Review Aspek Realitas Game Disaster Frenzy

 Review Game Edukasi

cover

Akbar adalah mahasiswa semester VI Teknik Informatika ITS. Kebetulan saat itu dia sedang menikmati masa-masa libur kuliah. Di minggu-minggu awal liburan dia mengalami kejadian yang tidak disangka-sangka, yaitu di sekelilingnya penuh dengan musibah yang menimpa beberapa orang. Dimulai hari pertama, dia berniat mengirim barang lewat kantor pos, namun ada kebakaran yang menimpa toko pizza seberang rumahnya. Dia bingung apa mau memastikan atau langsung ke kantor pos. Lalu di hari keduanya dia sedang sholat di masjid Agung. Setelah sholat dia menemukan anak kecil yang sedang menangis karena si anak tersesat dan tidak tahu jalan pulang. Akbar pun bingung apa dia mau membantu dan menuruti permintaan anak kecil itu atau langsung melapor ke kantor polisi agar si anak ada di tangan yang tepat. Selanjutnya di hari ketiga dia mandi di pagi hari setelah berolahraga. Namun pada saat dia mandi dia mendengar suara dentuman keras seperti ada yang tertabrak. Ternyata ada kecelakaan mobil di depan rumahnya. Pada waktu itu suasana juga lagi sepi dan dia bingung mau menolong atau tidak. Hari keempat Akbar sedang bersantai di rumah, tetapi terdengar suara gemuruh seperti barang besar yang jatuh. Pada saat itu hujan juga turun lumayan lebat. Setelah hujan berhenti, Akbar melihat keluar rumah, dan dilihatnya rumah temannya Anto rusak diterjang angin puting beliung. Pada hari kelima Akbar ingin jalan-jalan keluar rumah. Tapi saat keluar rumah dia melihat nenek-nenek di seberang jalan sedang mondar-mandir seperti orang linglung. Akbar pun bingung mau menghampiri atau melanjutkan jalan-jalannya. Di hari keenam, Akbar ingin bermain ke rumah Mikha. Namun saat mau berangkat dia sedang melihat temannya si Tobi sedang murung. Akbar pun bingung mau menghampiri Tobi atau langsung ke rumah Mikha. Keesokan harinya di hari ketujuh, Akbar ingin mencari angin segar. Tapi ketika di jalan dia melihat sesosok orang yang mencurigakan dengan membawa tas hitam besar di museum. Dia menghampirinya tanpa curiga. Setelah ditelusuri ternyata orang tadi adalah pencuri benda-benda museum. Akbar pun bingung di tengah rasa takutnya, apakah dia membiarkan pencuri itu lolos atau mengejarnya dan menangkapnya.

 

Unsur realita dalam game Disaster Frenzy adalah sebagai berikut :

Realitas Fakta
—————–

  • Percakapan melalui tulisan di layar menunjukkan adanya percakapan antar tokoh sesuai kenyataan sehari-hari
  • Saat mobil berjalan dan menbrak trotoar, maka mobil akan berhenti dan carilah jalan yang benar agar bisa jalan
  • Peta menyesuaikan letak mobil yang sebenarnya dengan skala yang lebih kecil. Seperti fungsi GPS di kehidupan nyata
  • Setiap kebaikan yang dilakukan, maka akan dinilai dengan skor (mewakili pahala). Makin banyak kebaikan, maka makin besar pula pahalanya
  • Peran dari tokohnya sesuai dengan profesi yang ada

 

Realitas Proses atau Sebab Akibat
—————————————-

  • Proses pertolongan terhadap orang yang terkena musibah sudah sesuai dengan kenyataan. Dimulai dari niat, lalu berusaha, hingga akhirnya orang tersebut bisa terbantu oleh kita
  • Pemilihan keputusan menyebabkan cerita yang berbeda sesuai dengan kejadian selanjutnya di alur tersebut
  • Jika dalam pemilihan keputusan, terdapat kesalahan, maka di akhir game akan diberikan saran sesuai dengan hari pada kejadian tersebut
  • Jika terjadi bencana pada suatu bangunan, bangunan akan runtuh/berubah bentuk

 

Realitas Hukum Fisika
—————————

  • Ketika mobil digas maju maka akan berjalan maju sesuai kecepatan dan dibatasi dengan kecepatan maksimal
  • Ketika mobil digas mundur akan berjalan mundur sesuai kecepatan dan dibatasi dengan kecepatan maksimal
  • Proses belok mobil sesuai dengan perhitungan sudut arah setir mobil. Jika setir ke kanan, maka belok kanan. Jika setir ke kiri, maka belok kiri
  • Terjadinya proses tumbukan. Jika mobil menabrak akan berhenti.
  • Ketika tidak digas atau direm maka kecepatan mobil akan berkurang

 

Realitas Visual
—————–

  • Lingkungan tempat dibuat seperti aslinya. Yaitu jalanan yang di tepi-tepinya ada bangunannya.
  • Orang yang ditampilkan sesuai dengan karakternya. Seperti halnya nenek, maka muncul gambar nenek-nenek, kalau perempuan, maka muncul karakter perempuan
  • Mobil berjalan pada tempatnya yaitu jalan raya
  • Bentuk mobil sesuai dengan mobil pada aslinya jika dilihat dari atas

 

Link video : http://www.youtube.com/watch?v=-gaPrdOJfxI&feature=youtu.be

Ardian Atminanto

Create Your Badge

Andhik Ampuh Yunanto

Buat Lencana Anda

Author: 

One Response

Tinggalkan Balasan