Review Command & Conquer: Red Alert 3

 Review Game Realitas Virtual

Command & Conquer: Red Alert 3

tile

Command & Conquer: Red Alert 3 adalah game strategi real-time yang dikembangkan EA Los Angeles dan  dirilis oleh Electronic Arts. Game ini diluncurkan pada 28 Oktober 2008 di USA untuk Microsoft Windows PCs dan 30 Oktober 2008 di Eropa. Permainan ini adalah bagian dari sub-seri Red Alert dalam seri permainan Command & Conquer.

Permainan ini mempunyai setting alternate reallity dimana Perang Dunia II tidak pernah terjadi pada versi asli Red Alert, Albert Einstein kembali ke masa lalu dan melenyapkan Hitler pada tahun 1920an. Setelah kemenangan Sekutu (Allied) di Red Alert 2, pemimpin Soviet kembali ke masa lalu dan melenyapkan Albert Einstein pada tahun 1927 untuk mencegah Sekutu menciptakan senjata atom sementara Uni Soviet mengumpulkan kekuatan, melawan Sekutu tahun 1950an. Pada permainan ini, Empire of the Rising Sun juga meningkatan kekuatan dan menjadi ancaman bagi faksi lain (sebuah kekuatan yang tidak disengaja karena penjelahan waktu oleh Uni Soviet). Tiga faksi tersebut bisa dimainan, dengan gameplay utama melibatkan constructing a base, mengumpulkan sumber daya, melatih tentara yang terdiri dari unit darat, air, dan udara untuk mengalahkan pemain lain. Setiap faksi memiliki campaign dengan melibatkan kerjasama penuh, bisa kerjasama dengan Artificial Intelligence atau dengan pemain manusia lain melalui online, bermain melawan computer atau multiplayer melalui LAN atau online.

Gameplay:

Permainan ini mempunyai 3 faksi dimana antar faksi mengumpulkan sumber daya untuk membuat markas militer dan pasukannya. Mereka mempunyai variasi unit dan senjata super yang sukar dipahami. Penambahan unsur Red Alert 3 yang paling terlihat adalah tambahan faksi Empire of the Rising Sun, dimana campaign membutuhkan kerjasama, dan peperangan laut.

Pada Red Alert 3 Campaign “single-player” membutuhkan kerjasama. Setiap misi dimainkan bersama dengan satu sekutu. Ketika dimainkan secara online, sekutunya adalah pemain manusia lain. Jika offline sekutu dikendalikan oleh komputer. Setiap tim berbagi penghasilan yang sama dan secara umum mulai dengan pasukan yang sama. Karakter yang dikendalikan komputer bisa diberikan perintah yang sangat sederhana, seperti pergi ke posisi yang spesifik, atau menyerang targer spesifik. Campaign mempunyai sembilan misi untuk setiap faksi. Setiap jalan cerita faksi saling berhubungan.

Peperangan laut ditekankan sebagai alternatif penyerang baris depan. Pada Red Alert 3 unit tempurnya bisa amfibi, sehingga sebagian besar bangunan dan markas dapat dibangun diatas air, dan hanya tertentu yang tidak bisa seperti fasilitas unit darat. Meskipun begitu ada beberapa peta campaign yang keseluruhan berbasis darat, tetapi peta multiplayer memiliki laut yang cukup luas dipeta tersebut.

Permain ini juga menghadirkan poin experience yang bisa digunakan untuk menggupgrade tipe unit dan membeli “commander abilities,” dimana bisa memanggil serangan udara, melihat peta (recon sweeps), sorotan satelit magnetik (magnetic satellite beams),dll. Kemampuan komandan tidak membutuhkan biaya sumber daya tetapi memiliki periode cooldown yang signifikan.

Ladang bijih (ore field) sebagai sumber daya pada Red Alert 1, dihilangkan di permainan ini.Digantikan dengan tambang kecil yang seolah-olah memiliki bijih yang keluar dari tanah. Mekanik permainan ini tidak memiliki perubahan yang besar karena ladang bijih digantikan oleh tambang bijih kecil. Penempatan penyulihan biji memiliki dampak yang besar dalam permainan ini.

 

Unsur-unsur realitas:

Fakta Skenario

  1. Karakter yang digunakan merupakan tokoh dalam dunia nyata.
  2. Setting tempat (gedung, tumbuhan, air dan jalan) sesuai dengan keadaan aslinya.
  3. Beberapa bangunan dapat dibangun di perairan.
  4. Pasukan yang dibuat sesuai dengan keadaan aslinya, missal tank berjalan menggunakan roda tank dan mengeluarkan bom, pasukan manusia bisa berlari dan menggunakan senjatanya, helicopter dapat terbang dan membawa pasukan manusia.
  5. Pasukan manusia bisa menyeberangi laut (perairan) dengan bantuan perahu boat

 

 

Fakta Proses

  1. Jika bangunan diserang musuh, maka bangunan akan rusak dan jika tidak diperbaiki akan hancur
  2. Jika musuh menyerang pasukan dalam bentuk manusia maka pasukan akan mati, jika musuh menyerang pasukan berupa tank, helicopter dan peralatan canggih lainnya maka peralatan tersebut bisa rusak kemudian hancur
  3. Jika engineer memasuki tower, maka seluruh peta akan terlihat tanpa kita harus menjelajahinya.

 

Fakta Audiovisual

  1. Suara senjata tiap peralatan perang berbeda-beda
  2. Suara jatuhnya senjata pada daratan dan air berbeda.
  3. Suara NPC pasukan dan musuh berbeda.
  4. Efek pencahayan saat senjata meledak, bangunan atau peralatan tempur hancur, awan yang bergerak, daerah yang belum dijelajahi sangat nyata.

 

Fakta Hukum Fisika

  1. Efek Archimedes, ketika boat, kapal, atau bom masuk ke air maka percikannya akan berbeda.

Fakta Kejadian Acak

  1. Sumber daya alam
  2. Damage yang diberikan

RedAlert3Uscr_015-large

 

Gameplay Demo Command & Conquer: Red Alert 3

Official Trailer Command & Conquer: Red Alert 3

Oleh
Fenny Delucia Radhityanti

Create Your Badge
Fenny Delucia Radhityanti

5109100013

 

Author: 

No Responses

Tinggalkan Balasan