Review Game : Donor Dong

 Uncategorized

cover

Donor Dong, eksplisit dari judul game yang didengar pertama kali, tentu Donor Dong merupakan game edukasi yang memiliki tujuan utama yaitu mengajak orang-orang untuk mau melakukan Donor Darah. Apa itu Donor Darah? Proses pengambilan darah dari seseorang secara sukarela untuk diberikan kepada orang lain yang membutuhkan, melalui transfusi darah.

Di Indonesia sendiri, Palang merah Indonesia(PMI) belum dapat memenuhi jumlah kebutuhan kantong darah tiap tahunnya. Kebutuhan Indonesia akan darah mencapai 4.3 juta kantong pertahun, sedangkan jumlah pendonor yang ada saat ini hanya 2.3 juta [sumber : depkes.go.id]. Kenyataannya tidak banyak orang yang tahu tentang menfaat donor darah terhadap kesehatan tubuh. Jadi, sebenarnya apa saja manfaat donor darah bagi tubuh?

  1. Menjaga Kesehatan Jantung, donor darah membuat jumlah zat besi lebih stabil
  2. Meningkatkan Produksi Sel Darah Merah, donor darah akan meregenerasi sel darah merah
  3. Membantu Penurunan Berat Badan Tubuh, donor darah membakar kalori
  4. Mendapat Kesehatan Psikologis, membantu orang yang membutuhkan akan memberikan kepuasan psikologis
  5. Mendeteksi Penyakit Serius, karena diperikasa ketika akan donor.

 Donor Dong adalah game simulasi proses pendonoran yang menunjukkan step-step yang harus dilalui untuk mendonorkan darah, disertai syarat-syarat fisik dan kesehatan yang harus dipenuhi untuk bisa melakukan donor darah. Diharapkan dari game ini user nanti bisa dicerdaskan mengenai bagaimana mendonor darah dan termotifasi untuk aktif menjadi pendonor.

video play demo

Genre : Time Management

Deskripsi Game
Alur cerita permainan ini dimulai dari seorang anak usia 17 tahun bernama Joni yang mengajak teman sebayanya bernama Jono untuk mendonorkan darahnya. Jono awalnya takut untuk mendonorkan darahnya, selain itu, ia juga tidak tahu di mana harus mendonorkan darahnya. Joni yang baik akhirnya menjelaskan langkah-langkah yang harus dilalui Jono untuk dapat melakukan donor darah. Dengan penjelasan Joni, akhirnya Jonopun berangkat ke PMI (Palang Merah Indonesia)  untuk donor darah. Di sana Jono melakukan apa yang dijelaskan oleh Joni.
Di dalam permainan ini pengguna akan berada di sudut pandang petugas rumah sakit yang akan mengantarkan tiap pasien yang ada untuk donor darah sesuai dengan peraturan donor darah yang berlaku. Petugas juga memiliki target jumlah kantong darah yang harus ia penuhi setiap harinya. So, Donor Dong 🙂

Detail Permainan
 Diawal permainan, akan dijumpai tokoh Joni yang akan mengajak Jono untuk melakukan donor darah. Joni akan menjelaskan kepada Jono mengenai tata cara donor darah. Setelah itu pemain memilih salah satu di antara 3 mode (Easy, Medium, atau Hard). Di bawah ini adalah tata cara permainan dalam “Donor Dong”.
Awal permainan, pemain akan diminta untuk memilih level permainan. Telah dijelaskan di atas bahwa dalam permainan ini terdapat 3 macam level, yaitu Easy, Medium, dan Hard. Ketiga level tersebut memberi waktu bermain selama 180 detik / 3 menit. Yang membedakan adalah detail target kantong yang harus dicapai, jumlah pendonor yang datang, dan kemungkinan prosentase kegagalan pada tiap pendonornya. Secara garis besar alur permainan simulasi donor darah ini adalah bagaimana pendonor melewati loket-loket secara berurutan dengan status pemeriksaan yang dialami.

denah

Pertama-tama, pendonor yang datang akan berada dalam ruang tunggu/antrian.

antri

Mulai dari state ini user dalam sudut pandang sebagai petugas PMI akan aktif untuk  mengarahkan pendonor melewati loket-loket yang ada, diantaranya :

 

daftar

  • Loket Pendaftaran

Dalam loket ini pendonor akan mengisi formulir terkait data dirinya. Diasumsikan semua pendonor adalah generasi muda dalam usia produktif, sehingga semua pendonor lolos untuk tahap administrasi.

