Palagan Ambarawa Disiarkan Langsung di TVOne

 Berita Media

Sejak diluncurkannya pada tanggal 20 Desember 2010 lalu, salah satu game hasil karya mahasiswa Sistem Informasi dan Teknik Informatika yang tergabung dalam gameedukasi.com ini memang tak lepas dari pemberitaan media elektronik. Mulai dari berita di blog, web, jejaring sosial, bahkan sampai stasiun televisi. Terbukti dengan adanya pesan yang dikirimkan oleh tim kreatif TVOne kepada salah satu anggota Tim Palawa melalui jejaring sosial “Facebook”. Pesan tersebut berisi undangan untuk menjadi narasumber pada acara Apa Kabar Indonesia Weekend yang ditayangkan oleh TVOne. Dengan senang hati seluruh anggota Tim Palawa beserta dosen pembimbing mempersiapkan sebaik – baiknya materi yang akan turut ditayangkan seminggu ke depan.

Sabtu, 15 Januari 2011, 2 perwakilan tim dan 1 dosen pembimbing diberangkatkan oleh TVOne dengan pesawat Lion Air Surabaya – Jakarta. Sementara 3 anggota tim lainnya sudah terlebih dahulu berangkat dengan antusias untuk mendukung rekan satu tim, PALAWA.

Pagi yang terik di depan bundaran HI, Apa Kabar Indonesia Akhir Pekan dibuka oleh presenter Yeni dan Bagus dengan berita – berita politik menarik. Dan akhirnya, setelah menanti selama 1 jam, pada pukul 08.00 WIB, Imam Kuswardayan, S.Kom, M.T (Dosen Pembimbing), Ika Nurkasanah, dan Satria Wibawa (TIM PALAWA) duduk bersama Yeni dan Bagus di depan layar televisi dengan komentator David dari KlikGame.com

Dosen Pembimbing PALAWA menjelaskan latar belakang gameedukasi.com, dan kemudian dilanjutkan dengan penjelasan awal mula pembuatan game Palagan Ambarawa yang merupakan proyek liburan yang diberikan pada tim PALAWA. Dijelaskan pula, bahwa PALAWA ini merupakan salah satu wujud karya anak bangsa di bidang game edukasi yang bertujuan untuk membangkitkan semangat nasionalisme generasi penerus bangsa. “Bukan hanya generasi muda, namun semua kalangan dapat memainkan Game Palagan Ambarawa ini”, jelas Imam selaku dosen pembimbing PALAWA sekaligus penggagas gameedukasi.com.
“It’s interesting and salesable”, itulah komentar dari pakar game yang menjadi komentator saat itu, yaitu David. Bagaimana tidak, setelah ditunjukkan trailer dan demo yang dilakukan secara live, memberikan kesan positif kepada pakar game tersebut. Berbagai kritik dan saran pun sempat dilontarkannya kepada Tim PALAWA demi perbaikan. Antara lain perlu diadakannya kerja sama dengan publisher, perbaikan desain map, desain karakter, perijinan kepada arsip Indonesia, dan perihal Hak Paten yang harus segera diurus.

Yeni, presenter Apa kabar Indonesia pun tidak sabar memainkan game kami tersebut. Di sela percakapan yang secara langsung disiarkan tersebut, ia asik mencoba game PALAWA sembari memberikan pujian dan kritikan positif. “Mungkin lain kali perlu juga dibuatkan game yang berhubungan dengan Fashion”, begitu ungkapnya kepada Ika yang saat itu dipanggil “Fitri”.

Pukul 08.30 acara selesai, namun percakapan dengan David masih terus berlanjut sehubungan dengan keberlanjutan game Palagan Ambarawa dan juga game edukasi lainnya. Komentar demi komentar, begitu juga dengan kritik&saran telah ditampung dan dibawa terbang kembali oleh TIM PALAWA ke Surabaya. Dan Alhamdullillah kami tiba di Surabaya kembali di tengah mendung yang menjadikan kota Surabaya agak gelap, tepat pada pukul 15.20. Saat ini, tim tengah mempersiapkan versi demo dari Game Palagan Ambarawa yang siap diunduh mulai 25 Januari 2011. InsyaAllah. ^_^ (Tim Palawa)

Author: 

9 Responses

  1. satriaJanuari 20, 2011 at 8:08 PMReply

    hahaha, ia ya.. kmrn ika dipanggil fitri.. hahaha 😀

  2. muhammad khosyi'inJanuari 21, 2011 at 8:32 AMReply

    salute untuk teamnya pak imam.. ditunggu karya-karyanya…

    • iMaM KJanuari 21, 2011 at 8:54 AMReply

      Terima kasih pak Chos. Oh ya kalau ada mhs bimbingan sampeyan yg bikin game edukasi, boleh kok di review ke sini. Supaya kerja sama bisa lebih meluas :). “server…. server … !!”

      • muhammad khosyi'inFebruari 24, 2011 at 9:01 AMReply

        InsyaAllah pak

  3. younanJanuari 21, 2011 at 9:20 AMReply

    Salut pak,
    Awal mula BBS, FRSOnline, skarang udah merambah game, mantep.

    Coba bikin kayak proyek nya TNI itu, simulasi perang :D.
    Lebih asyik dan mendidik tentunya 😀

  4. andibagusJanuari 21, 2011 at 11:34 AMReply

    assalamualaikum wr wb

    alhamdulillah, senang dan bahagia tentunya atas keberhasilan bapak Imam dan tmen2 SI, TC dalam mengembangkan game edukasi.

    Selamat dan sukses utk bapak Imam dan tim.

    wassalamualaikum wr wb

  5. DyahJanuari 21, 2011 at 5:19 PMReply

    Assalamu’alaikum,..
    selamat Pak,. batu loncatan yang luar biasa untuk mengembangkan game edukasi,. 😀
    semoga semakin banyak yang tertarik untuk bergabung,. 🙂

  6. faqihJanuari 22, 2011 at 8:32 PMReply

    kpn game ini beredar di pasaran? saya pengen bgt nyobain…

  7. asnitaJuli 5, 2013 at 10:08 AMReply

    Keren poll…jia yoo friends

Tinggalkan Balasan