Review Realitas Visual – Taman Pelangi, Ikon Hijau di Pinggiran Kota Surabaya

 Tugas Kuliah Realitas Virtual

taman pelangi 1

KLIK DI SINI UNTUK VIDEO

Anda mungkin sudah banyak mendengar bahwa terdapat banyak taman hijau terhampar di Surabaya. Di seluruh sudut kota, Pemerintah kota Surabaya aktif membuat taman-taman hijau untuk menyegarkan sudut-sudut kota yang panas dan gersang. Taman-taman yang terkenal diantaranya Taman Bungkul, Taman Flora, Taman Apsari, Taman Prestasi, Taman Lansia, dan tidak ketinggalan juga Taman Pelangi.

Map

Tampak Atas Taman Pelangi dari Google Maps

Berbeda dengan kebanyakan taman kota di Surabaya, letak Taman Pelangi adalah yang terjauh dari pusat kota Surabaya. Terletak di Jalan Ahmad Yani, Surabaya, Taman Pelangi merupakan Ruang Terbuka Hijau merangkap ruang publik yang dapat dijangkau oleh semua kalangan. Menemukan Taman Pelangi tidaklah sulit, banyak rute angkutan umum dalam kota Surabaya melewati Taman Pelangi. Taman Pelangi juga sangat mudah dikenali, cukup perhatikan saja tiang putih yang berjajar tertata rapi menyerupai gelombang sehingga menarik perhatian pengunjung yang melewatinya. Letak Taman Pelangi berseberangan dengan kantor Bulog, sehingga apabila Anda tertarik untuk mengunjungi taman ini namun tidak memiiliki kendaraan pribadi yang bisa digunakan, Anda dapat naik angkutan umum dan turun di depan kantor Bulog lalu jalan sedikit untuk mencapai Taman Pelangi.

taman pelangi 46

taman pelangi 57

taman pelangi 68

Perbandingan Simulasi (Kiri) dengan Asli (Kanan)

Taman Pelangi memiliki arsitektur pilar-pilar unik bergelombang sebagai ikon utama taman ini.Di sebelah kiri belakang taman terdapat tanaman-tanaman merambat yang ditata pada atap serong sehingga menyerupai terowongan hijau. Lalu terdapat area pijat akupuntur yang terbuat dari batu kerikil yang disusun rapi dengan pagar besi kecil mengapit jalan itu. Disekitar Taman pelangi terdapat banyak tanaman, baik pohon-pohon besar maupun tanaman semak dan rumput-rumputan. Dibelakang taman terdapat area parkir yang dapat digunakan pengunjung untuk memarkir kendaraan yang mereka bawa.

taman pelangi 23

taman pelangi 3 4

taman pelangi 85

Perbandingan Simulasi (Kiri) dengan Asli (Kanan)

Taman Pelangi telah memenuhi 3 syarat penting sehingga layak disebut sebagai Ruang Terbuka Publik yang baik yakni dapat memfasilitasi pengunjung untuk melakukan berbagai kegiatan secara nyaman dan aman, dapat menerima berbagai kegiatan dari berbagai lapisan masyarakat tanpa adanya diskriminasi, serta memiliki ikon yang khas sehingga mudah dikenal oleh banyak orang.

taman pelangi 71

Perbandingan Simulasi (Kiri) dengan Asli (Kanan)

Untuk membuat program ini kami menggunakan Blender versi 2.69 sebagai tools untuk memodelkan objek Taman Pelangi serta Unity versi 4.3.4F1 sebagai tools untuk membuat lingkungan sekitar Taman Pelangi.

 

Oleh:
Widyasari Ayu Wibowo 5111100085

Uswatun Hasana Kunio 5111100051

Mentari Queen Glossyta 5111100041

Author: 

No Responses

Tinggalkan Balasan