 

periksa

  • Loket Pemeriksaan Petugas

Di loket ini akan dilakukan pemeriksaan terhadap Berat badan minimal 45 kg Temperatur tubuh: 36,6 – 37,5 derajat Celcius, hemoglobin minimal adalah 12,5 gram, jika kurang dilarang donor.

 

kartu

  • Loket Pengambilan Kartu

Setelah melakukan pemeriksaan, pendonor akan mengambil kartu di loket pengambilan kartu.

 

dokter

  • Ruang Periksa Dokter

Selanjutnya, pendonor akan dicek random oleh dokter di ruang periksa dokter untuk mengtahui tekanan darah (sistole/diastole) serta denyut nadi pendonor. Syaratnya, Tekanan darah sistole = 110 – 160 mmHg, diastole = 70 – 100 mmHg, denyut nadi teratur yaitu sekitar 50 – 100 kali/ menit.

 

donor

  • Ruang Donor Darah

Di ruang ini, pendonor akan berbaring di kasur dan melakukan donor darah.

 

konsum

  • Loket Konsumsi

Di loket ini pendonor akan mengambil konsumsi, dan proses donor telah berhasil. Petugas akan mendapatkan 1 poin di poin kantong.

Dalam setiap melewati loket atau pos menuju donor darah, setiap pendonor akan terlihat status loket mana yang telah dikunjungi / tidak dan hasil pemeriksaan prasyarat donor darah di tiap-tiap loketnya. Berikut sedikit cuplikan nya :
3_start1_[2]_NO 1_[4]_NO 1_[4]_OK 1_[6]

Berhasil tidak nya mendonor darah akan ditunjukkan dengan avatar seperti ini  :

2_NO atau  2_OK

Analisa Unsur Realitas

  1. Realitas Fakta
    • Langkah-langkah donor darah dilakukan di Palang Merah Indonesia seperti proses di dunia nyata.
    • Persyaratan yang harus dipenuhi oleh pendonor sesuai dengan dunia nyata.
    • Ada kemungkinan gagal bagi setiap calon pendonor yang datang untuk menyumbangkan darahnya dikarenakan tidak memenuhi syarat pendonor.
  2. Realitas Proses / Sebab Akibat
    • Ketika seseorang tidak memenuhi prasayarat mendonor, maka
  3. Realitas Kejadian Acak
    • Acaknya kemungkinan sesorang layak atau memenuhi prasyarat untuk menjadi pendonor

 

Nilai Edukasi Game

  1. Mengenalkan tata cara donor darah yang baik dan benar terkait lokasi untuk donor, proses yang harus dilalui dan persyaratan yang dibutuhkan.
  2. Salah satu sarana edukasi yang menarik untuk dipakai untuk mengajarkan tata cara donor darah, terutama bagi kaum muda yang memiliki ketakutan mendonorkan darah.
  3. Permainan yang memotivasi penggunanya untuk mencapai target kantg darah sebanyak-banyaknya, dengan demikian sedikit demi sedikit pengguna akan tersugesti untuk mendonorkan darahnya di dunia nyata guna memenuhi kebutuhan kantong darah di Indonesia.

 

 Cuplikan Permainan :

main 1

 main 2

main 3

Tim Pembuat :

Aida Muflichah_5111100020

Novita Nata Wardhani_5111100038

M.Kemal Dharmawan_5111100173

Aida Muflichah

Create Your Badge
Novita Nata W

Create Your Badge
Muhammad Kemal Darmawan

Create Your Badge

Author: 

No Responses

Tinggalkan Balasan