Petualangan Mitfas

 Fisika, Matematika

Mitfas adalah seorang siswa SMP kelas 3. Pada semester pertama, entah karena alasan apa tiba-tiba ia mendapat nilai rapor yang kurang memuaskan. Ayahnyapun memarahinya karena nilai rapornya tidak seperti biasanya yang selalu memuaskan, apalagi dalam beberapa bulan kedepan, Mitfas harus menghadapi Ujian Nasional. Tidak hanya itu, Ayahnya juga ingin Mitfas masuk ke SMA favorit. Mitfas berjanji untuk mengembalikan nilainya sebaik dulu.Liburan semester tiba, Mitfas pergi ke berbagai tempat yang ternyata terus mengasah kemampuan akademisnya, khususnya di bidang Matematika dan Fisika. Bagaimankah perjalanan Mitfas? Apakah ia berhasil membuat Ayahnya bangga dengan mendapat nilai yang memuaskan dan masuk SMA Favorit? Videonya dapat dilihat dibawah ini:

Permainan ini mengisahkan tentang seorang anak SMP yang harus mengasah kemampuan akademisnya khususnya di bidang Matematika dan Fisika. Anak yang akan diperankan oleh pemain game (dalam game ini pemain berperan sebagai Mitfas) akan pergi menjelajahi berbagai tempat untuk menjalani berbagai macam tantangan yang akan menguji kepintarannya dalam bidang matematika-fisika. Apabila dia berhasil menyelesaikan semua tantangan tersebut, maka dia dapat menunjukkan pada ayahnya kalau dia bukan anak bodoh walau sempat mendapatkan nilai rapor yang kurang memuaskan. Game ini tersusun atas 5 level dan 1 nilai level, masing-masing level mempunyai keunikan game tersendiri. Level-level tersebut terdiri 2 level bertema matematika dan 3 level bertema fisika selain itu disediakan 1 level rapor untuk melihat nilai dan ending dari game ini. Uniknya lagi game ini memiliki multiple ending. Jika rata-rata nilai yang dihasilkan kurang dari 70 maka pemain akan mengalami sad ending, sedangkan jika rata-rata nilai yang dihasilkan lebih dari atau sama dengan 70 maka pemain akan mengalami happy ending ^^

Nilai Edukasi
Game ini merupakan game edukasi untuk siswa SMP (13-15 tahun) khusunya pelajaran fisika dan matematika. Dengan bermain game ini siswa akan lebih paham tentang materi matematika dan fisika untuk bab tertentu yang dibahas di game, antara lain:

  1. Pythagoras
  2. Luas Bangun Datar
  3. Konversi Satuan
  4. Gaya dan Usaha
  5. Gaya Gravitasi

Sebagai seorang developer, game seperti ini merupakan game yang cukup sulit dan tentunya hasilya sangat bagus. Namun ebagai seorang reviewer sekaligus user saya harus jujur walaupun ini adalah game buatan saya bersama tim.

Penilaian saya:

  1. Grafis bagus
  2. Edukatif
  3. Adiktif
  4. Game play bagus namun akan lebih menarik jika karakternya bisa berjalan dan bertualangan menjelajah tempat
  5. Terlalu singkat untuk dimainkan

Dibawah ini disediakan slide presentasi untuk melihat-lihat sekilas tentang game dan screen shotnya apabila tidak dapat membuka video dikarenakan dalam koneksi yang lambat.

Spesifikasi Game

  1. Judul Game : Petualangan Mitfas
  2. Genre : Adventure
  3. Tema : Education (School)
  4. Halaman Web : http://www.tonikun.com/game-petualangan-mitfas-di-gemastik-3-2010

Tim Pengembang

  1. Toni Candra Kuncoro sebagai Developing Lead, Programmer, Game Design.
  2. Deden Fathurrahman sebagai Art Director, Graphic Artist, Game Design.
  3. Galang Ramadhan sebagai Programmer, Audio Director

Status Game
Finalis Lomba Pengembangan Permainan Gemastik 3 tahun 2010

Contact Developer

me@tonikun.com atau toni.bisnis2@gmail.com

Pereview: Toni Candra Kuncoro5108100055

Author: 

4 Responses

  1. yogi ekaApril 20, 2011 at 7:34 PMReply

    mantapp dahhh..

    • BraulioAgustus 25, 2012 at 7:41 PMReply

      Tomasz, I hope your last outcome plobisisity is the one that comes true! Games boomed in the 80 s when they were experimental, different and simple. Formulas were later discovered for making games that pleased the masses. As more money began pouring into game development, we lost the experimental games spawned from pure creativity and instead settled for proven’ ideas that were safe to go to market. I’m excited to see that small garage games are back and back like never before! Good-luck in your projects, I look forward to seeing what’s possible.

  2. johanJuni 23, 2012 at 5:32 PMReply

    kakak.. boleh minta source code ny gak?? berikut penjelasan nya.. TT

  3. DewiJanuari 22, 2018 at 8:15 AMReply

    Kak boleh lihat sourcecodenya? Klau gamnya diminkan untuk pc atau android?

Tinggalkan Balasan