Review Realitas Game Chocolatier : Decadence by Design

 Review Game Realitas Virtual, Tugas Kuliah, Tugas Kuliah Realitas Virtual

930

Chocolatier : Decadence by Design adalah sebuah game simulasi bisnis yang merupakan seri ketiga dari game Chocolatier. Game ini diproduksi oleh studio Big Fish Games dan dipublikasikan oleh PlayFirst pada tahun 2009. Pada game ini pemain akan ditantang untuk membangun perusahaan cokelat yang sukses di dunia.

Gameplay

Pemain akan memulai game ini dari Zurich, Swiss dan bertemu dengan Alex Fletcher. Alex akan memberikan sejumlah misi yang harus diselesaikan untuk menjadi kandidat CEO. Untuk menjadi CEO, pemain harus mendapatkan dukungan dari lima anggota direksi yaitu Felix Baumeister, Deiter Baumeister, Evangeline Baumeister, Joseph Tangye, dan Whitney Baumeister. Setiap anggota direksi berada di Port yang berbeda-beda. Setiap Port akan membuka satu per satu setelah pemain memperoleh suatu dukungan. Untuk mendapatkan dukungan, pemain harus menyelesaikan misi yang diberikan oleh anggota direksi seperti resep, uang tunai, dan kepemilikan toko. Setiap misi yang diberikan oleh anggota direksi harus diselesaikan dengan menyelesaikan misi dari beberapa orang secara acak di port yang berbeda pula. Untuk berpindah dari satu port ke port lainnya memerlukan pesawat terbang. pada awal game, pemain harus membayar sejumlah uang dan memerlukan waktu yang lama untuk berpindah port. namun seiring berjalannya waktu, pemain dapat membeli pesawat dan tidak perlu membayar lagi untuk berpindah dari satu port ke port lain dan memerlukan waktu yang lebih singkat. 869

 

Terdapat 4 sub game dalam game ini, antara lain

  1. Membuat Cokelat
    pemain harus menembak bahan pembuat coklat ke wadah yang sesuai. Jika kelima wadah terisi dengan benar, secara otomatis pemain mendapat 5 coklat, dan semua wadah akan kosong kembali. JIka pada satu wadah pemain berhasil meletakkan bahan dengan warna yang sama maka akan mendapat bonus. Jika pemain salah menembak, maka bahan tersebut akan terbuang dan mesin akan berjalan semain cepat. JIka pemain membuang 8 bahan, produksi akan dihentikan. Sub game ini tersedia pada pabrik yang memiliki mesin pembuat coklat saja.
  2. Membuat Kopi
    pemain harus menembakkan bahan ke conveyour belt hingga tiga bahan yang sama terletak dalam satu baris. Jika pemain membuat empat bahan atau lebih dalam satu baris maka ia akan menerima bonus. Jika pemain salah menembak, maka bahan tersebut akan terbuang dan mesin akan berjalan semain cepat. Jika pemain membuang 8 bahan, produksi akan dihentikan. Sub game ini tersedia pada pabrik yang memiliki mesin pembuat kopi saja.
  3. Slot Machine
    pemain memilih berapa uang yang akan dipertaruhkan. ada tiga pilihan taruhan yaitu 1/1000, 1/100, atau 1/10 dari kekayaan yang dimiliki. setelah memilih bertaruh, pemain dapat melepaskan pegangan slot machine. Jika mesin menunjukkan deretan gambar yang sama, pemain akan menerima uang. sub game ini hanya tersedia di Havana dan Las Vegas.
  4. Mystery Box
    pemain menentukan berapa uang yang akan dipertaruhkan. uang minimal yang boleh dipertaruhkan adalah 1/1000 dari kekayaan yang dimiliki. setelah memilih bertaruh, pemain harus memilih beberapa dari box yang disediakan. Box yang ada bisa berisi uang maupun setan. Jika pemain menemukan setan, maka game dihentikan dan uang yang sudah didapatkan akan hilang. sub game ini hanya tersedia di Havana dan Las Vegas.

