Democracy 2

 Review Game Edukasi, Simulasi, Uncategorized

DEMOCRACY 2

Democracy 2 merupakan game simulasi pemerintahan yang pertama kali diluncurkan pada tahun 2005. Di game ini, kita bermain sebagai presiden atau menteri negara di negara demokrasi. Seperti selayaknya tugas presiden dan menteri negara, kita bertugas untuk memperkenalkan dan memeperbarui kebijakan pada tujuh aspek yaitu pajak, ekonomi, sosial, kebijakan luar negeri, transportasi, hukum dan pelayanan umum. Setiap kebijakan tentunya mempunyai dampak atau pengaruh pada ketertarikan pada berbagai golongan pemilih presiden. Selain itu juga mempunyai dampak pada angka kriminal dan kualitas udara. Pemain harus menghadapi situasi, dimana misalnya adanya demo masyarakat yang menentang pemerintah, pengangguran dan juga harus menghadapi dilema yang terjadi setiap gilirannya.

Pada saat memulai game ini, kita harus memilih negara mana yang akan kita mainkan, setelah itu pemain harus meraih dukungan dari berbagai fraksi yang nantinya akan ikut memilih dalam pemilihan presiden maupun menteri negara. Namun, tidaklah mudah untuk meraih hati para pemilih. Pemain memperkenalkan kebijakan, mengubah rencana anggaran pemerintahan, mengubah besarnya pajak, hukum, dan suatu regulasi atau peraturan pada suatu daerah. Sebelum pemilihan umum berlangsung, dua janji akan dibuat oleh pemain untuk para calon pemilihnya. Namun, jika pemain tidak melaksanakan janjinya setelah terpilih nanti, maka masyarakat akan kesal dan angka kriminal naik.

Pemain juga harus mengatur keseimbangan pengeluaran dan pembayaran hutang negara tanpa harus kehilangan suara dan menyebabkan pengelakan pajak dikarenakan tingginya angka pajak. Jadi Menurut saya game ini merupakan game yang cukup rumit bagi yang baru memulainya. Banyaknya aspek yang harus diperhitungkan dan juga dampak-dampak yang diakibatkan oleh pilihan kita pada setiap gilirannya. Hal ini dikarenakan game ini mengadopsi dengan keadaan yang sebenar-benarnya seperti di lingkungan pemerintahan. Jadi sisi positifnya, kita bisa belajar banyak dari memainkan game ini. Wawasan saya menjadi lebih lebar dan luas akan seluk beluk kinerja pemerintahan.

Bagi saya yang termasuk orang awam dalam dunia kepolitikan maupun pemerintahan, game ini cukup sulit untuk dikuasai karena keterbatasan wawasan maupun seluk beluk akan dunia tersebut. Namun, setelah beberapa kali memainkan game ini, hal-hal yang semula kabur menjadi lebih jelas dan lebih terang. Ternyata semua ada polanya untuk bisa menguasai alur permainan dari game ini.

Game ini merupakan game indie yang meraih sukses, karena angka penjualannya. Website Game Tunnel memberikan nilai untuk game ini sebesar 8/10, About.com juga memberikan nilai sebesar 3,5/5 untuk game ini, dan game ini meraih penghargaan sebagai ‘Simulation Game Of The Year’ pada tahun 2005.

Game ini digunakan di beberapa sekolah dan universitas untuk digunakan sebagai bahan pengajaran sistem politik dan ekonomi. Bahkan seminar pelatihan dan departemen pertahanan Amerika menggunakan game ini sebagai simulasi politik.

Unsur Edukasi pada game ini:

– Mengajarkan aspek-aspek penting dalam menjalankan negara terutama dibidang politik

– Memberikan pengetahuan tentang seluk beluk dunia pemerintahan

Democracy Gameplay

Democracy 2 Gameplay

File Game bisa didownload disini.

Direview oleh 5109100130 Rachmad Nafisholeh
Rachmad Nafis | Buat Lencana Anda

Author: 

No Responses

Tinggalkan Balasan