REVIEW GAME EDUKASI : LILI BAZAAR

 Matematika, Review Game Edukasi

Cover Lili Bazaar

Game Lili Bazaar merupakan salah satu game edukasi dengan latar belakang jual beli barang di pasar. Lili sebagai penjual sayur, buah, dan sebagainya. Lili harus melayani pelanggan sesuai dengan jenis dan banyaknya pesanan yang diinginkan pelanggan.

Capture

Pada game ini, terdapat timbangan digital yang dapat menunjukkan berat dari masing-masing barang yang dibeli oleh pelanggan. Jika pada timbangan tersebut tertera nilai yang lebih atau kurang dari jumlah barang yang diinginkan pelanggan, maka barang tersebut tidak dapat diproses untuk ditempatkan pada tas. Sehingga, perhitungan banyaknya barang harus tepat. Misalnya ditunjukkan pada gambar di bawah ini :

Capture1

Pelanggan meminta tomat dengan berat 1,4 kg. Tampak pada timbangan 1 buah tomat beratnya 150 gr. Sehingga untuk mendapatkan jumlah buah tomat sesuai dengan pesanan pelanggan, Lili harus memberikan sejumlah tomat sampai pada timbangan tersebut menunjukkan berat yang diminta pelanggan.

Setelah semua barang yang ingin dibeli pelanggan sudah terpenuhi (ditandai dengan pesanan pelanggan dicoret merah), maka Lili akan menghitung total belanja, dan pelanggan harus membayar sesuai dengan perhitungan yang dilalukan Lili.

Pembayaran yang dilakukan pelanggan harus tepat. Pada bagian ini juga dapat diterapkan operasi matematika dasar. Misalnya penggan harus membayar sebanyak 233, maka yang dilakukan adalah memberikan 100 sebanyak 2 buah, 20 sebanyak 1 buah, 10 sebanyak 1 buah, 2 sebanyak 1 buah, dan 1 sebanyak 1 buah. Hal tersebut merupakan salah satu kemungkinan kombinasi uang yang dapat dibayarkan pelanggan. Pembayaran dapat dilakukan dengan kombinasi uang yang lain, namun total yang dibayarkan harus sesuai dengan perhitungan pembayaran.

Nilai edukasi : penerapan pembelajaran operasi matematika (penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian)

Screenshot :

SS1

Pelanggan Menunjukkan Jenis dan Jumlah Barang yang dibeli

SS2

Pelanggan memberikan sejumlah uang ketika semua belanja yang dibeli sudah terpenuhi

Alasan menjadi game edukasi terbaik :

Game Lili Bazaar cocok digunakan untuk anak yang sedang belajar perhitungan matematika dasar. Objek yang digunakan adalah buah, sayuran, dan sebagainya, dengan berlatar pasar menarik untuk anak belajar. Selain itu, akan mengurangi tingkat kebosanan pada anak. Penerapannya pada game ini juga membelajarkan pada anak dalam hal melakukan jual beli barang.

Pada bagian akhir setelah pembelian barang, game ini mengharuskan untuk pemain melakukan kombinasi nilai uang, sehingga mendapatkan nilai yang sesuai dengan total nilai yang diminta pada game.

 

Video :

Video Lili Bazaar

Game Lili Bazaar dapat di download secara gratis di sini.

Platform : Android, Dekstop,iOS (iPhone/iPad)

 

NRP/Nama : 5113201019/Suastika Yulia Riska

Author: 

No Responses

Tinggalkan Balasan