Virtual City

 Uncategorized

virtual_city_header

Virtual City merupakan salah satu game virtual yang menuntut anda untuk berperan sebagai pihak pemerintah yang mengatur segala kebijakan yang berhubungan dengan tata letak di kota yang akan anda bangun bangun secara virtual. Permainan ini juga menuntut anda untuk bisa menjadi seorang problem solver apabila terjadi hal – hal yang tidak diinginkan di kota anda.

Permainan yang dikembangkan oleh G5 Entertanment ini memiliki 50 level berbeda yang akan menjadi tantangan yang menyenangkan bagi anda. Virtual City dirilis tahun 2009 dan tersedia dalam berbagai platform yang berbeda, antara lain untuk PC, iPhone, dan Android. Permainan ini bergenre simulasi. Di dalamnya juga disediakan 5 pilihan kota yang berbeda, antara lain : Colorado, California, Michigan, Montana, dan New York. Terdapat juga 18 skenario misi yang berbeda, lebih dari 50 bangunan yang siap mendukung perkembangan kota anda, 25 item komoditi ekonomi, serta 16 achievment berbeda. Banyaknya level serta item yang tersedia menambah keasyikan game ini untuk anda coba. Tata cara permainannya pun cukup mudah, pada saat pertama kali bermain anda akan diminta untuk memasukkan idenditas anda. Setelah itu anda akan mendapatkan panduan mengenai langkah selanjutnya (tutorial) tentang bagaimana untuk melanjutkan permainan ini.

Aspek Realitas

Beberapa aspek realitas yang ada di dalam permainan ini adalah :

Realitas Fakta

  • Bentuk bangunan yang ada disesuaikan dengan yang ada di dunia nyata. Contohnya seperti bangunan perumahan yang memiliki genteng, tembok dan lain sebagainya. Selain bentuk, perumahan tersebut juga menjadi tempat tinggal bagi warga yang tinggal di kota anda.
  • Terdapat sarana dan prasarana penunjang yang dibutuhkan untukmenunjang kehidupa warga kota. Contohnya seperti sarana hiburan, alat transportasi, sarana perbelanjaan, kawasan industri, dan lain sebagainya.
  • Kegiatan sehari – hari yang ada di dalam permainan ini disesuaikan dengan yang ada di dunia nyata.

Realitas Proses

  • Untuk dapat meningkatkan bentuk dari bangunan, perlu diadakan renovasi. Untuk bisa melakukan proses renovasi ini diperlukan biaya yang harus dibayar. Harga yang diberikan untuk melakukan renovasi ini disesuaikan dengan bentuk dan ukuran dari bangunan.
  • Kadar kepuasan warga kota dipengaruhi dengan kebijakan yang anda buat. Apabila kebijakan yang anda buat dirasa kurang, maka kadar happiness akan menurun begitu pula sebaliknya apabila warga kota puas dengan sistem yang anda terapkan, maka kadar happiness akan meningkat.
  • Untuk menjalankan proses industri, maka harus dibangun sarana dan prasarana yang menunjang kegiatan ini, serta harus disediakan bahan baku industri yang memadai.

n

 

Realitas Fisika

  • Realitas fisika ditampakkan dengan berlakunya hukum gravitasi serta hukum fisika mengenai massa jenis benda, hal ini ditunjukkan dengan adanya kejadian balon udara yang melayang ke udara.

Realitas Audio

  • Realitas audio diberikan untuk memberikan efek nyata apabila terdapat kejadian – kejadian seperti suara bising kendaraan, suara mesin industri, suara mesin rusak, dan lain sebagainya.

Virtual-City-Playground-1

Realitas Visual

  • Realitas virtual digambarkan dengan adanya berbagai item yang memiliki bentuk sesuai dengan yang ada di dunia nyata. Bangunan – bangunan yang ada di dalam permainan ini dibangun mirip dengan ciri – ciri bangunan yang ada. Contohnya seperti bangunan rumah, pabrik, mall, bioskop, dan lain sebagainya.

Virtual-City-Playground-2

Realitas Acak

  • Terkadang terdapat warga yang terserang penyakit sehingga perlu untuk dibawa berobat ke rumah sakit. Selain kejadian yang berhubungan dengan kesehatan warga yang tinggal di kota, terkadang terdapat kejadian – kejadian yang sering terjadi di dunia nyata, antara lain : mobil rusak, bangunan kebakaran, dan lain sebagainya.

Virtual-City-Playground-3

 

 

Nama : Orysa Nur Permata sari

NRP : 5110100086

 
Orysa Nur Permata Sari

Create Your Badge

Author: 

No Responses

Tinggalkan Balasan