Review: Open Transport Tycoon Deluxe

 Review Game Realitas Virtual


Open Transport Tycoon Deluxe(OpenTTD) adalah sebuah game simulasi bisnis dalam pembangunan sebuah sarana-sarana transportasi di sebuah dunia/map. Game ini merupakan modifikasi dari Game sebelumnya, Transport Tycoon. Banyak fitur-fitur yang ditambahkan ke dalam seri terbaru ini. Sebenarnya genre game ini mempunyai banyak varian lainnya seperti Roller Coster Tycoon (membangun taman bermain), Lemonade Tycoon (mendirikan bisnis jus lemon), Prison Tycoon (membangn rancangan sebuah penjara), dll. Tetapi game OpenTTD sudah mempunyai penggemar setia yang tidak mudah berpaling ke game-game lain yang bergenre sama. Berikut ini adalah review game tersebut dari sisi realitas virtual.

Realitas Fakta

Di dalam dunia OpenTTD terdapat beberapa kota yang memiliki populasi tertentu dan kita bisa membangun berbagai macam sarana transportasi di dalam kota tersebut seperti stasiun kereta api, terminal bus, bandara bahkan pelabuhan. Setiap kendaraan akan memuat penumpang yang ada dan akan berhenti tempat pemberhentian selanjutnya sesuai dengan rute yang telah kita tentukan. Ini sesuai dengan dunia nyata dimana kendaraan umum akan mengantarkan penumpang ke tempat tujuan sesuai dengan rute yang ditentukan.

Realitas Proses / Sebab-Akibat

Nilai sebab akibat yang dimiliki game ini adalah setiap kendaraan bisa mengalami kerusakan dan memiliki umur maksimum, jika kendaraan rusak kendaraan akan otomatis masuk ke dalam bengkel dan akan diperbaiki.Demikian pula jika kendaraan telah melampaui umur maksimum, maka kendaraan akan sering mengalami kerusakan dan tentu saja hal ini akan sangat mempengaruhi reputasi dari perusahaan yang kita miliki dan mengurangi keuntungan yang kita dapatkan.

Hal lainnya adalah uang yang kita peroleh dari mengantarkan penumpang atau barang akan bergantung pada rute dan jumlah penumpang atau barang yang kita angkut, dan kecepatan kendaraan yang kita miliki. Sebagai contoh, jika 2 buah kereta yang kita miliki mengantarkan minyak sebanyak 10 ton dan yang lain lagi mengantarkan 20 ton dalam rute yang sama, maka uang yang didapat tentu saja lebih banyak yang mengantarkan minyak sebanyak 20 ton. Demikian pula jika kita memiliki 2 kereta yang sama-sama mengantarkan penumpang 10 orang dan memiliki rute yang berbeda, tentu saja uang yang didapat lebih banyak kereta yang mengantarkan penumpang dengan rute yang lebih jauh.

Random Event

Random Event di game ini terdapat pada Sumber Daya Alam yang bisa mengalami penambahan produksi atau bahkan mengalami penurunan produksi. Selain itu random event juga terletak pada keadaan ekonomi global, jika saat dunia mengalami krisi global maka penumpang akan sedikit jumlahnya, sebaliknya jika keadaan ekonomi membaik maka penumpang akan bertambah jumlahnya.

Hukum Fisika

Hukum fisika disini banyak berlaku, misal jika kita membuat jembatan untuk kereta yang terbuat dari kayu, maka kereta tersebut akan melambatkan lajunya saat melewati jembatan tersebut. Jadi kereta tersebut memiliki batas kecepatan maksimum yang diperbolehkan untuk melawati sebuah jembatan berdasarkan material yang membuat jembatan tersebut.

Selain itu, kita hanya bisa membuat jalan lurus di kontur tanah yang menanjak, kita tidak bisa membuat tikungan. Hal ini juga sesuai dengan hukum fisika, karena bisa mengakibatkan kendaraan mengalami slide/selip di tikungan pada kontur tanah yang menanjak.

Audio Visual

Untuk realitas audio visual sendiri, kendaraan yang ada memiliki suara yang dihasilkan sesuai bunyi aslinya. Misal kereta ketika ketika akan berangkat pasti akan meniupkan suara tanda awal keberangkatan. Selain itu bus yang ada juga memiliki suara klakson. Gerak kendaraan juga sesuai dengan realita, karena kendaraan tersebut memiliki kecepatan yang berbeda-beda.

 

Husein Alhamid – 5109100162

Realitas Virtual A – 2012

Author: 

One Response

  1. Syarwan HamidMaret 22, 2014 at 5:05 PMReply

    cara membeli kendaraannya bagaimana

Tinggalkan Balasan