Review Game Edukasi: WORLD OF GOO

 Asah Otak, Fisika, Review Game Edukasi

Developer : 2D Boy

Publisher : 2D Boy, Nintendo (WiiWare)

Designer : Kyle Gabler, Ron Carmel

Platform : OS X, Microsoft Windows, Linux, iOS, WiiWare, Android, OnLive, BlackBerry

Tanggal rilis : 13 Oktober 2008

Genre : puzzle

Ranting : ESRB


Ulasan

World of Goo merupakan permainan puzzle berbasis fisika dengan desain dan tampilan yang menarik. Permainan ini cukup terkenan dan telah memperoleh banyak penghargaan. Permainan ini dibagi menjadi lima bagian, masing-masing berisi beberapa tingkatan. Setiap tingkat memiliki tema grafis dan musik sendiri, memberikan suasana yang unik.

Terdapat koloni “Goo Balls”World-of-goo-icon yang dapat melekat autigone-goo-balls-20280satu sama lain. Goo Balls digunakan untuk membangun struktur Goo, misalnya: menara, jembatan, dll yang mengarah pada pembukaan saluran pipa. Sesampai di sana, mereka dikumpulkan oleh World Goo Corporation.

Teka teki terpecahkan jika pemain dapat membebaskan Goo Balls sejumlah target yang ditentukan di tiap levelnya. Sebaliknya, jika jumlah Goo Balls tidak mencapai target (bisa jadi karena terlalu banyak yang digunakan untuk membuat bangunan) maka pemain tidak bisa menuju level selanjutnya.

Cara untuk membangun struktur Goo cukup mudah. Klik pada Goo Ball dan tarik ke arah yang kita inginkan. Akan tampak garis-garis putih yang menunjukkan bagaimana Goo Ball akan melekat pada struktur yang sudah dibangun. Kita perlu terus membangun hingga Goo Balls berada dalam jangkauan pembukaan pipa. Dan yang perlu diperhatikan, setiap teka-teki mengharuskan kita untuk mengumpulkan sejumlah Goo Balls sedangkan jumlahnya terbatas. Ini berarti bahwa pemain harus menggunakan Goo Balls dengan tepat.

Terdapat beberapa tantangan ketika membangun struktur Goo, diantaranya adalah masalah gravitasi dan tantangan lain dalam bidang teknik dan fisika. Misalnya: bagaimana membangun jembatan yang kuat hingga tidak runtuh, bagaimana membangun pondasi yang kuat dengan jumlah Goo Balls yang terbatas, dll.

Selain tantangan yang beraneka ragam, Goo Balls yang digunakan pun bervariasi dengan fitur/karakteristik yang berbeda-beda. Dan untuk menghadapi sejumlah tantangan gravitasi, terdapat balon berwarna merah yang dapat membantu Goo Balls atau benda lain untuk “melayang”.

Terdapat juga bonus meta-permainan yang disebut World of Goo Corporation, di mana tujuannya adalah untuk membangun menara tertinggi menggunakan Goo Balls yang pemain dikumpulkan melalui jalannya permainan. Pemain dari seluruh dunia dapat bersaing.

 

Nilai edukasi

Game ini memberikan pelajaran tentang teknik dan fisika. Konsep dasar yang dapat diambil dari permainan ini yaitu berkaitan masalah gravitasi, struktur bangunan, geometri, dsb. Prinsip tersebut diperoleh ketika pemain berusaha menyelesaikan kasus yang ada. Misalnya: untuk membangun sebuah menara tinggi yang tidak runtuh maka perlu untuk membangun dasar yang luas; jembatan dengan beban bawahnya akan runtuh, sehingga sejumlah balon diperlukan untuk melawan efek gravitasi dari beban yang ada. Environment yang ada juga mengajarkan tentang konsep pengungkit, gaya, usaha, dsb.

Selain itu, permainan ini mampu mengasah kreativitas dan logika dari pemain. Keterbatasan Goo Balls yang dapat digunakan menuntut pemain dapat mengambil keputusan dengan bijak dalam menggunakan Goo Balls, hal ini juga akan semakin mengasah kemampuan motorik halus dan kreativitas pemain. Sebagai permainan jenis puzzle maka tentu membutuhkan daya logika pemain dalam menyelesaikan kasus-kasus di tiap levelnya.

 

Alasan terbaik

  • Desain dan tampilan menarik dengan efek suara yang semakin “menghidupkan” permainan.
  • Semakin “seru” karena tantangan dan medan yang bervariasi.

 

21 20 19 18 17 16 15 14 13 12 11 10 9 8 7 6 5 4 3 2 1

 

Khadijah Fahmi Hayati Holle – 5113201036

Author: 

No Responses

Tinggalkan Balasan