 

Realitas dalam Game tersebut antara lain:
Realitas Fakta

  • Kota yang dikunjungi sesuai dengan letaknya di peta dunia
  • Setiap kota yang dikunjungi terdapat landmark yang sesuai dengan kota tersebut.
    Contohnya di Tokyo terdapat Tokyo Tower, Mount Fuji, dan tempat-tempat lainnya yang terkenal di Tokyo
  • Bahan baku yang bisa didapatkan dari berbagai tempat beragam sesuai dengan daerahnya
  • Proses jual beli menyerupai proses jual beli yang sebenarnya. Terdapat tawar menawar di dalamnya.
    921

Realitas Fisika
tidak ada

Realitas Proses / Sebab Akibat

  • Jika pemain menawar dengan kalimat yang tidak baik pada penjual bahan baku, maka penjual tersebut akan marah dan akan menaikkan harga bahan baku yang dijualnya dan pemain tidak bisa menawar lagi.
  • Jika pemain menawar dengan kalimat yang tidak baik pada pemilik toko cokelat, maka pemilik toko tersebut akan marah dan menurunkan harga beli cokelatnnya dan pemain tidak bisa menawar lagi.
  • Jika mood seorang penjual bahan baku atau pemilik toko cokelat baik, bisa jadi hanya dengan satu kali menawar akan langsung dikabulkan. Jika mood penjual bahan baku atau pemilik toko cokelat sedang jelek, maka ia langsung menolak penawaran kita.
  • Jika pada musimnya, bahan baku akan dijual dengan harga yang murah.
  • Bahan baku yang langka memiliki harga yang lebih mahal daripada bahan baku yang mudah dijumpai
  • Jika terlalu lama disimpan, bahan baku tidak akan bisa dipakai lagi, dan bahan baku tersebut akan berkurang dari inventory
  • Jika persediaan bahan baku cokelat habis, maka pabrik akan menghentikan diproduksi cokelat
  • Semakin mahal harga bahan baku maka semakin mahal harga jual cokelat tersebut
  • Semakin jauh tujuan waktu tempuh semakin lama dan biaya perjalanan semakin mahal
  • Jika pemain memiliki pesawat sendiri, pemain tidak perlu membayar biaya perjalanan
  • Jika pemain salah dalam meracik suatu resep, maka Ilmuan di Test Kitchen akan mengatakan bahwa coklat tersebut tidak enak.

Realitas Random Event

  • Harga jual cokelat maupun harga bahan bakunya dapat berubah tanpa bisa diprediksi
  • Pemain tidak bisa memprediksi mood dari penjual.
  • Pemain bisa menemui orang-orang yang berbeda di beberapa tempat, terkadang bisa menemui orang yang sama di tempat yang berbeda.
  • Pemain bisa mendapatkan suatu misi secara tiba-tiba, bisa melalui telegram maupun bertemu dengan orang di suatu tempat.
  • Kalimat yang diucapkan oleh Ilmuwan di test kitchen saat mencoba merasakan suatu resep akan berbeda-beda walaupun dengan resep yang sama.
  • Ketika bermain sub game Slot Machine dan Mystery Box hasilnya tidak dapat ditebak
    888 883

Realitas Visual

  • Terdapat peta dunia
    931
  • Tempat yang dikunjungi sesuai dengan letaknya di peta dunia dan penggambaran tempat sesuai dengan aslinya.
    Contohnya di Tokyo terdapat Tokyo Tower, Mount Fuji, dan tempat-tempat lainnya yang terkenal di Tokyo
    925
  • Bahan baku digambarkan mirip dengan aslinya

Realitas Audio

  • Terdapat berbagai macam audio yang berbeda-beda menyesuaikan tempat yang dikunjungi pemain
    contoh: saat berada di pasar akan terdengar seperti suasana di pasar.

Link trailer Chocolatier : Decadence by Design

Ditulis oleh: Anjar Mustika (5111100036)

Anjar Mustika

Create your badge

Author: 

No Responses

Comments are closed.