Chemystery – Ulasan Game untuk Tugas Akhir

 Review Game Edukasi, Tugas Kuliah Game

Chemystery merupakangameedukasi bergenre platform dengan tema fantasi yang kami kembangkan untuk memenuhi tugas final project Matakuliah Topik Dalam Pengembangan Game. Bidang edukasi yang diangkat padagame ini difokuskan pada mata pelajaran kimia. Sisi edukasi ini dimasukkan ke dalam skenario permainan.

Skenario Permainan

PadaChemystery seorang pemain bertugas untuk mengendalikan karakter utama padagameini, yaitu seorang profesor dengan kemampuan khusus. Profesor tersebut dapat menggabungkan unsur-unsur hingga menjadi senyawa tertentu. Ia juga dapat mereaksikan senyawa-senyawa menjadi senyawa atau zat lainnya. Dengan menggunakan zat-zat tersebut ia akan dapat mengalahkan musuh-musuhnya.

Profesor Chemystery

Karakter profesor pada Chemystery

Representasi senyawa-senyawa kimia pada Chemystery

Representasi senyawa-senyawa kimia pada Chemystery

Musuh yang harus di hadapi pemain di dalamgame ini dibedakan menjadi 4 jenis, yaitu musuh berbentuk bom dengan api di kepalanya, musuh yang terbuat dari besi, musuh berbentuk ular kobra raksasa, dan musuh berbentuk sebuahslime penyakit atau kuman. Masing-masing musuh hanya dapat dikalahkan dengan zat tertentu. Pemain harus mengarahkan sang profesor untuk mencari kemudian membuat senyawa atau zat-zat tertentu sehingga dapat mengalahkan musuh-musuhnya. Namun pemain harus tetap waspada agar tidak mengambil atau membuat senyawa yang dapat membahayakan profesor.

Karakter musuh pada Chemystery

Karakter musuh pada Chemystery

Nilai Edukasi

Selama permainan berlangsung pemain akan mendapatkan beberapa informasi mengenai kegunaan suatu unsur atau senyawa termasuk bahaya yang dapat ditimbulkannya beserta persamaan reaksi kimianya. Informasi-informasi ini secara tidak langsung juga akan menjadi petunjuk selama memainkan Chemystery. Dari sini seorang pemain secara tidak langsung akan mengenal dan mempelajari berbagai macam reaksi pada unsur atau senyawa kimia sekaligus kegunaan dari zat yang dihasilkan. Pemain tidak sadar jika ia sedang mempelajari materi kimia karena di dalam game ini materi dikemas sebagai petunjuk dan bagian dari permainan. Dengan demikian sisi fun dari game ini tidak hilang dan pemain juga tidak akan cepat bosan.

Video Trailer

Lihat video trailer Chemystery di sini

Screenshoot

Home Screen

Home Screen

Contoh informasi tentang suatu reaksi kimia

Melawan musuh berbentuk bom
Melawan musuh berbentuk bom
Melawan musuh besi

Melawan musuh berpakaian dan bertameng besi

Melawan musuh ular kobra raksasa

Melawan musuh berupa ular kobra raksasa

Melawan kuman-kuman berbentu slime

Melawan kuman-kuman berbentuk slime

Anggota Kelompok

Khoirul Umam (NRP 5113201017)

Gulpi Qorik Oktagalu Pratamasunu (NRP 5113201021)

Author: 

No Responses

Tinggalkan Balasan