Review Game Match Fact Basketball

 Review Game Edukasi

Permainan yang dibuat oleh www.abcya.com ini mengkombinasikan antara edukasi matematika untuk anak usia 9-11 tahun dengan permainan basket. Dalam permainan ini terbagi menjadi 3 pilihan level yaitu easy, medium, dan hard.

Dan untuk permainan matematikanya terbagi menjadi 4 pilihan yaitu penjumlahan, pengurangan , perkalian dan pembagian. Pemain juga disajikan 4 pilihan virtual player untuk bermain basket.

Aturan Main

Dalam game ini pemain bertugas membantu virtual player tersebut untuk mengumpulkan lima bola basket yang akan digunakan untuk bermain basket dengan cara menjawab soal – soal matematika sesuai dengan tingkat kesulitan dan pilihan game matematika yang telah dipilih. Jika pemain menjawab benar maka jumlah bola akan bertambah, tetapi jika salah maka bola yang sudah didapatkan akan hilang semua, dan pemain harus mengumpulkan bola dari awal lagi. Jika pemain menjawab 5 soal secara benar, maka semua bola dapat terkumpul sehingga virtual player dapat memulai permainan basketnya. Permainan basket ini hanya melakukan shooting jauh ke arah ring basket, cara untuk memasukkan bola kedalam ring adalah dengan melakukan pencocokan koordinat horizontal dan vertikal dari bola basketnya pada titik tengah, jika koordinat horizontal dan vertikal tepat pada titik tengah maka bola yang dilempar akan masuk ke dalam ring basket tapi jika koordinat horizontal dan vertikal melenceng dari titik tengah maka bola basket kemungkinan tidak akan masuk ke dalam ring basket. Dalam game ini tidak ada kondisi menang ataupun kalah karena bersifat edukasi, sehingga kondisi akhir permainan akan sama yaitu pilihan untuk mengulang permainan atau memilih level yang berbeda, baik pemain berhasil memasukkan semua bola ataupun gagal memasukkan semua bola.

Nilai Edukasi

Nilai edukasi dalam game ini adalah melatih anak usia 9 – 11 tahun untuk belajar matematika baik penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian. Tetapi selain unsur melatih kemampuan matematika, permainan lempar bola basket yang disajikan dalam permainan ini juga baik untuk menstimulasi kemampuan otak (lobus frontal dan lobus occipital) anak yang sedang dalam usia berkembang untuk melatih koordinasi tangan dan mata anak secara visual untuk mendapatkan koordinat bola yang tepat.

Alasan Dipilih Menjadi Game Terbaik

Alasan game ini dipilih menjadi game yang terbaik karena game ini memiliki nilai edukasi yang sesuai untuk target pemain di usia 9-11 tahun. Pada usia tersebut anak – anak masih dalam tahap perkembangan otak yang baik sehingga dengan memainkan game ini dapat melatih kemampuan matematika dalam kemasan yang menyenangkan. Game ini juga tidak hanya terfokus pada penyajian soal – soal matematika tetapi menggabungkannya dengan permainan bola basket, inilah yang memicu anak – anak untuk tidak meninggalkan game ini secara cepat, karena anak – anak terpacu untuk bisa mendapatkan bola yang nantinya digunakan untuk meneruskan ke permainan bola basketnya, dimana permainan bola basket tersebut juga memiliki keuntungan untuk otak anak yang telah dijelaskan dalam bagian sebelumnya.

Platform : flash

Link game : Klik disini

Video :

Reviewer : DENNI ALDI RAMADHANI – 5113201029

Denni Aldi Ramadhani

Buat Lencana Anda

Author: 

No Responses

Tinggalkan Balasan