Review Aspek Realitas Virtual Game Age of Empire III

 Review Game Realitas Virtual, Tugas Kuliah, Tugas Kuliah Realitas Virtual

4404040

Age of Empire III adalah game dengan genrereal-time strategy yang dikembangkan oleh Ensembles Studio dan dipublikasikan oleh Microsoft Game Studios. Game ini menggambarkan kolonisasi Eropa di Amerika antara sekitar tahun 1492 sampai 1850. Ada delapan pilihan peradaban eropa yang akan dimainkan dalam game ini. Kemudian delapan peradaban dalam permainan ini akan dimainkan dalam bebagai macam geografi, mulai dari rawa-rawa Florida sampai melewati daerah bersalju di Rocky Mountain.

Pada game Age of Empire III dilengkapi dengan mode campaign single-player dengan tiga episode yang berhubungan pada masing-masing generasi yang berbeda. Ada pula mode skirmish atau mode pertempuran yang dapat disesuaikan sepenuhnya dengan pengaturan kesulitan untuk melawan komputer. Selain itu ada juga mode untuk bermain multiplayer melalui jaringan; ESOnline, layanan pencocokan-pemain, chatting dengan pemain lain, dan lain sebagainya. Jika ingin membuat peta atau skenario campaign sendiri, pada game ini disediakan mode skenario editor ditambah beberapa ensiklopedia informasi mengenai semua unit permainan, struktur, budaya, keadaan, dan banyak lagi.

screen2

Sebenarnya Age of Empire III pada umumnya mirip seperti game sebelumnya yaitu Age of Empire II. Kita mengepalai koloni pada Dunia Baru dan kita harus mengerahkan pekerja dari pusat kota, yang dapat membangun struktur atau bangunan baru, dan mendapatkan tiga sumber daya, yaitu makanan, kayu, dan koin. Pada game ini pekerja tidak perlu berjalan atau kembali lagi ke pusat kota untuk meletakkan sumber daya, tapi hanya pergi untuk mendapatkannya saja dan tidak perlu kembali ke pusat kota. Bangunan pasar memusatkan pengembangan ekonomi dan bangunan penggilingan padi dibangun untuk menghasilkan pasokan makanan tak terbatas. Jadi, kita bisa berhenti mencemaskan manajemen mikro pengumpulan sumber daya sampai setidaknya musuh menyerang dan merusak pondasi ekonomi kita.

Sementara itu rumah-rumah tambahan harus terus dibangun untuk mendukung pertumbuhan populasi dan dinding-dinding serta bangunan bertahan dapat dibangun untuk mengatasi taktik gerilya. Pasukan militer utama terdiri dari infanteri, kavaleri, dan artileri, dan mereka dilatih di bangunan yang terpisah. Kebanyakan pasukan militer dapat dilatih langsung hingga lima sekaligus dalam satu waktu daripada harus antri satu per satu. Kita dapat membuat sebuah grup pasukan asalkan kita mempunyai sumber daya.

Dalam rata-rata pertempuran, kita akan menghabiskan banyak waktu untuk membangun dasar dan ekonomi kita. Kemudian pada akhirnya kita menyusun grup pasukan kita untuk mengalahkan musuh. Pengaturan antara ekonomi dan militer, sebagaimana kita atur pada tiap kali permainan, itu adalah kunci menuju kemenangan. Sementara interface pada game ini memudahkan kita untuk melacak yang terjadi pada kedua bidang ini, ketangkasan manual kitalah yang pada akhirnya menjadi kunci untuk sukses, baik ketika mempersiapkan pertempuran dan ketika terlibat di dalamnya.

Apek realitas pada game Age of Empire III

Realitas Fakta :

  • Semua peradaban pada game ini ada pada dunia nyata. Yaitu, Spanish (Spanyol), British (Inggris), French (Perancis), Portugese (Portugis), Dutch (Belanda), Russians (Rusia), Germans (Jerman), Ottomans (Turki).

peradaban

  • Nama-nama pasukan pada game iniada pada dunia nyata. Misalnya, Infanteri (pasukan darat) : Pikeman, Longbowman, Crossbowman, Janissary, Musketeer; Cavalry (pasukan berkuda) : Cuirassier, Dragoon, Cavalry Archer, Spahi, Cossack, Hussar; Artillery (pasukan meriam) : Grenadier, Falconet, Mortar, Culverin.
  • Nama-nama bangunan pada game iniada pada dunia nyata. Contohnya, Mosque, Town Center, Trading Post, Mill, Dock, Outpost.
  • Nama-nama hewan dan tumbuhan pada game ini ada pada dunia nyata. Misalnya, bear, goat, crocodile, turkey, tree.
  • Nama-nama sumber daya pada game ini ada pada dunia nyata. Yaitu, coin, food, dan wood.
  • Nama-nama map pada game ini ada pada dunia nyata. Contohnya, Carribean, Amazonia, New England, Texas.

map

Realitas Proses / Sebab Akibat :

  • Untuk melatih pasukan atau membangun sebuah bangunan, membutuhkan beberapa sumberdaya. Jika bangunan, maka sumber daya yang paling banyak dibutuhkan adalah kayu. Dan jika melatih pasukan, maka sumber daya yang paling banyak dibutuhkan adalah makanan.
  • Semakin tinggi zaman, maka pasukan maupun bangunan akan semakin kuat dan semakin banyak sumber daya yang dibutuhkan.
  • Membangun sebuah bangunan memerlukan proses atau tahapan. Semakin besar bangunan, membangunnya semakin lama.

screen25

  • Kapal hanya bisa berjalan di atas air dan pasukan hanya bisa berjalan di darat.

screen6

  • Pohon akan tumbang jika semakin lama ditebang atau sumber daya kayu di pohon tersebut habis.
  • Makhluk hidup (hewan, pasukan, dan pohon) akan mati jika diserang.
  • Pasukan menghancurkan bangunan dengan membakar atau menyerang dengan meriam, lalu bangunan akan hancur.

screen18

  • Pekerja mengambil sumber daya dengan memotong kayu, menggali emas, dan memanen padi.

screen26

Realitas Acak :

  • Cuaca yang terjadi. Misalnya hujan.

screen3

  • Tempat hewan-hewan yang ada atau burung-burung yang melintas

Realitas Visual :

  • Lingkungan peradaban, mulai dari tanah, pohon, hewan, air, dan lain-lain.
  • Tampilan pasukan mulai dari infantry, cavalry, artillery, sesuai dengan dunia nyata.

screen15

  • Tampilan bangunan sesuai dengan dunia nyata. Misalnya mosque.

screen23

Realitas Audio :

  • Suara tembakan dari pasukan darat, pasukan meriam, dan kapal perang.
  • Suara ketika bangunan ditembak dan bangunan ketika roboh.
  • Suara hewan.
  • Suara pedang ketika bertabrakan.
  • Suara tembakan dari pasukan darat.

Realitas Fisika :

  • Gravitasi bom meriam atau kapal.

screen8

  • Momentum antara meriam dengan bangunan sehingga bangunan hancur.

screen17

  • Momentum antar pasukan yang bertabrakan.

Link video Youtube game Age of Empire III :
Trailer
Gameplay

5111100057, Ahmad Fauzi Al Wahid, Ahmad Fauzi

Create Your Badge

Author: 

No Responses

Tinggalkan Balasan