Review Game : Harvest Moon Back to Nature

 Uncategorized

Review Game: Harvest Moon Back to Nature

Harvest Moon versi pertama diterbitkan sebagai permainan hiburan dengan media Super Nintendo. Game ini diterbitkan pada 1997 dengan Game Victor Interactive Software sebagai pengembangnya dan Natsume sebagai perusahaan penerbitnya. Game ini langsung menangkap perhatian para pemain di Jepang karena gameplaynya yang unik dan orisinil.

Harvest Moon Back to Nature adalah sebuah permainan video game yang berisi tentang simulasi kehidupan perkebunan. Harvest Moon Back to Nature sendiri merupakan versi Harvest Moon yang diterbitkan untuk platform Play Station pada tahun 2000 dan didistribusikan ulang oleh PALAPA untuk versi Bahasa Indonesia.

Klasifikasi Game:

Judul Game     : Harvest Moon Back to Nature

Genre              : RPG, Simulasi

Tema               : Pertanian & Peternakan

ESBR Rating     : E (Everyone)

Pembuat          : Natsume

Pengembang    : Victor Interactive Software

Platform           : Playstation 1

Tahun Rilis       : 2000

 

Jalan Cerita:

Pada game harvest moon back to nature bercerita tentang seorang anak yang bernama Pete (bisa dinamai bebas untuk dimainkan Player) sebagai karakter utamanya. Ayahnya telah berjanji untuk mengajaknya berlibur bersama, tetapi tepat sebelum liburan ayahnya diminta untuk melakukan perjalanan bisnis oleh kantornya. Sehingga dia terpaksa dititipkan di perkebunan milik kakeknya. Dia perpikir akan menjadi liburan yang membosankan karena tidak ada yang bisa dilakukan di perkebunan.

Sesampainya Pete di perkebun kakeknya pada musim panas, ternyata kakeknya masih terlalu sibuk untuk mengurusi perkebunan sehingga tidak sempat mengurusi dia. Dia bermain-main sendiri di perkebunan, menunggangi sapi dan kuda sampai terjatuh. Dia juga mengejar seekor ayam, kemudian dia dikejar dengan sekompok ayam sehingga dia takut. Suatu hari Pete kecil berjalan-jalan di kota, di perbukitan, dan di puncak gunung dekat perkebunan kakeknya. Dia berbaring di sebuah padang rumput dan mendengar suara seorang gadis kecil yang seusia denganya sedang bernyanyi. Dia pun berkenalan dan akrab dengan gadis tersebut, menghabiskan waktu bersama, bernyanyi, bermain, dan bersenang-senang.

Akhirnya liburan musim panas telah usai dan tiba waktunya Pete untuk pulang ke kotanya. Tapi dia berjanji kepada gadis kecil itu kalau dia akan kembali suatu hari nanti dan menikahinya.

Beberapa tahun kemudian, kakeknya meninggal dan mewariskan perkebunannya kepada Pete. Pete yang sekarang telah tumbuh menjadi seorang pemuda yang tampan. Dia pun mengambil alih perkebunan tersebut yang tidak terawat setelah meninggal kakeknya. Saat Pete mengunjungi perkebunan tersebut, Walikota datang menemuinya. Walikota meminta dia untuk segera membereskan perkebunan hingga kembali seperti semula jika dia ingin menjadi pemilik tetap perkebunan kakeknya. Tapi jika dia gagal memperbaiki perkebunan tersebut dan tidak bisa bersahabat dengan penduduk desa maka dia harus pergi dari desa itu. Dia diberi waktu selama 3 tahun untuk mengelolah kembali perkebunan sehingga dapat menguntungkan. Setelah itu permainan dimulai oleh kita.

