Math Evolve – Bermain sambil belajar berhitung

 Matematika

Bagi hampir setiap anak, belajar adalah hal yang sangat membosankan dan pada umumnya sesuatu yang sangat membosankan terkadang membuat setiap anak akan berada pada titik jenuh sehingga tidak akan ditemukanya suasana yang kondusif khususnya dalam aktivitas pembelajaran. Bagaimana dengan permainan? apa tanggapanmu jika setiap anak mendengar kata permainan? satu yang pasti jika tiap anak atau bahkan sesorang yang sudah dewasa mendengar kata permainan hal yang paling teringat di benak kita adalah ‘KESENANGAN’.

Bermain, permainan, atau sesuatu yang dimainkan adalah hal yang tidak asing lagi bagi setiap anak remaja. Namun apa yang perlu kita perhatikan disini adalah apa dampak dari permainan itu? Dewasa di zaman yang modern ini game adalah salah satu komponen permainan yang paling banyak dimainkan. Selain menyenangkan dari era ke era perkembanganya pun sangat pesat. Bukan hanya gameplay, grafis, dan variasi permainan yang makin beragam, namun tanpa kita sadari perkembangan gamepun terkadang berada pada garis yang tidak seharusnya. khususnya anak-anak dimana masa-masaya bagi mereka untuk melakukan pembelajaran, pembentukan karakter, maupun pola pikir.

Pertanyaan lebih lanjut, bagaimana jika pada perkembangan game yang pesat ini dapat memberikan dampat yang SANGAT negatif pada anak-anak? tidak bisa dipungkiri dan memang fakta bahwa banyak game zaman sekarang berbau konten dewasa, kriminalisme, bahkan pembunuhan yang sadis. sangat tidak bisa dibayangkan bagaimana generasi anak-anak pada zaman sekarang yang seharusnya belajar berhitung, membaca, menggambar, bernyanyi, dsb. menjadi anak yang selalu dihadapkan dengan sex, porno, kriminal, sadis, dsb.

Bagi anda orang tua atau orang yang lebih tua, sudah siapkah anda mempersiapkan hal ini untuk memberikan hal-hal yang bermanfaat sekaligus menyenangkan untuk orang-orang terdekat, saudara, bahkan anak anda?

 

Disini http://www.zephyr-games.com/ salah satu developer game yang sudah cukup lama menerbitkan 2D-Mini Game maupun Web-Based Game memberikan sedikit terobosan yang membanggakan dengan salah satu gamenya yang berkonsep edukasi, yakni Math Envole.

What is Math Evolve?

Math Evolve adalah sebuah educational game yang mana dapat membantu anak-anak untuk mengembangkan keahlian berhitungnya, sambil bersenang-senang kita juga harus menembaki musuh untuk melaksanakan misi yakni melindungi dunia. Cukup dengan tambahkan namamu sebagai profil lalu bermain, anda dapat meninjau perkembangan keahlian berhitung anda dari setiap permainan lalu membandingkanya dengan profil lain(saudara, teman, atau teman-teman terdekat anda) sebanyak profil yang terdaftar.

Fitur:

dalam game ini terdapat 12 level, 3 arena berbeda, 18 tipe musuh, 6 musuh besar(boss). Your goal? tembak dan hindari setiap tembakan musuh namun sambil mengoleksi angka yang benar dari setiap soal yang ada pada atas layar. Tentu saja, semakin besar level maka semakin banyak monster, soal semakin susah, tetapi juga kekuatan kita semakin meningkat. tak perlu khawatir karena game ini juga tidak terlalu rumit untuk memainkanya.

Ketika anda sudah membuat profile, anda dapat langsung bermain atau melakukan tutorial (practice). Di dalam Story Mode anda dapat memilih 3 tingkat kesulitan level untuk gameplay maupun perhitungan matematikanya. Juga anda dapat menentukan tipe soal yang akan dimainkan apakah operasi penjumlahan, pengurangan, pembagian, dan perkalian. atau jika tidak mau ribet mode atau tingkat kesulitan dapat ditentukan pada setiap level. Sedangkan untuk mode tutorial anda dapat bermain selama mungkin, selain itu anda juga dapat menentukan sendiri soal operasi matematika yang akan diselesaikan.

video : http://www.youtube.com/watch?v=UlleNNMw3qA

 

Motto:

Math Evolve features fun gameplay, accompanied by rich graphics and sound, making it the perfect way to improve your math skills. Learning math has never been more fun that it is with Math Evolve.

alasan mengapa saya menganjurkan game ini sebagai game edukasi yang baik, karena sangat menyenangkan juga dengan grafik yang tidak ketinggalan zaman dan pastinya sisi edukasi yang menjanjikan khususnya untuk anak-anak dibawah umur. selain itu game ini juga mendapatkan banyak penghargaan, yakni:

2011 best app ever award http://bestappever.com/awards/2011/winner/edgm

The holy grail of edutainment math apps.” Editors Choice, 5/5 Score -Best Apps for Kids http://bestappsforkids.com/2012/01/math-evolve/

#7 Education app in the U.S http://interactioneducation.com/index_files/archive-jul-2012.html#.UMg9A3cTCVo

dan juga game ini dapat dimainkan di banyak device

Reviewed BY : rtegarp <5110100220>

Ramadhani Tegar | Create Your Badge

 

Author: 

No Responses

Tinggalkan Balasan