Game Simulasi : Bloodkeeper

 Review Game Realitas Virtual, Tugas Kuliah, Tugas Kuliah Realitas Virtual

ss1

Bloodkeeper merupakan sebuah game simulasi sistem peredaran darah dan persebaran oksigen pada tubuh manusia. Pada game ini, pemain akan mensimulasikan sistem peredaran darah dengan seolah-olah menjadi sebuah sel darah. Pemain akan diberi misi untuk membawa oksigen ke bagian yang membutuhkan, dan harus melewati tahap-tahap peredaran darah sesuai dengan tahap peredaran darah pada manusia. Dengan waktu yang terbatas, pemain juga dituntut menyelamatkan sebanyak mungkin pasien yang membutuhkan pertolongan, let’s go!

1. Background Story

Pada tahun 2075, teknologi di bidang kedokteran sudah sangat canggih. Banyak penyakit yang sudah dapat disembuhkan dengan cepat dan mudah. Doctor Bloodkeeper menjadi salah satu pioneer dalam melakukan penyembuhan penyakit yang sudah memanfaatkan kecanggihan teknologi.

ss2

Pada suatu ketika, Doctor Bloodkeeper diterjunkan disebuah desa yang warganya banyak menderita penyakit. Penyakit-penyakit yang diderita warga desa tersebut, didiagnosa dikarenakan kurangnya pasokan oksigen dibeberapa bagian tubuh mereka.

Dengan waktu yang terbatas, Doctor Bloodkeeper akan berusaha menangani sebanyak mungkin pasien-pasien yang bisa disembuhkan. Tentunya, Doctor Bloodkeeper akan memanfaatkan kecanggihan teknologi saat itu yang bisa melakukan rekayasa penyebaran oksigen pada tubuh manusia. Dalam game ini, pemain akan berperan sebagai Doctor Bloodkeeper. Karena memiliki waktu yang terbatas, pemain harus cepat, tepat dan sigap dalam menangani semua pasien yang bisa disembuhkan.

2. Gameplay

1. Pertama-tama, pemain akan masuk ke bagian Background Story. Di bagian ini, pemain akan diceritakan kisah atau awal mula dari kisah Doctor Bloodkeeper.

ss2

2. Kemudian pemain akan berada di rumah sakit (setelah background story selesai). Dari rumah sakit ini, pemain harus segera menuju ke desa dimana Doctor Bloodkeeper ditugaskan.

ss3

3. Setelah sampai di desa, pemain akan mencari dan mengobati pasien yang dipilih.

ss5

4. Ketika mengobati pasien, pemain akan dihadapkan pada tampilan dimana pemain mengendalikan sebuah sel darah. Yang perlu dilakukan pemain adalah menangkap oksigen-oksigen yang diperlukan untuk menyembuhkan penyakit pasien tersebut.

ss6

ss7
Setelah pasien berhasil disembuhkan, pemain akan kembali ke tampilan desa dan mencari pasien berikutnya jika waktu yang disediakan belum habis.
Jika waktu habis, maka game akan selesai dan pemain akan mendapatkan skor dari hasil permainannya.

3. Aspek Realitas Bloodkeeper

Pada game Bloodkeeper, kita dapat menjumpai berbagai hal yang menyerupai kondisi sebenarnya / realitas. Berikut kami jabarkan, beberapa realitas yang bisa ditemukan pada game ini yang akan dibagi kedalam beberapa aspek realitas sebagai berikut.

  • Realitas Fakta
  1. Nama dari bagian-bagian pada sistem peredaran darah sesuai dengan kenyataan (contoh: aorta, atrium, ventrikel, dsb).
  2. Nama dari organ tubuh manusia sesuai dengan kenyataan (contoh: paru-paru).
  • Realitas Sebab-Akibat / Proses
  1. Alur atau proses peredaran darah manusia sesuai dengan alur peredaran darah manusia pada kenyataannya.
  2. Terjadi pertukaran antara oksigen dan CO2 pada sistem peredaran darah.
  3. Ketika dokter berhasil menyembuhkan pasien, maka pasien akan kembali sehat.
  • Realitas Visual
  1. Bentuk gambar saluran peredaran darah disesuaikan dengan saluran peredaran darah yang sebenarnya.
  2. Bentuk organ tubuh seperti otak, otot, jantung, dan paru-paru menyerupai gambar pada kenyataannya.

Link Trailer : bit.ly/bloodkeeper

Oleh:
Muhammad Farhan Adha

M Iqbal Rustamadji


Askary M Rumhadi

Author: 

2 Responses

  1. Askary MuhammadMei 15, 2014 at 12:08 AMReply

    aduh typo maaf, llink videonya ini http://bit.ly/Bloodkeeper

  2. Askary MuhammadMei 16, 2014 at 4:58 AMReply

    link game untuk dimainkan online http://bloodkeeper.besaba.com/

Tinggalkan Balasan