Simulasi Imunisasi di Posyandu

 Uncategorized

Aku anak sehat tubuhku kuat.. Karena ibuku rajin dan cermat.. Semasa aku bayi selalu diberi ASI.. Makanan bergizi dan imunisasi..  Berat badanku ditimbang selalu.. Posyandu menunggu setiap waktu.. Bila aku diare ibu selalu waspada.. Pertolongan oralit selalu siap sedia..

Lirik lagu di atas tentu tidak asing di pendengaran kita. Lirik lagu di atas merupakan lirik lagu Aku Anak Sehat yang menjadi lagu wajib Posyandu. Lagu ini populer di era 90an di mana Posyandu berkembang dengan pesat. Lagu ini mengampanyekan tentang pentingnya pergi ke Posyandu secara berkala demi menunjang kesehatan anak serta melakukan pemantauan dini terhadap tumbuh kembang anak.

Posyandu merupakan fasilitas yang ada di masyarakat yang berperan dalam menunjang kesehatan masyarakat. Salah satu kegiatan yang dilaksanakan di Posyandu adalah kegiatan penimbangan berat badan serta imunisasi untuk bayi dan balita. Namun, rupanya saat ini Posyandu kurang banyak mendapatkan sambutan serta respon positif dari masyarakat kita. Salah satu penyebab menurunnya tingkat antusiasme masyarakat adalah karena kesibukan masyarakat yang mengakibatkan kurangnya pengetahuan masyarakat mengenai kegiatan di Posyandu. Dengan kurangnya waktu serta pengetahuan mengenai kegiatan di Posyandu menyebabkan rendahnya minat masyarakat semakin menurun.

Permainan simulasi ini adalah sebuah permainan yang menyajikan sebuah situasi kepada pemainnya yang menggambarkan situasi yang ditemui di dunia nyata. Permainan simulasi merupakan salah satu cara terbaikuntuk menyampaikan beberapa nilai dan informasi kepada pemain secara efektif serta edukatif secara menyenangkan. Selain itu, sebuah permainan dapat dengan mudah untuk dimiliki dan dimainkan oleh siapa saja. Dengan mempertimbangkan poin-poin yang telah disebutkan di atas, tim kami menawarkan sebuah aplikasi permainan simulasi berjudul “Simulasi di Posyandu”. Permainan ini diharapkan dapat memberikan pemahaman dan pembiasaan diri dengan beberapa kegiatan yang dilaksanakan di Posyandu.

1

Gambar 1. Tampilan Utama

Skenario

Pada awalnya pemain akan masuk ke tampilan menu utama. Kemudian pemain bisa memilih beberapa menu yang terdapat pada tampilan utama dari permainan ini. Beberapa menu yang ditawarkan antara lain yaitu menu Credit, menu Quit, dan menu Start. Menu-menu tersebut memiliki fungsi serta fasilitas yang berbeda. menu Credit akan mengantarkan pemain untuk melihat halaman informasi mengenai kontributor dalam permainan ini. Selanjutnya adalah menu Start yang berfungsi untuk melanjutkan pada permainan yang disediakan. Setelah memilih menu Start, pemain akan diposisikan sebagai seorang ibu yang hendak membawa anaknya untuk pergi ke Posyandu. Pada setiap langkah simulasi yang dijalankan, tersedia informasi yang dituliskan secara naratif pada setiap tampilan permainan. Selain menu Credit dan menu Start, tersedia pula menu Quit. Menu Quit ini merupakan menu yang memfasilitasi pemain apabila pemain hendak keluar dari permainan.

Setelah pemain memasuki permainan, pemain akan langsung menjalankan simulasi yang terdapat dalam permainan ini. Simulasi ditunjang dengan deskripsi naratif yang terdapat di bagian bawah tampilan. Untuk bisa melanjutkan simulasi yang berjalan si permainan ini, telah disediakan tombol Next. Apabila pemain telah berhasil menyelesaikan simulasi, maka akan muncul tampilan yang menyatakan pemain tersebut telah berhasil menyelesaikan permainan.

Menu dan Deskripsi Layar

Berikut ini merupakan penjelasan mengenai menu dan deskripsi layar tampilan pada permainan ini.

Menu Utama

Menu utama adalah menu yang ditampilkan pada saat pemain mulai memasuki permainan ini. Pada menu utama terdapat beberapa tombol yang memiliki fungsi masing masing. Terdapat beberapa pilihan yang dapat dipilih pemain dalam menu utama:

  • Menu Credit

Menu ini digunakan untuk menuju halaman keterangan tim pembuat permainan ini.

  • Menu Start

Menu ini digunakan untuk memulai permainan dan memasuki simulasi yang ada di dalam permainan ini.

  • Menu Quit

Menu ini digunakan untuk keluar dari permainan.

Gambar 1 menggambarkan tampilan awal dari permainan yang di dalamnya terdapat beberapa menu utama yang bisa dipilih oleh pemain.

