Frontier

 Matematika, Umum
Sebuah game strategi yang menceritakan petualangan seorang pedagang. Selama permainan player dihadapkan pada beberapa quest setelah sebelumnya memilih Guild. Quest-quest tersebut berisi petunjuk untuk menuju kota-kota tertentu. Dan selama perjalanan player membutuhkan perlengkapan untuk menghadapi musuh di tengah perjalanan atau untuk meningkatkan keuntungan dalam melakukan dagang.
Uang didapatkan dengan cara melakukan pembelian atau penjualan antar kota. Setiap kota memiliki harga jual tertentu sehingga barang yang sama bisa jadi memiliki harga beli atau jual berbeda dengan kota lainnya. Keuntungan memang bisa diperoleh hanya mengandalkan barang dengan harga jual tertinggi di kota yang dituju. Namun keuntungan akan lebih maksimal apabila pemain menggunakan persamaan untuk melakukan kombinasi pembelian barang. Kemudian bisa juga dengan cara menahan barang tertentu untuk dijual di kota berikutnya, ada pula barang yang sebaiknya segera dibeli karena dalam perjalanan mungkin saja tidak akan mendapatkan barang dengan harga rendah di kota lain.

Keasyikan mengkombinasikan pembelian dan penjualan barang serta melakukan misi dalam game ini dibumbui dengan aksi pencuri ataupun musuh yang ingin merampas barang dagangan di dalam perjalanan. Sehingga pembelian senjata, armor, kendaraan, dan karyawan perlu diperhitungkan selama melakukan petualangan.

Keasyikan game ini masih ditambah dengan track record pemain selama melakukan permainan, karena tokoh dalam game ini bisa disukai karena bertingkah laku baik semisal menolong traveler yang terluka selama perjalanan, tidak membawa barang dagangan terlarang atau bisa ditakuti karena sering berbuat onar, menyerang sesama pedagang, atau malah melawan polisi.

Manfaat :

  • Melatih kemampuan pengambilan keputusan secara umum karena game ini lebih membutuhkan strategi tidak sekedar kecepatan tangan.
  • Perhitungan matematika praktis selama proses pembelian dan penjualan barang.
  • Apabila dimainkan dengan sungguh-sungguh maka player akan memerlukan sebuah taktik untuk melalui kota-kota dengan keuntungan maksimal.

Kelebihan :

  • Tingkat adiktif tinggi karena cukup banyak kombinasi yang bisa dilakukan selama permainan berlangsung seperti quest dan simulasi battle.
  • Grafis yang bisa dibilang cukup bagus untuk level game flash.

Kekurangan :

  • Kompleksitas game membuat player cenderung bingung untuk menentukan apa yang harus dilakukan selama permainan berlangsung.
  • Masih terdapat beberapa bug dalam tampilan.
Title : Frontier
Genre : Adventure, Strategy
Developer : Armor Games Inc
Concept : jmtb20
Programming : jmtb20
Artwork : Mike Swain
Music : MohdFikree
Builder : Flash
Size : 5.345 Kb

Review oleh : Radik Kriolampah (5107100149)

Author: 

2 Responses

  1. Candra ArdhaniJanuari 17, 2011 at 9:23 PMReply

    .klo mau download gamenya d mana ya.?

    • GameEdukasiJanuari 18, 2011 at 5:27 AMReply

      Kontak saja reviewernya lewat facebook. Ada link facebook nya di nama reviewer.

Tinggalkan Balasan