Simulasi Pura Segara Kenjeran

 Tugas Kuliah Realitas Virtual

Simulasi Pura Segara Kenjeran

Pura Segara adalah salah satu Pura tempat ibadah umat Hindu di Surabaya. Lokasi Pura Segara sendiri ada di kompleks perumahan TNI AL bersebelahan dengan komplek perumahan Pantai Mentari. Untuk menuju kesana sangat mudah, cukup gunakan patokan perumahan TNI AL dan Pantai Mentari, lalu ikuti jalan utama ke utara hingga habis, pada gang terakhir belok ke kiri, Anda akan sampai di depan pintu masuk Pura Segara.

pura2

pura1Tiap minggu umat Hindu mulai pagi hingga malam berdatangan untuk melakukan puja bakti (mebakti) kepada Ida Sang Hyang Widi selain juga untuk bertegur sapa dengan sesama sahabat-sahabat dari Pulau Dewata yang tersebar di Surabaya. Suasana serasa di Bali, memasuki pelataran Pura, kita sudah disuguhi pemandangan pedagang canang (kembang) yaitu susunan kembang di atas alas dari janur, wangi asap dupa yang mewangi, dan alunan gamelan semakin melekatkan suasana yang Bali sekali.

 

Segala bentuk bangunan dan hiasannya dibuat sama persis dengan yang sering kita temui di Pulau Dewata Bali. Bagi mereka yang ingin berwisata ke Bali tetap tidak cukup waktu dan dana, mengunjungi Pura ini mungkin bisa jadi salah satu alternatif solusinya . Pura yang terletak di kompleks angkatan laut ini diresmikan pada Tahun 1981. Karena Pura ini berdekatan dengan lokasi kampus ITS Surabaya maka Pura ini sering kalai digunakan untuk aktifitas kemahasiswaan bagian kerohanian agama hindu, seperti pembekalan mahasiswa baru ITS. Pura ini juga sering kali digunakan sebagai diskusi-diskusi keagamaan oleh kelompok-kelompok generasi muda Hindu untuk lebih mendalami arti kedamaian sesungguhnya di dalam agama Hindu. Pura ini juga terletak diseputaran pantai Kenjeran sehingga demikian Pura ini diberi nama Segara (segare dalam bahasa Bali berarti laut, air).

1

Struktur tempat suci pura mengikuti konsep Trimandala, yang memiliki tingkatan pada derajat kesuciannya, yakni:

  1. Nista mandala (Jaba pisan): zona terluar yang merupakan pintu masuk pura dari lingkungan luar. Pada zona ini biasanya berupa lapangan atau taman yang dapat digunakan untuk kegiatan pementasan tari atau tempat persiapan dalam melakukan berbagai upacara keagamaan.
  2. Madya mandala (Jaba tengah): zona tengah tempat aktivitas umat dan fasilitas pendukung. Pada zona ini biasanya terdapat Bale Kulkul, Bale Gong (Bale gamelan), Wantilan (Bale pertemuan), Bale Pesandekan, dan Perantenan.
  3. Utama mandala (Jero): yang merupakan zona paling suci di dalam pura. Di dalam zona tersuci ini terdapat Padmasana, Pelinggih Meru, Bale Piyasan, Bale Pepelik, Bale Panggungan, Bale Pawedan, Bale Murda, dan Gedong Penyimpanan

 2

Untuk mempermudah melihat detil bangunan pura, maka dibuat aplikasi Simulasi Pura Segara Kenjeran. Aplikasi 3 Dimensi ini menyimulasikan kondisi bangunan Pura dengan pendekatan First Person Camera, dimana pengguna dapat bergerak ke segala arah untuk berkeliling pada area pura . Aplikasi ini menggunakan Google SketchUp untuk sketsa maket gedung dan UDK untuk tools pembuatan simulasinya.

Video Simulasi Pura Segara Kenjeran Surabaya

 

Creator :
Ramadhan Satya Putra / 5110100005
Ramadhan Satya Putra

Anita Susanti / 5110100145
Anita Susanti

Dewa Ayu Sri Mertiani / 5110100169
Dewa Ayu Sri Mertiani | Create Your Badge

 

 

Author: 

No Responses

Tinggalkan Balasan