Setelah memilih menu Start pada halaman utama, maka pemain akan langsung memasuki simulasi yang disediakan. Pada halaman simulasi terdapat narasi yang penjelaskan tentang proses yang harus dilalui oleh pemain. Di bagian kanan atas tampilan permainan, terdapat menu Next untuk berpindah ke halaman selanjutnya.

Gambar 2. Tampilan Halaman Simulasi

Gambar 2. Tampilan Halaman Simulasi

Gambar 3. Tampilan Halaman Simulasi

Gambar 3. Tampilan Halaman Simulasi

Setelah melewati beberapa halaman simulasi, pemain akan bertemu dengan halaman simulasi yang menampilkan memerapa menu pilihan. Menu ini berbentuk tombol yang dibuat sedemikian rupa sehingga mudah dimengerti kegunaannya oleh para pemain. Setiap tombol mewakili hal-hal yang harus ibu lakukan di Posyandu. Menu tersebut antara lain adalah menu Registrasi, menu Timbang Berat Badan, dan menu Imunisasi. Setelah memilih salah satu tombol, maka pemain akan memasuki halaman permainan sesuai dengan keterangan yang tertulis di tombol tersebut.

 

Gambar  4. Tampilan Halaman Simulasi

Gambar 4. Tampilan Halaman Simulasi

Gambar 5. Tampilan Halaman Simulasi

Gambar 5. Tampilan Halaman Simulasi

Gambar 6. Tampilan Halaman Registrasi

Gambar 6. Tampilan Halaman Registrasi

Gampar 7. Tampilah Halaman Timbang Berat Badan

Gampar 7. Tampilah Halaman Timbang Berat Badan

Gameplay

Berikut ini merupakan cara memainkan permainan Simulasi Imunisasi di Posyandu:

  1. Pemain harus mengikuti tombol Next yang telah disediakan dalam game.
  2. Pada halaman persiapan barang, pemain harus memilih barang-barang yang harus dibawa ke Posyandu. Jika barang yang dipilih benar maka, pemain akan mendapatkan nilai atau skor. jika salah, pemain akan mendapatkan pengurangan nilai atau skor.
  3. Kemudian pemain akan mengikuti alur simulasi hingga tiba di halaman game imunisasi. Disini, pemain harus mengumpulkan banyak suntikan imunisasi hingga mencapi poin lebih dari 4100 agar dapat memeperoleh imunasasi yang sukses.
Gambar 8. Tampilan Halaman Imunisasi

Gambar 8. Tampilan Halaman Imunisasi

 

Kontrol permainan dibuat sedemikian rupa sehingga pemain dapat mensimulasikan tatacara melakukan imunisasi di Posyandu layaknya di kehidupan nyata. Control permainan dilakukan dengan menggunakan mouse untuk menekan tombol atau menu yang tersedia. Selain menggunakan mouse, dalam permainan ini juga digunakan beberapa tombol berikut ini:

  • Tombol panah atas

Tombol ini berfungsi untuk bergerak ke arah atas.

  • Tombol panah bawah

Tombol ini berfungsi untuk bergerak ke arah bawah.

  • Tombol panah kanan

Tombol ini berfungsi untuk bergerak ke arah kanan.

  • Tombol panah kiri

Tombol ini berfungsi untuk bergerak ke arah kiri.

Pemain menggunakan tombola arah tersebut untuk mengambil item berupa suntikan imunisasi yang tersedia. Pemain juga harus menghindari rintangan berupa permen yang bergerak secara acak. Apabila pemain terkena permen tersebut maka pemain dinyatakan gagal dalam permainan ini. Tampilan permainan pada bagian imunisasi dapat dilihat pada Gambar 8.

Aspek Realitas

Realitas Fakta

Realitas fakta yang ada di dalam permainan ini yaitu proses-proses yang dilakukan di dalam permainan ini sesuai dengan yang ada di kehidupan nyata.

Realitas Proses

Realitas proses yang ada di dalam permainan ini yaitu urutan proses yang harus dijalani oleh pemain, disesuaikan dengan realita yang ada di dunia nyata. Di dunia nyata, pasa saat hendak melakukan imunisasi di Posyandu, seseorang harus melakukan proses registrasi guna pendataan terhadap pasien yang akan menjalani imunisasi ataupun pemeriksaan.

Realitas Visual

Realitas virtual digambarkan dengan adanya berbagai item yang memiliki bentuk sesuai dengan yang ada di dunia nyata. Selain bentuk, barang-barang yang yang disediakan juga disesuaikan dengan barang-barang yang diperlukan oleh ibu dan anak yang hendak pergi ke Posyandu.

Video Play Demo

 

Mata kuliah Realita Visual Kelas B

Anggota Kelompok :

Linda Nur Faizah (5110100021)

Orysa Nur Permata Sari (5110100086)

Ika Astutik (5110100147)

Linda Izza | Create Your Badge

Ika Astutik | Create your badge

Orysa Nur Permata Sari | Create Your Badge

Author: 

No Responses

Tinggalkan Balasan