Sim City 4, bukan edukasi biasa..

 Review Game Edukasi, Simulasi

Pernah bermimpi menjadi seorang walikota? 🙂 Saatnya anda belajar terlebih dahulu melalui suatu permainan simulasi edukatif berjudul Sim City 4. SimCity 4 (SC4) adalah sebuah game/permainan simulasi edukatif yang menceritakan tentang manajemen pembangunan suatu kota, dimana pemain berperan sebagai walikota dan mengatur kotanya. Game ini diproduksi oleh Maxis, salah satu anak perusahaan Electronic Arts dan dirilis pada 14 Januari 2003 dan merupakan game ke-4 dari seri SimCity.

Dalam permainan ini pemain dapat membuat sebuah kawasan dengan membentuk tanah di sekitarnya, dan kemudian mengembangkan sebuah pemukiman yang nantinya akan menjadi sebuah kota besar. Pemain juga dapat meletakkan zona untuk membangun daerah komersial, industrial, dan perumahan, juga membangun dan memperbaiki layanan umum, transportasi, dan utilitas. Tidak hanya membangun dan memperbaiki, namun pemain juga harus mengurus keuangan, lingkungan, dan kualitas kehidupan bagi para penduduknya. Bila hal tersebut tidak dilakukan, pemain tentu saja akan mendapat respon negatif dari ‘masyarakat’nya, melalui rating yang menurun atau demo massa (keren ya?). 😀

Namun tidak usah khawatir, dalam game ini disediakan fitur bantuan dari para ‘asisten’ yang akan memberikan saran dan peringatan kepada pemain apabila pemain mengambil kebijakan-kebijakan yang dirasa kurang tepat atau apabila keadaan kota mulai kacau, seperti sampah kota yang mulai tidak terkendali, kejahatan yang mulai merajalela, dan lain-lain.

Permainan ini merupakan game simulasi edukatif yang sangat menarik karena benar-benar mewakili keadaan yang sebenarnya. Selain karena fiturnya yang kompleks, terdapat keadaan yang mungkin jarang ada di game-game simulasi yang serupa, yaitu bencana alam! Bayangkan saja di tengah-tengah pemain menikmati proses pembangunan kotanya, tiba-tiba saja terjadi gempa bumi, gunung meletus, dan mungkin yang satu ini yang belum pernah terjadi di kota mana pun di dunia nyata (semoga tidak akan terjadi, Amiinn), yaitu serangan alien melalui UFO-UFO nya! (jadi mirip film Ultraman ya? :p). Terkadang fitur bencana alam yang menghancurkan sebagian region kota dan kadang melumpuhkan perekonomian ini membuat pemain menjadi ‘down’ dan malas memainkan game ini lagi. Namun sisi edukasinya fitur ini mengajarkan kepada pemainnya bahwa banyak hal di luar dugaan yang bisa saja terjadi di kota yang dibangunnya, dalam hal ini adalah bencana alam. Sehingga sang walikota (dalam hal ini sang pemain) harus siap mengambil inisiatif dan tindakan cepat dalam menanggulangi segala kejadian serupa dan mencari metode yang efektif dalam membangun kembali kotanya apabila kejadian tersebut sudah terlanjur terjadi.

SimCity 4 menggunakan grafik 3D untuk permainan, sehingga terlihat luar biasa dan sangat menggambarkan simulasi tata kehidupan kota yang sebenarnya. Tak heran, permainan ini mendapat penghargaan sebagai satu dari sepuluh permainan komputer terbaik di dunia pada tahun 2003.

Kelebihan dan Kelemahan

Setiap permainan memiliki kelebihan dan kekurangan di dalamnya.  Berikut kelebihan yang dimiliki game Sim City 4 :

1.       Game ini memiliki banyak fitur yang bisa di-custom. Hal ini baik bagi pemain karena setiap pemain memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Tentunya ketersediaan pilihan enable-disable fitur ini mampu mencegah pemain meninggalkan permainan ini hanya karena aturan permainan yang strict.

