Menjadi Professional Dancer dengan Just Dance

 Asah Otak, Review Game Edukasi, Simulasi

“Siapa bilang untuk bisa menari layaknya seorang penari profesional kita perlu ikut kursus menari berbulan-bulan dengan biaya yang cukup mahal? Sekarang sudah bukan jamannya. Teknologi menjawab tantangan ini melalui sebuah game yang kreatif, inovatif dan revolusioner. Inilah dia, Just Dance.”

Just Dance

Just Dance adalah salah satu game simulai berdansa yang cukup populer di kalangan remaja dewasa ini. Game ini merupakan sebuah inovasi yang luar biasa. Jika anda pernah bermain Dance Dance Revolution milik Konami maka anda akan merasakan sebuah pengalaman baru ketika memainkan game ini. Just Dance merupakan game casual dance simulation yang berplatform pada mesin next-gen milik nintendo yaitu Wii. Dalam game ini pemain akan bermain menggunakan controller yang disediakan oleh wii, yaitu wii-mote. Wii-mote inilah yang menciptakan sebuah pengalaman baru dalam bermain game dengan genre dance simulation ini.

Sistem permainan game ini cukup sederhana, pemain cukup dengan mudah menggerakkan wiimote sesuai dengan gerakan karakter yang berdansa di layar bermain. Pemain cukup menirukan gerakan karakter seperti kita menirukan gerakan ketika kita bercermin di kaca. Semakin mirip pose yang ditiru oleh pemain dengan pose karakter yang berada di layar, maka semakin tinggi skor yang akan diperoleh pemain itu. Dalam game ini pemain yang mampu melebihi highscore dalam suatu lagu maka nilainya akan disimpan di game itu, sedangkan pada mode multiplayer pemain dengan skor tertinggi ialah yang memenangkan game.

Salah satu faktor lain yang membuat game ini menyenangkan untuk dimainkan adalah fitur multiplayer, dimana pada game ini jumlah pemain dibatasi hingga 4 pemain. Dengan fitur ini Pemain bisa menikmati game ini bersama dengan keluarga, teman dan orang lain. Selain fitur multiplayer game ini memiliki fitur practice mode, dimana pemain bisa bermain tanpa memasukkan nilai skor.

Sistem wii yang mendukung motion sensor memberikan sebuah pengalaman baru dalam bermain game. Kini pandangan orang ketika seseorang bermain game ia harus duduk berjam-jam lamanya telah berubah. Dengan revolusi teknologi ini dan invoasi yang diberikan oleh game just dance ini telah merubah paradigma dalam bermain game, dimana kini pemain mampu bergerak aktif dalam memainkan game dan tentu saja tanpa mengurangi unsur keasikan bermain game itu sendiri.

Nilai Edukasi

Adapun beberapa nilai edukasi yang dimiliki oleh Just Dance, antara lain :

  • Pemain belajar tentang bagaimana berdansa layaknya seorang penari profesional (dimana berdansa yang menghitungkan aspek estetika, beat music dan ketukan)
  • Mengajarkan pemain untuk berinteraksi, bekerjasama dan berkompetisi secara sehat dengan orang lain dalam mode multiplayer
  • Melatih koordinasi mata, telinga dan gerakan saat pemain mencoba meniru gerakan karakter yang berada di layar.
  • Melatih otak kanan pemain ketika menentukan tempo gerakan dan pose gerakan yang akan dilakukan.
  • Dsb.

Kelebihan dan Kekurangan

Secara keseluruhan game ini sangat menarik, terutama karena genrenya yang casual semua orang bisa menikmatinya. adapun beberapa kelebihan dan kekurangan game ini, berikut uraiannya :

Kelebihan

  • Game ini memiliki gameplay yang menarik, dimana pemain harus menirukan gerakan karakter menggunakan controller yang tersedia.
  • Aspek realitas virtual pada game ini begitu terasa dengan menggunakan teknoligi wii yang mendukung motion sensor.
  • Mendorong pemain untuk aktif bergerak dalam bermain.
  • Terdapat berbagai macam lagu-lagu dari artis-artis yang terkenal.
  • Genrenya yang casual membuatnya mampu dimainkan oleh siapa saja.

Kekurangan

  • Sistem permainan yang cenderung monoton, tanpa progresi dikarenakan game ini memiliki genre casual game.
  • Tidak cocok untuk dimainkan diruangan dengan luas area yang kecil, karena menuntut gerakan tubuh player dalam bermain.

Kesimpulan

Just Dance merupakan sebuah game casual dance simulation dengan sistem yang inovatif, menggunakan sistem  motion sensor yangdi dukung oleh console permainan wii. Game ini menyajikan sebuah perubahan gameplay yang dulunya menggunakan platform kaki yang diinjak sesuai dengan urutan yang keluar di layar, kini berubah dimana pemain diharuskan mengikuti gerakan karakter yang berdansa di layar. Sebuah revolusi teknologi yang luar biasa, kini menjadi professional dancer bukan hal yang mustahil lagi, siapkah anda menjawab tantangan ini ?

Gameplay dan Trailer

Link untuk video trailer bisa di klik di bawah ini :

Just Dance Trailer

Gameplay Hot and cold Katy Perry – Just Dance

direview oleh: 5108100003 – Rama Nurdian Pramudita

Ram’Z’a Nurdian Pramudita | Create Your Badge

Author: 

No Responses

Tinggalkan Balasan