TypeRacer.com

 Uncategorized

 

Bagaimana jika kita belajar mengetik dengan bersama – sama bermain kompetisi balapan? Seperti mobil yang sedang berjalan, namun kecepatannya bergantung seberapa cepat kita mengetik. Semakin cepat kita mengetik suatu kata per kata, maka akan semakin cepat miniatur mobil kita melaju. Dan disini TypeRacer.com, kita akan banyak berkompetisi dengan berbagai macam pemain yang masuk ke dalam room kita.

Game lain yang sejenis TypeRacer adalah game buatan WOW Entertainment yang dipublikasikan oleh Sega untuk NAOMI hardware “The Typing of The Death”. Game yang bergenre arcade ini, merupakan game yang masuk kedalam criteria mendidik (http://en.wikipedia.org/wiki/The_Typing_of_the_Dead). Disini, pemain akan belajar mengetik dengan cepat. Semakin cepat kita mengetikkan kata per kata yang diinstruksikan, maka akan semakin cepat pula monster, ataupun zombie yang ditampilkan dapat kita kalahkan. Berbeda halnya dengan TypeRacer, semakin kita cepat mengetik, maka semakin kencang miniature mobil kita melaju. Game “The Typing of The Death” merupakan game PC, dan versi mobile telah dibuat dengan judul “Flick of The Death”. Sedangkan TypeRacer itu sendiri, merupakan game online mengetik pertama yang bisa dimainkan degan banyak orang, dan banyak bahasa. Berdasarkan data yang diberikan PC Megazine, TypeRacer termasuk dalam Top 100 Undiscovered Web Sites of 2008.

 

TypeRacer dibuat oleh Alex Epshteyn sendiri. Dia tidak pernah bermain game “The Typing of The Death” sebelumnya. Dan ide ini muncul ketika Epshteyn dihubungi oleh former dari Mavis Beacon Teaches Typing engineer. Mavis Beacon Teaches Typing itu sendiri merupakan aplikasi belajar mengetik yang telah dibuat oleh The Software Toolworks pada tahun 1987. Dan former dari Mavis Beacon Teaches Typing engineer inilah yang juga menyatakan persetujuannya atas dibangunnya situs TypeRacer. Epshteyn merupakan lulusan dari Master’s degree di Computer Science UnMass Amherst.

Tampilan agar pemain dapat login dan masuk kedalam sistem. sheingga saat ebrmain, dapat ditampilkan nama pemain tersebut.

Tampilan hasil akhir, setelah selesai mengetikkan semua kata dalam paragraf.

Banyak fitur yang dimiliki oleh game online ini. Dari fitur registrasi (tampilan Nampak pada gambar X), login sistem (tampilan pada Gambar X), hingga meng-invite teman2 yang akan kita ajak berkompetisi dalam ajang mengetik cepat. Game yang dilaunching pada bulan Maret 2008 ini, juga memiliki fitur yang dapat mengecek akurasi dalam mengetik. Kita tidak dapat melanjutkan untuk mengetik kata selanjutnya, sebelum kita benar – benar selesai dan tepat mengetik kata yang ada. Banyaknya kesalahan yang kita lakukan, akan diakumulasikan dalam bentuk prosentase. Sehingga kita dapat mengetahui tingkat akurasi dalam mengetik.

Untuk meng-invite teman agar adapat bergabung dalam kompetisi mengetik yang akan kita lakukan, kita dapat memilih menu “Race Your Friend”. Dan mulain meng-invite dengan memberikan url berikut ke teman2 yang akan bergabung berkompetisi mengetik bersama kita.

Game TypeRacer memiliki nilai edukasi yang sangat tinggi. Terutama dalam hal mendidik bagaimana cara mengetik dengan cepat dan akurat. Selain itu, game ini juga dapat membantu kita utnuk mempelajari banyak kosa kata – kosa kata dari berbagai macam bahasa yang ada di dunia.

Untuk mengganti bahasa, kita dapat memilih menu “Language” dan menset bahasa yang kita inginkan.

Paragraph dalam TypeRacer yang diketik oleh pemain merupakan sebuah paragraph yang berisi quote dari buku – buku, film ataupun lagu – lagu terkenal. Quote ini nantinya dapat membantu kita untuk mengetahui isi serta makna dari sebuah buku, film ataupun lagu.

Pada saat ini, TypeRacer telah hadir dalam versi edukasi. Versi ini dapat digunakan murid2 disekolah dan guru. Dimana, dalam game versi ini, tampilan situs akan menjddi lebih bersih dari iklan – iklan, ataupun hal lain yang tidak mendukung pendidikan.

Pragraf quote yang dapat diketik oleh murid – murid juga bisa berasal dari buku pelajaran, ataupun literature yang digunakan oleh sekolah tersebut. Guru dapat mengontrol muridnya melalui skema yang hasil yang dapat dilihat. Sehingga, nantinya guru dapat menilai murid mana yang mampu mengetik dengan cepat dan akurat.

Berikut adalah video Walkthrough TyepRacer.

TypeRacer – Video Walkthrough

Author: 

No Responses

Comments are closed.