AntaraNews: Mahasiswa ITS Rancang Game Pertempuran 10 November�

 Berita Media

Surabaya (ANTARA News) – Mahasiswa ITS Surabaya telah merancang “game” edukasi berlabel P10NER (Pertempuran 10 November) untuk menyemarakkan “Pagelaran Mahasiswa Teknologi Informasi dan Komunikasi” (GeMasTIK) 2010 di Surabaya pada 5-6 Oktober.

“Nama kampusnya saja Sepuluh Nopember, masak mahasiswanya tidak tahu sejarah namanya sendiri, karena itu kami pun merancang game saat liburan,” kata mahasiswa Teknik Informatika ITS Felix Handani di Surabaya, Minggu.

Felix merupakan “Project Manager” P10NER yang berkapasitas satu “gigabyte” itu bersama tujuh rekannya, di antaranya Moh Mahrus Syamsur Rizal, Nurina Aisyah, Ratri Cahyarini, Yustiana, Hermawan Winata, dan Dian Rahma.

“Itulah situasi di Hotel Yamoto,” kata salah seorang mahasiswa dalam suara yang terdengar dalam `game` itu ketika hendak memulai pertempuran seorang pahlawan Surabaya menumpas penjajah 1945.

Peristiwa di Hotel Yamato itu akhirnya mencapai puncak dengan terjadinya perobekan berdera merah putih biru, kemudian pertempuran di Jembatan Merah, sampai pertempuran 10 November yang menewaskan Brigjen AWS Mallaby.

Tidak hanya bermain, empat level dalam P10NER juga diselingi video-video perjuangan dan pertemburan yang terjadi di Surabaya dan Indonesia.

“Jadi, pengguna game edukasi itu akan mendapat hiburan, sekaligus mendapat pelajaran sejarah dengan cara yang menyenangkan,” katanya.

Ia mengatakan “game” P10NER itu dirancang dalam waktu sekitar 2,5 bulan dengan menggunakan program bernama “FPS (First Person Shotting) Creator.”

“Dengan program itu, pembuat game tidak perlu memulai dari nol. Semua rancangan bangunan tiga dimensi, tokoh dan senjata sudah ada dalam `software` itu. Tinggal memasukkan alur cerita, lalu drug and drop saja,” katanya.

Menanggapi hal itu, dosen pembimbing mereka, Imam Kuswardayan SKom, berharap permainan “tembak-tembakan” karya mahasiswanya bisa dikenal masyarakat luas.

“Rencananya akan dipasarkan, tapi mungkin masih diperlukan tambahan di sana-sini. Semoga, P10NER bisa menjadi pelogpor game edukasi di Indonesia,” katanya.

Ia menambahkan permainan P10NER akan dipamerkan dan dilombakan pada ajang GeMasTIK 2010 guna meramaikan kompetisi mahasiswa informatika se-Indonesia yang dijadwalkan berlangsung di Gedung Robotika ITS itu.(*)
(ANT/R009)

sumber: http://antaranews.com/berita/1286064290/mahasiswa-its-rancang-game-pertempuran-10-november

Author: 

No Responses

Tinggalkan Balasan