Sim City : Build It

 Asah Otak, Bisnis, Matematika, Review Game Edukasi, Simulasi

Link ke Google Play : https://play.google.com/store/apps/details?id=com.ea.game.simcitymobile_row

Genre : Simulasi, Strategy, Casual

Penulis : I Gede Bandem Suardika Jaya (5113100014)

Deskripsi Game

Sim City Build It merupakan salah satu seri game The Sims dan The Sims City yang dirilis oleh Electronic Arts yang telah mengalami berbagai penyempurnaan dan kini hadir dalam platform Android. Game ini mendapatkan rating 7+ berdasarkan PEGI dan cocok dimainkan oleh anak remaja. Seperti pada seri sebelumnya yang tersedia pada platform Desktop, Sim City Build it bertemakan simulasi membangun sebuah kota dengan player sebagai mayor dari kota tersebut untuk meningkatkan jumlah populasi yang tinggal di kota tersebut. Player dapat membangun berbagai macam bangunan yang tersedia dengan mata uang simoleon dan resource yang tersedia. Setiap kali player membangun ataupun mengupgrade bangun ke level yang lebih tinggi, player akan mendapatkan EXP, simoleon dan tambahan populasi. Dengan mengumpulkan EXP, player dapat meningkatkan levelnya dan membangun jenis bangun baru.

Gameplay

Game ini bertujuan untuk meningkatkan jumlah populasi yang tinggal di kota yang player bangun. Seperti layaknya kota di dunia nyata, pasti terjadi permasalahan yang timbul seperti macet, kekurangan suplai energi listrik dan air bersih, masalah sampah & limbah, semuanya telah disimulasikan dalam game ini yang membuatnya semakin menarik dan terasa nyata. Untuk meningkatkan populasi ada beberapa cara yang dapat dilakukan. Cara yang paling mudah yaitu dengan membangun residential area sebanyak –  banyaknya dan mengupgradenya setinggi mungkin. Namun konsekuensinya, level player akan sangat cepat menjadi tinggi dan membuka berbagai bangunan baru yang akan menambah permintaan akan bangunan tersebut. Cara kedua yaitu selain dengan membangun residential area yang cukup dengan level bangunan yang tinggi, player dapat membangun taman sebanyaknya di sekitar residential area untuk meningkatkan jumlah populasi serta menjaga happiness populasi tetap tinggi. Cara ketiga yaitu dengan memenuhi permintaan layanan publik setiap populasi. Layaknya perumahan di dunia nyata, diperlukan adanya pembangkit listrik, pemompa air, penampungan limbah, jalur pipa, pemadam kebakaran, kepolisian, rumah sakit hingga fasilitas pendidikan dan transportasi publik. Namun untuk membangun semua fasilitas tersebut membutuhkan biaya yang sangat besar sehingga player harus merencanakan lokasi yang optimum untuk setiap fasilitas tersebut. Untuk mendukung berjalannya kota, diperlukan juga area industri yang memproduksi bahan mentah serta kompani yang mengolah bahan mentah tersebut menjadi barang yang dapat digunakan untuk mengupgrade bangunan. Selain populasi, hal terpenting lainnya adalah uang atau simoleon dalam gae ini. Untuk mendapatkan simoleon, player dapat menjual barang – barang yang diproduksi ke player lain maupun membelinya untuk dijual lagi.

Fitur

  • Famous Landamark

  • Future City (City of Tommorow)

  • Disaster Challenge

  • Day and Night City Life

  • Beach and Mountain Area

Trailer

Konten Edukasi

Ada banyak konten edukasi yang bisa didapatkan dari game ini. Game ini sangat bermanfaat untuk yang bercita – cita untuk menjadi kepala daerah khususnya walikota dan ahli di bidang tata ruang kota dan perencanaan wilayah kota. Game ini melatih kemampuan manajerial dan kesabaran player. Kemampuan manajerial yang dimaksud dapat dalam artian luas maupun dalam artian sempit seperti manajerial uang, waktu, perencanaan dan lain – lain. Selain itu, game ini juga melatih kemampuan sosial karena player dapat berinteraksi atau bahkan terinspirasi dengan player lain.

Bandem Suardika Jaya

Create your badge

Author: 

No Responses

Tinggalkan Balasan