Review Tomb Raider

 Review Game Realitas Virtual

Deskripsi

Pada seri reboot ini, Lara Croft seorang arkeolog muda bersama kelompoknya memulai petualangan pertamanya menyelidiki kerajaan kuno yang hilang bernama Yamatai. Di perjalanannya, kapal Endurance yang dinaikinya diserang oleh sekelompok orang. Lara Croft ditangkap, digantung hidup-hidup di sebuah gua. Tapi karena kecerdikannya, Lara Croft berhasil melarikan diri. Dalam petualangan ini, Lara Croft harus keluar menyelamatkan diri dan teman-temannya dari sebuah pulau juga menyelesaikan misteri Yamatai. Permainan ini berjenis action-puzzle.

Tangkapan Layar

Video

Penilaian

Realitas Fakta

  • Mengambil latar tempat di sebuah pulau daerah Dragon’s Triangle, Jepang
  • Mengadaptasikan cerita legenda Himiko dari kerajaan Jepang kuno, Yamatai
  • Adanya uang untuk dibelanjakan
  • Senjata dan alat-alat petualangan Lara Croft yang nyata
  • Beberapa harta karun/artifak kuno yang nyata (seperti armor samurai dan scroll)

Realitas Proses/Sebab akibat

  • Jika terlihat oleh musuh maka pemain akan diburu
  • Jika pemain menyerang musuh, maka musuh-musuh akan melawan
  • Jika tertembak atau terjatuh dapat terluka
  • Jika lawan tertembak bagian vital dapat langsung mati
  • Jika sering mendapatkan luka, pemain akan mati
  • Membunuh lawan lalu mengambil barang-barangnya dan berburu harta karun untuk mendapatkan uang

Realitas Kejadian Acak

  • Binatang-binatang yang lalu lalang
  • Aksi lawan yang acak seperti menghindar, sembunyi

Realitas Hukum Fisika

  • Gravitasi, pemain dapat melompat dan terjatuh
  • Momentum, saat pemain menabrak benda-benda dalam aksinya dan menembak musuh
  • Percepatan/perlambatan, saat adanya angin kencang, mendaki, turun bukit
  • Hukum Newton, dalam permainan puzzle misalnya saat penimbangan benda untuk membuka pintu

Realitas Audio Visual

  • Visualiasi model pemain, senjata, benda-benda, lingkungan
  • Suara berbeda-beda setiap orang, senjata, binatang, cuaca
  • Visualisasi lingkungan & benda-benda serta suara latar yang bertemakan Jepang kuno
  • Gerakan pemain sangat realistis karena pengembangan menggunakan teknologi CGI dan sensor motion

Oleh:

Haryo Triwardhono – 5110100031

Author: 

No Responses

Tinggalkan Balasan