Simulasi Kebun Bibit Surabaya

 Simulasi

kebunbibit
Kebun Bibit Surabaya merupakan taman yang menarik dengan aneka tumbuhan tropis dengan berbagai jenis pohon. Tidak kurang dari seribu pohon tumbuh disana hingga dapat memberikan suasana yang sejuk, nyaman dan udara yang segar. Di samping tersedia pembibitan bunga anggrek dan areal joging track yang baik.

Bagi masyarakat Surabaya dan sekitarnya nama Kebun Bibit tidaklah asing lagi di telinga. Setiap hari khususnya hari Sabtu dan Minggu, di tempat ini hampir tak pernah sepi oleh pengunjung. Mereka memanfaatkannya sebagai tempat refreshing dan tempat bersantai ria bersama teman dan juga keluarga.

Dalam Simulasi ini, kami menggunakan Engine Unreal Development Kit untuk membangun Kebun Bibit Surabaya secara virtual. Pada Simulasi Kebun Bibit Surabaya ini, untuk model pohon, kami sudah menggunakan Speed Tree sehingga animasi pohon akan terlihat lebih nyata atau seperti asli. Untuk air mancur sudah mempunyai suara dari airnya. UDK memiliki simulasi pencahayaan dan bayangan yang baik, sehingga cahaya matahari dengan bayangan pepohonan dan bangunan yang ada di dalamnya terlihat sangat nyata.

Realitas yang ada pada simulasi ini:

  • Realitas Fakta

Pada Simulasi ini terdapat obyek obyek yang dibuat sama seperti pada tempat aslinya yaitu sangkar burung, kamar kecil, air mancur, kursi taman, dan beberapa pepohonan

  • Realitas Fisika

Pada Simulasi ini engine yang digunakan adalah Unreal Development Kit, sehingga seluruh aspek realitas fisika semuanya telah diaplikasikan oleh engine ini misalnya pencahayaan, bayangan yang terdapat pada tiap obyek, collision pada tiap obyek, animasi pantulan cahaya pada air, dan gravitasi.

  • Realitas Audio Visual

Engine UDK dapat menghasilkan gambar yang sangat nyata pada simulasi ini, tetapi dibutuhkan spek komputer berlebih untuk menjalankan simulasi ini agar terlihat lebih realistis. Pada air mancur telah terdapat suara air yang akan terdengar mulai dari jarak tertentu.

Berikut ini adalah video trailer untuk Simulasi Kebun Bibit Surabaya.

Video Trailer

 

Pembuat Simulasi:
5108100063 Hari Prasetyo
5108100079 Brian Adhi Wismono
5108100194 I Putu Suryadharma

Author: 

No Responses

Tinggalkan Balasan