UTS_RealitasVirtual_B_FlyToAnywhere

 Review Game Realitas Virtual

Fly to Anywhere

fly

Saat hari liburan tiba, biasanya banyak orang yang ingin berwisata ke luar daerah, bahkan ke luar negeri. Biasanya, orang kebanyakan menggunakan pesawat sebagai alat transportasi untuk pergi liburan. Namun, masih banyak orang juga yang tidak mengetahui bagaimana cara pergi ke luar daerah maupun ke luar negeri dengan menggunakan pesawat. Oleh karena itu, diperlukan suatu sarana yang membantu memudahkan orang untuk pergi liburan menggunakan pesawat, dalam bentuk game simulasi.

Game Fly to Anywhere bertemakan edukasi tentang simulasi terbang ke luar negeri menggunakan pesawat. Game ini dibuat dengan aplikasi Construct 2 dan berbasis dekstop. Mulai dari pembelian passport dan tiket, sampai tiba di bandara tujuan akan disimulasikan dalam game ini. Di dalam game ini juga dituntut ketepatan waktu, karena akan mempengaruhi nilai skor yang akan muncul di akhir permainan.

Cara Bermain
Dalam game Fly to Anywhere, pemain dituntut untuk mengikuti langkah-langkah atau step pada game, dengan cara klik tombol kiri mouse pada button yang tersedia pada setiap layout. Setiap button yang di-klik akan berpindah ke layout yang lain dan berisi instruksi yang berbeda pula.

1

 

3

Skenario
Latar game pertama kali adalah pemain yang sedang berada di rumahnya. Pemain adalah orang yang ingin pergi ke luar negeri. Misi utamanya adalah bisa sampai ke negara tujuan, dengan mendapatkan skor setinggi-tingginya.

ske

Sebelum memulai permainan, ada 2 menu game yang bisa dipilih pemain; menu START dan About Us. Menu START dipilih ketika pemain ingin langsung memulai permainan. Menu About Us dipilih ketika pemain ingin mengetahui siapa yang terlibat dalam pembuatan game Fly to Anywhere.

2

4

 

Penilaian fakta / realitas dalam game

1. Realitas skenario
Data-data yang disertakan dalam game
Petugas-petugas yang terlibat agar orang tersebut bisa ke luar negeri juga sesuai dengan dunia nyata. Contoh : ada petugas imigrasi, dan petugas untuk urus Visa.

1

Bahasa yang digunakan pada game ini adalah bahasa sehari-hari orang-orang yang ada di Indonesia. Ketika sudah sampai di luar negeri, maka bahasanya pun, berganti ke bahasa asing (English). Contoh : saat tiba di bagian imigrasi bandara San Fransisco.

2

Atribut objek atau karakter
Karakter-karakter pada game ini sesuai dengan dunia nyata, dan bentuknya seperti manusia di dunia nyata. Contoh : aktor utama, dan petugas check in.

3

2. Realitas proses
Urutan proses
Urutan proses ke luar negeri menggunakan pesawat pada game, sesuai dengan realita di dunia nyata. Hal ini akan terlihat jika game telah dimulai, maka akan jelas terlihat urutan proses yang sesuai dengan dunia nyata. Contoh : tidak bisa check in, jika belum beli passport atau tiket.

4

3. Realitas audio visual
Visual
Realitas visual dalam game yang sesuai dengan dunia nyata, berupa latar tempat setiap layout game yang sesuai dengan dunia nyata. Contoh : Latar layout saat ambil bagasi dan layout bagian imigrasi.

6

7

Selain itu, bayangan dan pencahayaan pada aktor, juga membuat aktor semakin nyata.

6

Video Fly To Anywhere

Tim “SATYANDRI” :

Rosalina Eka Dianty ( 5111 100 011)

Aditya Budhi Dharma (5111 100 016)

Sandri Ayunier Kusuma (5111 100 138)

Rosalina Eka Dianty

Create your badge
Sandri Ayunier Kusuma

Create your badge

Author: 

No Responses

Tinggalkan Balasan