Review Game AGTA (Aplikasi Game Terapi – ADHD)

 Kesehatan, Review Game Edukasi, Tugas Kuliah

Ulasan Singkat & Aturan Main :

AGTA adalah sebuah game yang memiliki fungsi secara khusus untuk membantu penderita ADHD dalam proses meningkatkan konsentrasi. ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder) merupakan sebuah gangguan kejiwaan atau gangguan neurobehavioral yang ditandai dengan kesulitan yang signifikan baik dari kurangnya perhatian atau hiperaktif dan impulsif atau kombinasi dari keduanya. Orang dengan ADHD sulit untuk memahami instruksi. ADHD adalah penyakit yang tidak bisa disembuhkan. Dari data statistik yang ditemukan, 8,4% anak di dunia yang berusia 3-17 tahun menderita ADHD. Ini bukanlah jumlah yang sedikit dan perlu diperhatikan. Gejala ADHD dapat dikurangi dengan terapi, salah satunya adalah terapi cognitive behaviour. Tujuan dari aplikasi ini adalah untuk meningkatkan fokus dan konsentrasi penderita ADHD sehingga mereka dapat melakukan aktivitas seperti manusia pada umumnya.

Game ini menggunakan teknologi Microsoft Kinect. Teknologi ini dipilih karena pemain tidak memerlukan controller untuk bermain game. Hal ini penting karena anak dengan ADHD tidak peduli tentang sesuatu yang mereka pegang dan mungkin mereka dapat membuang controller tersebut.

GamePlay

  • Catch the Jelly : game menangkap ubur-ubur

  • Falling Party : menangkap hewan laut yang jatuh dengan kedua tangan

  • Go Fishing : memasangkan warna benda sesuai perintah

 

Link Video

Alasan Dipilih Menjadi Game Terbaik :

Game AGTA merupakan game yang secara khusus dikembangkan untuk penderita ADHD ini saya pilih karena memiliki karakter dan nilai guna yang spesifik. Dengan menggunakan game ini menurut para ahli kejiwaan dapat membantu penderita untuk mengurangi kelainan.

Nilai Edukasi :

Nilai edukasi pada game ini dibagi menjadi masing-masing gameplay sebagai berikut :

  • Catch the Jelly : melatih aktivitas motorik anak yaitu koordinasi salah satu tangan dengan mata & otak

  • Falling Party : melatih koordinasi antara kedua tangan dengan mata & otak

  • Go Fishing : melatih pola pikir anak dengan memilih kan yang warna nya sesuai dengan yang diminta oleh game

Penulis :

Rizal Setya Perdana / 5113201020

Author: 

No Responses

Tinggalkan Balasan