Review Aspek Realitas Gran Turismo 6

 Review Game Realitas Virtual, Tugas Kuliah Realitas Virtual

Gran Turismo(GT) 6 merupakan salah satu game simulasi mengemudi yang pernah dibuat. GT6 diproduksi oleh Polyphony Digital dan dipublish oleh Sony Computer Entertainment. GT6 direlease ke pasar dunia pada tanggal 6 desember 2013. Untuk saat ini, GT6 secara resmi hanya tersedia untuk console game PS3 dan PS4. Seperti judul gamenya “GRAN TURISMO 6 THE REAL DRIVING SIMULATOR”, maka user diharuskan menjalankan dan mengemudikan mobilnya dengan benar dan menyelesaikan berbagai tantangan yang ada.

Cukup banyak fitur yang ada di game GT6 ini, antara lain fitur mobil, lintasan, game mode, pembelian dan manajemen mobil, perbaikan dan tuning shop, dan seterusnya. Fitur-fitur yang dibahas kali ini hanya dua saja yakni fitur mobil dan fitur lintasan.

1. mobil

Ada dua hal penting yang ditekankan pada fitur ini, yakni yang pertama, mobil yang tersedia di GT6 ada sekitar 1200. Mobil yang diusung antara lain mobil masa lalu(historical), supercar, sport, competition, american muscle, future , dan yang terakhir compact and modern. Yang kedua, GT6 ini mengusung proyek “vision GT”(proyek yang mengajak vendor-vendor ternama pabrikan mobil untuk mendesignkan mobil untuk GT).

2. Lintasan

Banyak lintasan yang tersedia dalam GT6 ini dari lintasan yang benar-benar ada di dunia hingga lintasan yang hanya ada di GT6 saja. 37 lokasi dengan 100 layout itulah yang diusung oleh GT6 kali ini. Dari lintasan yang tingkat kesulitannya mudah hingga tersulit, tersedia di GT6. Tidak hanya layout lintasan saja yang ditambahkan dalam GT6 ini, aspek seperti cuaca, waktu, dan astronomi juga dapat berubah. Simulasi perubahan aspek tadi membuat lintasan jadi benar-benar nyata sehingga skill mengemudi di GT6 benar-benar teruji.

Sesuai judul post ini, aspek realitas apa saja yang ada di game GT6 ini?. Seperti yang dijelaskan saat dikelas, aspek realitas itu sendiri terbagi menjadi 6 hal, yakni aspek fakta, visual, suara, proses, fisika dan kejadian acak. Berikut penjelasan aspek realitas yang ada di GT6.

1. Fakta

nama vendor pabrikan mobil, nama sponsor yang terpasang di mobil/di lintasan, nama lintasan, jenis mobil

2. Visual

Lintasan, mobil, keadaan alam sekitar lintasan, perlombaan, penonton

3. Suara

mesin mobil saat dinyalakan, mobil yang saling menyusul, mobil saat direm

4. Proses

juara setiap perlombaan mendapat reward, susul menyusul untuk mendapatkan posisi yang lebih baik, pemilihan spare part dapat mempengaruhi performa mobil

5. Fisika

tabrakan yang menyebabkan mobil rusak,

6. Kejadian acak

perubahan cuaca

5111100080, Novandi Banitama

sumber:

http://www.gran-turismo.com/us/

Author: 

No Responses

Tinggalkan Balasan