Math Blaster II – Selamatkan Dunia dengan Matematika

 Asah Otak, Matematika, Review Game Edukasi

 

cover

 


Tentang Math Blaster II

Math Blaster Episode II : Secrets of The Lost City adalah sebuah game edukasi yang dikembangkan oleh Davidson & Associates pada 1995. Game ini termasuk dalam seri Blaster Learning System dan merupakan sekuel dari Math Blaster Episode I : In Search of Spot. Seperti namanya, game ini banyak berisi perhitungan dan operasi matematik dan juga memiliki cerita yang cukup menarik untuk disimak (paling tidak untuk ukuran anak SD). Kombinasi keduanya membuat game ini cocok untuk belajar sekaligus bermain.

lost_city

 Gambar 1. Blasternaut, Galactic Commander ,Spot, dan Dr. Minus merupakan tokoh utama dalam game

Dalam game ini, pemain memainkan tiga penjelajah angkasa, yaitu Blasternaut, Spot, dan Galactic Commander yang berpetualang menjelajah angkasa mencari Kota yang Hilang yang konon memiliki kekuatan ajaib. Namun dalam perjalanan mereka dihadang oleh musuh mereka, Dr. Minus yang jahat. Dr. Minus menembak pesawat mereka, menyebabkan mereka terjatuh pada sebuah planet tak dikenal, yang secara mengejutkan merupakan lokasi Kota yang Hilang. Untuk menyelamatkan diri mereka dan planet asal mereka, Galactic Command dari Dr. Minus, yang saat ini sedang mengumpulkan pasukan untuk menangkap mereka dan menyerang Galactic Command, mereka harus mengaktifkan kekuatan rahasia dari Kota yang Hilang yaitu dengan cara memecahkan misteri – misteri pada kota tersebut.

Pada game ini terdapat empat level yang berbeda yang masing – masing berisi misteri yang harus dipecahkan untuk mengaktifkan kota yang hilang. Misteri – misteri tersebut tidak lain merupakan operasi matematika sehingga  membutuhkan kemampuan matematika untuk melewatinya. Empat level tersebut adalah Number Hunt, Maze Craze, Position Splash, dan Creature Collector.

number_hunt

Gambar 2. Blasternaut, Galactic Commander, dan Spot mendarat di Kota yang Hilang

Number Hunt merupakan misteri pertama pada game ini. Untuk memecahkan misteri ini pemain harus mengoleksi angka dan operator matematika untuk membentuk sebuah operasi matematika yang benar. Namun, untuk mengumpulkannya tidaklah mudah. Pemain harus memanfaatkan kelebihan dari ketiga pemain tersebut untuk memecahkan labirin agar bisa mengumpulkan angka dan operasi matematika tersebut.

Misteri berikutnya adalah Maze Craze. Pada level ini diberikan suatu rentang nilai dan platform – platform yang berisi operasi matematika. Tujuan dari misteri ini adalah mencari platform yang persamaannya menghasilkan nilai yang berada pada rentang nilai yang diberikan Pemain harus memilih platform mana yang menghasilkan nilai yang memenuhi rentang nilai yang diberikan.

Setelah menyelesaikan Maze Craze,  misteri berikutnya yang harus dipecahkan adalah Position Splash. Disini pemain harus berhadapan dengan Negatron, sebuah makhluk alien berwarna kuning yang aneh. Pada kepala Negatron terdapat sebuah angka dan pemain diberikan suatu persamaan matematika. Tugas pemain adalah menjaga agar Negatron yang memiliki angka yang merupakan solusi persamaan bisa sampai ke lantai bawah dan menembak Negatron yang memiliki angka yang salah dengan senjata pamungkas yang disebut ‘Position Pod’.

Misteri terakhir yang harus dipecahkan adalah Creature Collector. Berbeda dengan misteri – misteri sebelumnya yang sarat dengan persamaan matematik, misteri ini mengharuskan pemain untuk membuat beberapa robot dengan menyusun bagian – bagiannya, mulai dari badan, tangan, kakai, dan kepala. Untuk menyelesaikan misteri ini, pemain harus membuat robot yang berbeda satu dengan yang lain sesuai dengan petunjuk yang diberikan.

number_hunt

Gambar 3. Salah satu misteri yang terdapat pada Kota yang Hilang, Number Hunt

Untuk lebih menambah pengalaman bermain (gaming experience), game ini menyediakan fitur untuk mengatur tingkat kesulitan dan jenis operasi dan bilangan matematika yang ditampilakan. Tingkat kesulitan yang disediakan oleh game ini yaitu Space Rookie (mudah), Space Captain (sedang), dan Master Blaster (sulit), sementara operasi matematika yang bisa ditampilkan meliputi Penjumlahan, Pengurangan, Perkalian, dan Pembagian. Bilangan yang bisa ditampilkan meliputi Persen, Desimal, dan Pecahan.

 


Komentar Pengulas

Game ini sangat cocok untuk anak SD usia antara 6 hingga 12 tahun. Game ini, selain mengajarkan anak mengenai matematika, juga mengajarkan mengenai logika dan berpikir cepat. Selain itu, game ini juga cocok digunakan sebagai sarana pembelajaran yang menghibur. Hal ini dikarenakan game ini memberikan fitur yang lebih dari game edukasi pada umumnya, yaitu sebuah kisah petualangan menarik antara tokoh baik melawan tokoh jahat yang dikemas dalam tema fiksi ilmiah.

 


Nilai edukasi

Terdapat beberapa nilai edukasi yang terdapat pada game Math Blaster Episode II : Secrets of The Lost City, diantaranya :

–          Mengajarkan anak mengenai matematika dasar

–          Mengajarkan anak mengenai logika

–          Mengajarkan anak untuk berpikir cepat

 


Video

http://youtu.be/bi-iMM_mfmU

 


Pengulas : Fajar Maulana Putra (5109100057)

Fajar Maulana Putra

Create Your Badge

Author: 

No Responses

Tinggalkan Balasan