- Genre : Survival, Simulation
- Theme : Adventure
- Platform : MS-DOS, Macintosh, Windows 3.x, Windows
Deskripsi
The Amazon Trail adalah permainan komputer edukasi yang dibuat oleh MECC. Game ini terinspirasi oleh popularitas The Oregon Trail (game yang serupa), yang menampilkan area di sekitar Sungai Amazon dan beberapa anak sungainya. Dalam petualangan 2D ini, pemain diminta untuk melakukan perjalanan ke Amazon, dengan harapan bisa sampai ke desa Inca Vilcabamba yang hilang. Di sepanjang perjalanan, pemain belajar tentang orang-orang yang tinggal dan menggunakan sungai untuk kelangsungan hidup mereka. Amazon Trail dikenal jauh lebih sulit daripada pendahulunya dalam waralaba ini, seperti The Oregon Trail. Game ini dirilis pada tahun 1993 untuk MS-DOS, 1994 untuk Windows 3.x dan 1996 untuk Windows dan Macintosh. Amazon Trail II dirilis sebagai sekuel dari game ini dan Amazon Trail 3rd Edition merupakan rilis ulang dari sekuel tersebut dengan peningkatan performa dan tambahan baru.
Plot dan Goal
Pada cutscene pembukaan, sebuah animasi pendek menampilkan seseorang yang sedang tertidur di tempat tidur, di Peru, Indiana. Dia didatangi dalam mimpi oleh seekor jaguar yang menyebut dirinya sebagai jaguar Raja Inca. Jaguar tersebut menjelaskan bahwa suku Inca terancam punah oleh malaria serta penjelajah Eropa, dan pemain akan dibawa kembali ke masa lalu untuk mencari cinchona dan mengirimkannya kepada raja. Jaguar dari mimpi tersebut muncul di sepanjang permainan sebagai visi yang kabur, memberitahukan daftar barang yang diinginkan oleh Raja Inca, dan memberikan berbagai sentimen tentang hutan hujan secara umum.
Goal : Melakukan perjalanan melewati Sungai Amazon menuju suku Inca dengan membawa barang-barang yang dibutuhkan Raja.
Gameplay
Di awal permainan, pemain akan dibawa ke Belem, Brasil, dan diberi pilihan untuk memilih salah satu dari dua pemandu asli (Isabel atau Antonio), yang menawarkan saran selama permainan untuk menavigasi sungai dan menjaga perbekalan yang cukup serta kesehatan yang baik. Setiap pemandu dilengkapi dengan perbekalan yang sedikit berbeda (Antonio memiliki lebih banyak tenda, sementara Isabel memiliki lebih banyak makanan). Pemain dapat bertemu dengan berbagai orang di sepanjang sungai, mengambil foto flora dan fauna di daerah tersebut, memancing, dan berkano.
Pemain harus menavigasi perairan Amazon yang berbahaya untuk menghindari menabrak perahu lain, batang kayu, dan pusaran air atau mendayung ke anak sungai yang salah, melakukan perjalanan melalui hutan untuk mencari tanaman dan hewan eksotis untuk difoto dan diidentifikasi, menggunakan tombak untuk memancing di sungai dan kemudian mengidentifikasi apakah hasil tangkapannya dapat dimakan, dan berdagang dengan orang-orang yang ditemui di berbagai tempat pemberhentian di sepanjang sungai. Untuk membantu identifikasi, setiap kali foto diambil atau ikan ditangkap, pemain memiliki pilihan untuk memeriksa panduan, yang berisi daftar semua spesies dalam permainan kecuali “spesies baru”.
Ada beberapa bahaya yang bisa mengakibatkan game over. Perahu terbalik dapat menyebabkan hilangnya persediaan dan cedera, atau bahkan menyebabkan pemain tenggelam yang mengakibatkan permainan berakhir seketika. Saat memancing, pemain harus berhati-hati saat menombak belut listrik atau ikan pari karena hal ini dapat menyebabkan hilangnya kesehatan (meskipun ikan pari dapat dimakan). Pemain dapat tertular berbagai penyakit (termasuk malaria dan demam kuning), yang membutuhkan beberapa hari istirahat untuk pulih. Mendayung di anak sungai yang salah terlalu lama akan mengakibatkan ditangkap oleh pemburu atau penjelajah barat. Setelah mencapai kota tersembunyi tempat tinggal suku Inca, pemain dinilai berdasarkan berbagai aspek permainan, termasuk jumlah aktivitas pribadi dalam perjalanan, jumlah tanaman dan hewan yang diidentifikasi dengan benar di hutan hujan, apakah mereka mendapatkan hadiah tambahan untuk Raja Inca atau tidak, dan, tergantung pada versi gim, jumlah waktu yang dihabiskan, kesehatan pemain, dan penyelesaian misi mini. Berdasarkan faktor-faktor ini, pemain diberikan perisai yang dilapisi dengan desain. Setiap tugas yang diselesaikan akan menghasilkan permata tambahan pada perisai.
Nilai Edukasi
Aspek unik dari game ini adalah elemen perjalanan ke masa lalu, yang memungkinkan pengguna untuk mempelajari informasi sejarah selain ilmu pengetahuan. Sebelum tiba di kota atau anak sungai baru, pemain akan melewati “kabut biru” di atas sungai (garis kabut di layar). Saat tiba di sebuah tengara, pemain diberikan pilihan untuk berbicara dengan dua orang, biasanya satu penduduk asli dan satu orang Barat. Sering kali, keduanya memberikan informasi dan saran yang saling bertentangan. Kurun waktu yang dibawakan mulai dari masa kini (1993) hingga Abad Pertengahan. Tokoh-tokoh sejarah muncul, seperti Henry Ford, Theodore Roosevelt, dan Claude Lévi-Strauss. Pemain diberikan variasi sikap yang berbeda dan peran yang berbenturan yang digambarkan oleh individu yang ditemui, berkaitan dengan sejarah Amazon. Dengan demikian, The Amazon Trail memberikan edukasi mengenalkan tokoh-tokoh sejarah kepada pemain dan wawasan terkait flora dan fauna sekaligus informasi sekilas tentang beberapa penyakit. Pemain berada dalam tahap “tahu” yang awalnya tidak mengenal menjadi mendapat ilmu baru.
nrp : 05111940000071
pengulas : Daffa Amanullah Setyawan
No Responses