Medieval Math Battle

 Game Edukasi Pilihan, Matematika, Review Game Edukasi

Medieval_Math_Battle_Cover

Klasifikasi Game:

  • Title: Medieval Math Battle
  • Genre: Turn-based Strategy
  • Theme: Medieval, Fantasy
  • Developer: Spinfall
  • Platform: Android, iOS, Windows Phone

Matematika biasanya menjadi momok yang menakutkan bagi kebanyakan anak-anak yang baru saja memasuki jenjang sekolah dasar. Agar anak-anak bisa tertarik dan bersemangat dalam mempelajari matematika, diperlukan metode belajar yang menarik. Medieval Math Battle merupakan jawaban atas permasalahan tersebut.

Medieval Math Battle merupakan game edukasi matematika yang dibuat oleh Spinfall. Game yang dibuat dengan menggunakan Unity ini memiliki tema abad pertengahan. Pada game ini pemain berperan sebagai seorang anak yang harus mengalahkan berbagai macam musuh seperti laba-laba raksasa, serigala, dan naga yang berniat untuk menyerang kerajaan. Pada awal permainan, pemain memiliki 4 opsi soal matematika yang digunakan untuk menyerang musuh, yaitu penambahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. Setelah memilih salah satu opsi tersebut, akan muncul peta kerajaan yang pada tempat tertentu terdapat musuh. Dengan mengklik salah satu musuh, maka pemain akan masuk ke arena pertarungan melawan musuh.

Medieval_Math_Battle_Mode

Medieval_Math_Battle_Map

Mengingat game ini ditujukan kepada anak yang baru saja memasuki sekolah dasar, gameplay yang ditawarkan dalam game ini pun bisa dibilang sangat sederhana. Agar bisa mengalahkan musuh, pemain harus melakukan serangan terhadap musuh dengan memilih jawaban yang tepat dari soal matematika yang diberikan. Pertarungan dalam game ini menggunakan sistem turn-based. Pemain akan mendapatkan giliran pertama. Pemain bisa menyerang musuh beberapa kali, namun dibatasi oleh waktu yang ditunjukkan pada bar yang terletak di bawah soal. Setelah giliran pemain selesai, maka giliran akan berganti ke musuh.

Medieval_Math_Battle_Game

Medieval_Math_Battle_Game2

Untuk bisa mengalahkan musuh, pemain dituntut untuk menjawab soal dengan tepat dan cepat. Semakin cepat pemain menjawab soal dengan benar, maka damage yang diterima musuh akan semakin besar. Apabila pemain salah dalam menjawab soal, maka giliran pemain untuk menyerang berakhir dan berganti menjadi giliran musuh untuk menyerang pemain. Setelah mengalahkan musuh pemain akan mendapatkan experience points dan gold. Pemain bisa menukarkan gold yang didapat dengan armor, weapon, dan juga potion. Ketiga hal tersebut akan meningkatkan kemampuan pemain untuk mengalahkan musuh. Dengan armor, kekuatan serangan musuh yang diterima pemain akan berkurang. Weapon akan meningkatkan kekuatan serangan pemain. Sedangkan potion merupakan serangan khusus yang dimiliki oleh pemain dengan tingkat kerusakan yang tinggi. Armor, weapon, dan potion tersedia untuk dibeli apabila experience points yang dimiliki pemain telah mencapai jumlah tertentu.

Medieval_Math_Battle_Store

Nilai edukasi yang terdapat dalam game ini adalah dengan memainkan game ini pemain bisa meningkatkan kemampuannya dalam menyelesaikan soal matematika dasar. Dengan semakin seringnya bermain game ini, maka pemain akan semakin menguasai operasi matematika dasar. Selain itu game ini juga mengasah kecepatan berpikir pemain. Selain memiliki nilai edukasi yang sangat bagus, nilai plus lainnya adalah game ini berhasil dikemas dengan grafis dan sound yang sangat memikat. Hal tersebut akan membuat pemain lupa jika mereka sebenarnya sedang mempelajari matematika yang biasanya dianggap menakutkan. Belajar matematika pun akan menjadi sangat menyenangkan dengan adanya game ini.

Video Gameplay

Review ini dibuat oleh:

M Choirul R Fauzi – 5110100182

Mcr Fauzie

Buat Lencana Anda

Author: 

No Responses

Tinggalkan Balasan