Aturan Main:

  1. Pemain diberi batas waktu tiga tahun untuk mengelola kebun kembali ke masa jayanya, atau pemain akan diusir dari desa.
  2. Pemain juga diwajibkan untuk berinteraksi dengan warga desa, jika tidak maka pemain akan diusir dari desa.
  3. Terdapat empat musim dalam permainan, yaitu musim semi, panas, gugur, dan dingin. Pemain dapat menanam tanaman sesuai dengan musimnya, kecuali pada musim dingin, pemain diharuskan untuk menanam di dalam rumah kaca.
  4. Pemain dapat berternak ayam, sapi, dan domba. Ternak-ternak ini dapat menghasilkan produk yang dapat dijual setiap harinya. Hewan Ternak dapat mati jika tidak dirawat dan diberi makan.
  5. Selain hewan ternak, pemain juga memiliki seekor anjing dan seekor kuda yang harus dirawat. Anjing dan kuda ini dapat tumbuh menjadi dewasa dalam waktu satu tahun.
  6. Pemain mendapatkan uang dari menjual hasil pertanian, ternak, dan benda-benda berharga yang ada di alam liar. Pemain dapat menjual produk dengan cara menaruh produk ke dalam bin lalu menunggu untuk pembeli yang akan datang setiap hari pada pukul 5 sore.
  7. Pemain memiliki stamina yang akan digunakan dalam menjalankan pekerjaannya. Pemain dapat mengembalikan staminanya dengan cara makan, berendam di air panas, atau pun tidur. Pemain akan pingsan jika dipaksa terus melakukan pekerjaan dengan stamina yang habis.
  8. Pemain dapat mengembangkan bangunan-bangunan pada perternakannya agar lebih besar dengan cara membuat kontrak dengan tukang kayu dan memenuhi syarat yang diajukan.
  9. Pemain dapat menikahi salah satu dari lima orang gadis yang ada di desa jika telah memenuhi semua syarat pernikahan.
  10. Pemain dapat melihat perkembangan dari keseluruhan permainan pada status board. Semakin banyak pencapaian yang telah didapat, semakin tinggi pula persentase dari perkembangan permainan.

 

Konten Edukasi:

  1. Permainan Harvest Moon ini mengusung memiliki tema Pertanian dan Peternakan, maka dari itu poin edukasi utamanya adalah memberikan pemain pengetahuan bagimana cara bertani dan beternak.
  2. Harvest Moon termasuk permainan dengan genre RPG yang memiliki banyak elemen-elemen yang harus dikelola dengan benar agar dapat pemain dapat berkembang. Poin edukasi disini adalah pemain dapat belajar mengelola barang-barang yang dimilikinya agar dapat digunakan dengan efesien.
  3. Dalam permainan Harvest Moon terdapat uang yang digunakan sebagai alat jual-beli. Pemain harus pandai mengatur untuk apa uang yang dihabiskan agar tetap dapat bertahan sampai tahun ketiga. Pengelolaan finansial menjadi poin edukasi selanjutnya dari permainan ini.
  4. Berinteraksi dan menjaga hubungan baik dengan warga desa merupakan salah satu tugas pada permainan ini. Di sini pemain diharuskan untuk bersosialisasi dengan penduduk desa agar mendapatkan informasi yang belum diketahui. Poin edukasi kali ini adalah bersosialiasi dengan orang lain.
  5. Pemain dapat mempekerjakan kurcaci untuk mengurus kebun pada tahun kedua. Pemain harus memberikan para kurcaci hadiah agar mau bekerja dengan giat. Edukasi pada poin ini adalah menjadi atasan yang baik dan adil kepada pekerjanya.
  6. Dalam permainan Harvest Moon, pemain dapat menikah dengan salah satu dari kelima gadis yang ada di desa. Untuk dapat menikahi gadis pujaan, pemain harus mendapatkan hatinya terlebih dahulu. Apakah mengetahui cara mendapatkan hati seorang gadis adalah poin edukasi ? mungkin saja.

 

Screenshot dalam permainan:

Memanen di kebun

Membersihkan kebun

Mengurus ayam

Mengurus sapi dan domba

 

Mengikuti festival tomat

Video Game Play:

Nama : Muhammad Ivan Riansyah Putra

NRP   : 05111640000093

Author: 

No Responses

Tinggalkan Balasan