

12

Perolehan penghasilan Sally pada hari tertentu

13

Perolehan penjualan produk spa

 

Sedangkan untuk sisi realitas virtual, adalah sebagai berikut,

  • Realitas Fakta :

Fakta yang ada dalam game ini adalah kejadian waktu siang dan malam. Dimana klinik Spa Sally harus buka di pagi hari dan tutup saat menjelang sore. Realitas fakta juga terdapat pada peta dunia dan letak kota-kota yang memungkinkan Sally untuk membuka cabang klinik spa-nya. Nama kota tempat Sally membuka kliniknya sama dengan nama kota di dunia nyata. seperti Rome, Iceland, New York, Paris, dan lain-lain.

7

  • Realitas Proses/Sebab Akibat :

Proses yang ada di game ini mengacu pada proses pelayanan di klinik spa pada umumnya. Terdapat urutan proses yang dilakukan konsumen ketika berada di klinik spa. Mulai dari menunggu antrian, melakukan sauna, masker wajah, pijat atau terapi batu panas, berendam, serta perawatan kuku. Setelah mendapatkan jasa spa yang diinginkan, konsumen harus membayar berdasarkan jasa yang dipakai. Dalam membayar perawatan, konsumen juga memberikan tip berdasarkan bahagia atau tidaknya konsumen terhadap pelayanan di spa. Proses tersebut mirip dengan proses di klinik spa pada umumnya. Selain itu, apabila uang yang dimiliki cukup banyak, pemain dapat membeli item-item untuk menunjang kebutuhan klinik spa. Pemain juga dapat memperkerjakan pegawai spa yang menangani masalah kecil seperti mengoperasikan peralatan spa dan membuat teh untuk konsumen.

  • Realitas Kejadian acak :

Kejadian acak yang ada di game ini adalah datangnya konsumen yang beragam dan kedatangannya diatur secara acak. Ada konsumen yang bersifat sabar untuk menunggu dan ada pula yang harus dilayani berpasangan. Kejadian ini merupakan tantangan bagi pemain untuk tetap memperhatikan karakter pemain sehingga mendapatkan penghasilan yang semaksimal mungkin.

4

Salah satu karakteristik konsumen spa

14

Konsumen yang selalu meminta dilayani bersamaan berdua

 

  • Realitas Fisika :

Tidak ada realitas fisika pada game ini.

  • Realitas Audio :

Realitas audio pada game ini cukup sesuai dengan kehidupan nyata. Terdapat efek-efek suara pada saat pengoperasian peralatan spa, efek kekesalan konsumen, efek kebahagiaan konsumen, efek suara mesin kasir, efek suara relaksasi saat dinyalakan lilin aroma therapy, dan background efek yang lembut seperti terdapat pada klinik spa pada umumnya.

  • Realitas Visual

Realitas visual terdapat pada grafis yang menarik. Grafis pada game ini disesuaikan dengan keadaan nyata. Seperti grafis peralatan spa, baju konsumen, suasana di klinik, dan dekorasi klinik yang disesuaikan dengan keadaaan di kota tempat klinik tersebut berada.

 

Secara umum, game simulasi spa ini sudah mencakup realitas-realitas yang ada di kehidupan nyata. Game ini bergenre semua umur, dengan unsur grafis yang menarik, game ini cocok dimainkan oleh anak-anak maupun orang dewasa. Kekurangan dari game ini adalah kurang terdapat unsur edukasinya selain unsur pengenalan cara berwirausaha melalui klinik spa.

Nama : Ervina Handayani
NRP : 5110100172

Ervina Handayani | Create Your Badge

Author: 

No Responses

Tinggalkan Balasan