2.       Mode permainan yang variatif. Setidaknya terdapat mode major (walikota) dan mode God dalam game ini. Mode major merupakan mode manajemen reguler, pemain memainkan sebagai peran walikota dan memanajemen kotanya tanpa adanya kemampuan-kemampuan magis di luar akal manusia. Namun dalam mode God pemain dapat mengendalikan bencana alam sesukanya, juga mengatur morfologi tanah kota. (mungkin lebih tepat diberi nama mode “Walikota sang Avatar” aja kali ya :p).

3.       Game ini menggunakan grafis 3D yang sangat detail sehingga pemain merasa berada di suatu kota yang sebenarnya.

Dan berikut kelemahannya :

1.       Berdasarkan respon pemain-pemain pada tahun dibuatnya game ini (2003), game ini menyebabkan performa komputer yang menurun.

(Namun ini adalah komentar yang terjadi di tahun 2003 dan saat ini kemampuan komputer kita bisa jadi sudah melampaui kemampuan komputer saat itu. Jadi kita tidak usah khawatir memainkan game ini hanya karena takut nge-lag.)  🙂

Nilai Edukatif dalam Game Ini

Tidak dipungkiri lagi bahwa game simulasi umumnya memberikan nilai edukatif yang sangat banyak bagi pemainnya. Berikut nilai edukatif yang terdapat dalam game SimCity 4

1.       Mampu melatih memampuan manajemen yang berkaitan dengan banyak hal yang kompleks, dalam hal ini pengaturan kota.

2.       Melatih persistensi dalam menjalankan suatu amanah. Setidaknya terdapat dalam fitur-fitur yang sering membuat pemain kesal, seperti bencana alam dan demo massa, yang fitur ini akan mengajarkan kepada pemain untuk tidak lari dari masalah (kayak koruptor yang abis ketahuan korupsi aja ya? :p) dan tetap persisten hingga masalah selesai.

3.       Mengajarkan untuk bersedia mendengarkan pendapat orang lain. Dalam hal ini diwakili oleh fitur ‘asisten’ yang seringkali menunjukkan sikap marah dengan background merah di belakangnya sebagai bentuk perhatiannya kepada keputusan atau hasil kerja kita yang berdampak negatif pada kota.

4.       Melatih bijak dan cepat dalam mengambil tindakan. Dalam game ini setiap keputusan pemain memberikan efek yang sangat besar terhadap perkembangan ‘kota’nya. Keputusan yang salah atau benar namun lambat, dapat memberikan dampak negatif pada perkembangan kota. Misalnya saja penyediaan TPA (Tempat Pembuangan Akhir) sampah yang terlalu sedikit bagi masyarakat kota yang sudah terlalu banyak, akan membuat kota menjadi ladang sampah. Atau mungkin distribusi saluran air yang tidak adil dan hanya mencakup sebagian wilayah (umumnya kepada masyarakat yang pajaknya tinggi saja baca:”orang kaya”), tentu akan membuat wilayah yang lain kekeringan, masyarakatnya kehausan (dan bahkan tidak bisa mandi,) dan berakhir dengan demo massa hanya karena kebijakan pemimpinnya yang salah. Akhirnya memberikan efek domino kepada perekonomian dan kesejahteraan masyarakat kota.

Game Sim City 4 ini memberikan kemampuan baru kepada pemain khususnya dalam dunia manajemen terlebih lagi apabila kota yang dibangun sudah cukup kompleks. Pemain yang memainkan game ini dan setidaknya mampu mempertahankan kotanya dari segala ‘cobaan’ pasti akan mendapatkan kemampuan manajemen yang baik dan persisten dalam menghadapi tantangan, serta bijak dalam mengambil keputusan. Dan tentunya masih banyak sisi edukasi yang membuat kita dapat belajar banyak hal dalam game ini. Tertarik? Anda bisa langsung coba sendiri. 🙂

Anda bisa lihat traillernya di sini.

Reviewer,

5108100139 Maulidan Bagus A. Rasyid

Author: 

No Responses

Tinggalkan Balasan