Review Realitas Game Simulasi – The Sims Carnival SnapCity

 Review Game Realitas Virtual, Tugas Kuliah, Tugas Kuliah Game, Tugas Kuliah Realitas Virtual

A. Screenshot

simscrsc-pc-sc11-screenshot_656x369

simscrsc-pc-sc1-screenshot_656x369 simscrsc-pc-sc7-screenshot_656x369 simscrsc-pc-sc8-screenshot_656x369 simscrsc-pc-sc9-screenshot_656x369

B. Gameplay

The Sims Carnival SnapCity adalah sebuah game versi puzzle dari SimCity. Game ini menggabungkan konsep memanajemen sebuah perkotaan dengan konsep game casual, yaitu tetris, sebuah kombinasi yang unik sehingga kita tidak terasa seperti bermain tetris. Di sini kita berperan sebagai walikota, mengatur tata kota dengan cara mengatur jatuhnya balok-balok tetris yang merupakan gedung-gedung kecil yang nantinya akan membangun gedung yang besar. Balok balok tetris ini diletakkan sesuai dengan grid kotak-kotak yang menjadi pondasinya. Kita dapat memutar posisi balok dengan cara klik kanan, dan mempercepat jatuhnya balok dengan klik kiri. Warna balok yang jatuh ada tiga, yaitu warna biru untuk area perdagangan (commertial), warna hijau untuk perumahan (reidential), dan warna kuning untuk area industri(industrial). Kita harus menempatkan balok yang bersesuaian warnanya agar dapat membentuk gedung yang lebih besar. Sama seperti SimCity, agar gedung-gedung tadi dapat diakses, maka harus ditambahkan jalan di sekitar gedung tersebut. Kita juga bisa menghapus jalan atau balok gedung yang sudah kita bangun dengan menggunakan bulldoze. Koin akan berkurang jika membangun jalan dan menggunakan bulldoze.

Kita dapat membangun gedung-gedung spesial dengan menempatkan balok-balok ke grid yang berbintang, dan memenuhinya dengan warna yang sesuai. Kita dapat memilih untuk membangun salah satu dari tiga gedung yang ditawarkan. Masing-masing balok bintang dengan warna yang berbeda akan memiliki gedung spesial yang berbeda pula, contohnya kolam renang, kebun teh, universitas, museum, pertokoan, dsb. Setiap macamnya memiliki keuntungan(misalnya meningkatkan ekonomi) dan kerugian (menyebabkan kemacetan).

Seperti pada SimCity, kejadian alami akan terjadi seperti tornado dan gempa bumi, kejahatan dan kerusuhan, penyebaran virus, dan juga serangan UFO, kita dituntut harus membasmi semua kerusuhan itu sebelum merusak gedung-gedung yang ada di sekitarnya. Di sinilah fungsi dari gedung-gedung spesial yang kita buat tadi. Contohnya kantor polisi untuk membasmi pencurian.

Dalam permainan ini terdapat dua mode, yaitu mode story dan mode creavity. Pada mode story kita dihadapkan pada 25 level dankita harus memenuhi goal yang diberikan pada tiap level, sedangkan pada mode creavity kita hanya membangun kota sesuka hati kita tanpa ada tantangan tertentu.

C. Aspek Realitas

1. Realitas Fakta

- Jenis-jenis area di perkotaan ada tiga, yaitu area perumahan(residental), area industri(industrial), dan area perdagangan (commercial)

- Kejadian-kejadian alam yang terjadi di dunia nyata, seperti tornado, gempa bumi, pencurian, dsb.

- Gedung-gedung spesial yang terdapat di dunia nyata, seperti kantor polisi, taman, klinik, universitas, dsb.

- Adanya penduduk yang menempati perkotaan tersebut.

2. Realitas Proses / Sebab Akibat

- Pengaksesan area gedung melalui jalan raya yang dilalui oleh kendaraan-kendaraan.

- Pendapatan suatu kota didapatkan dari pajak hasil banyaknya gedung yang dibagun

- Untuk membangun jalan dibutuhkan biaya dari hasil pendapatan kota tersebut.

- Mood penduduk kota dipengeruhi oleh bangunan gedung di sekitarnya. Misalkan penduduk di daerah dekat dengan tempat pembuangan sampah akan berkurang moodnya.

- Untuk membangun gedung yang besar, disusun dari gedung-gedung kecil yang memiliki warna sama, hal ini menunjukkan suatu gedung akan terlokasi pada tempat yang bersesuaian, misalkan universitas di daerah perumahan, pabrik nuklir di daerah perindustrian.

3.Realitas Kejadian Acak

- Munculnya kejadian alam seperti gempa bumi, tornado, pencurian yang terjadi secara tiba-tiba.

- Kendaraan yang lalu lalang di sekitar jalan raya

4. Realitas Fisika

5. Realitas Audio

 

- Ketika membangun/meletakkan blok gedung, terdengar suara membangun gedung

- Ketika gedung/jalan dihancurkan(bulldoze) tersengar suara hancur/roboh.

- Ketika membangun jalan, terdengar suara membangun jalan.

- Ketika terjadi kejadian alam seperti tornado, gempa bumi, pencurian, demonstrasi, terdengar suara seperti di dunia nyata. Misal gempa bumi ada suara retakan.

- Backsound ketika bermain adalah sound seperti di perkotaan ala The Sims.

- Suara penyelamatan kejadian-kejadian acak yang muncul, seperti ketika polisi menangkap pencurian, mengeluarkan suara sesuai dengan kejadiannya, misalkan dalam hal ini sirine polisi

- Suara penduduk ketika mood bertambah dan berkurang.

6. Realitas Visual

- Tampilan gedung yang dibuat 3D agar terlihat lebih real

- Tampilan kendaraan yang lalu lalang dibuat pergerakannya dengan efek asap.

- Tampilan animasi dari kejadian alam yang muncul dibuat agar pemainnya panik.

- Tampilan gedung-gedung spesial yang dibuat ukurannya sama proporsinya seperti di realita, gedung yang tinggi akan dibuat tinggi, begitu pula sebaliknya.

 

D. Video Trailer

https://www.youtube.com/watch?v=1axSyNOlo34&feature=youtu.be

E. Video Gameplay

https://www.youtube.com/watch?v=CzyFtv9K_1o

Reviewer:
NRP: 5111100064
Nama: Ria Yunita Sari
Kelas: RV A
Ria Yunita Sari

Create Your Badge

Author: 

No Responses

Tinggalkan Balasan