Pada tahun 1997, Microsoft Games dan Ensemble Studios membuat sebuah permainan yang bisa dibilang populer dan dikenal hingga saat ini, yakni Age of Empire. Age of Empire merupakan permainan bergenre simulasi perang dan real-time strategy yang bertemakan tentang sejarah.
Secara ringkas, gameplay dari permainan ini (merujuk pada Age of Empires II) adalah menciptakan risors sedemikian rupa sehingga kuat untuk menaklukan kerajaan yang dibuat oleh musuh. Dalam perkembangan risors nya, permainan dibagi dalam zaman-zaman (contohnya dari zaman kegelapan/Dark Age sampai zaman penaklukan/ Imperial Age). Dalam zaman-zaman ini, zaman awal bangunan sangat dibatasi sehingga player harus dengan sedemikian rupa menciptakan risors yang robust sehingga dapat maju ke zaman selanjutnya hingga pada akhirnya dapat “mencaplok” kerajaan lawan. Permainan dikatakan selesai apabila TownHall dari lawan sudah dihancurkan dan negara berhasil dicaplok oleh salah satu pemain.
Hal yang dulu (10 tahun yang lalu) membuat saya adiktif dalam permainan ini adalah kemampuan real-time dari simulasi game ini. Pemain tidak dituntut untuk berpikir permainan game secara optimal dan statis, melainkan pemain dituntut untuk berpikir dinamis dan empiris karena dalam permainan ini, harus memiliki insting yang benar tentang kapan harus bangun risors, kapan harus memprovokasi kerajaan lawan, hingga kapan harus benar-benar menggempur lawan dengan risors yang dimiliki.
Berikut ini adalah satu video mengenai gameplay dari permainan berikut ini:
Nama: Steven Candra
NRP: 5115100068
No Responses