Final Project: Augmented Reality McDonalds Mulyosari

 Tugas Kuliah Realitas Virtual, Uncategorized

Augmented Reality (AR) merupakan teknologi yang menggabungkan benda maya dua ataupun 3 dimensi kedalam sebuah lingkungan nyata tiga dimensi lalu memproyeksikan benda maya tersebut dalam bentuk nyata, namun tidak semuanya diproyeksikan. augemnted reality hanya menambahkan atau melengkapi kenyataan dengan benda yang ada di dunia maya.

Kali ini kami mencoba membuat AR gedung Mcdonalds Mulyosari, Sukolilo Surabaya. Mcdonalds ini berbeda dari mcdonalds lainnya di surabaya bagi anak ITS, karena tempat ini merupakan tempat yang biasanya dikunjungi oleh mahasiswa ITS untuk rapat dan untuk mengerjakan tugas hingga dini hari. karena tempat ini buka 24 jam, tak heran tempat ini selalu ramai dan menjadi alternatif bagi anak ITS untuk melakukan segala hal disana, seperti makan, rapat, “cangkruk”.Wifi dan sumber listrik yang memadai merupakan fasilitas yang di berikan oleh Mc donalds mulyosari.

Gedung Mc Donalds Mulyosari terdiri dari tiga lantai. Namun mcdonalds hanya menggunakan lantai ke-satu untuk digunakakan beroperasi, sedangkan sisanya digunakan untuk keperluan lain. Ruangannya terbagi menjadi dua, ada yang di dalam dan ada yang diluar. Bangunan mc donalds mulyosari ini termasuk unik karena terdapat bangunan berbentuk segi 8 di pojok kiri depan. Arsitektur yang cukup menarik. Ditambah dengan banyaknya kaca yang menghiasi sekitar gedung, sehingga tampak dari luar keadaan didalam gedung.

Untuk pengerjaan tugas Augmented Reality Mcdonalds ini kami menggunakan tools Sketch-up untuk membuat bentuk model gedungnya dan unity untuk membuat simulasi ARnya. Sketch up biasa digunakan untuk membuat sketsa bangunan. caranya cukup mudah untuk menggunakan tools ini. penteksturan dan pewarnaan gedung juga di lakukan di sketch up ini.
unity digunakan untuk membuat animasi. disini terdapat pengaturan kamera dan pencahayaan juga. untuk membuat AR, cukup mendownload plug innya. kami menggunakan Vuforia. Vuforia merupakan software untuk augmented reality, yang menggunakan sumber yang konsisten mengenai computer vision yang fokus pada image recognition.

Cara menggunakan program ini sangat mudah. Kami telah menyediakan selembar kertas bergambar yang kami sebut ‘Marker’. marker telah di kenalkan sebelumnya pada program, jadi apabila marker tersebut di perlihatkan di depan kamera maka akan muncul gambar maya (dalam kasus ini gedung Mc donalds) diatas kertas/marker tadi. marker ini sensitif, apabila gambar tidak tepat pada kamera maka gambar maya tersebut tidak akan muncul.

IMG_0833 3

IMG_08302

IMG_0836 1

 

5110100196 – Grezio Larasati

5111100186 – Astari Larasati

5111100193 – Yoko Mashonia Panjaitan

Author: 

No Responses

Tinggalkan Balasan