Review Aspek Realitas Game “Sally’s Salon”

 Review Game Realitas Virtual, Tugas Kuliah Realitas Virtual

Sally’s Salon

Sallys-Salon_1

#Klasifikasi
Genre : Simulasi
Platform : Android, PC, Windows Phone, iPad, Nintendo DS
Updated : 3 September 2013
Publisher dan Developer : GameHouse

#Tentang
Salon Sally adalah permainan manajemen salon yang memainkan mirip dengan Diner Dash. Salon Sally dirilis pada Browser, Nintendo DS, dan iPhone serta versi terbaru berjudul Sally Salon Luxury Edition untuk Windows Phone 7, iPad dan Android.
Salon Sally memainkan banyak seperti mengelola permainan waktu lain seperti: Diner Dash, Cake Mania, dan Star Wars Cantina. Pelanggan akan berjalan melalui pintu Salon Sally dan ingin berbagai layanan. Layanan yang diinginkan akan ditampilkan oleh gelembung di atas kepala pelanggan.

SS LE

#Skenario
Didalam game ini, kita memainkan peran Sally dalam mengatur salonnya. Kamu harus bisa mengatur waktu agar pelangganmu merasa senang dan memberikan kamu pendapatan yang bagus sehingga target penjualan dapat tercapai. Disini kamu dapat menyewa pekerja dan juga membeli barang-barang di dalam salonmu agar customer makin senang karena pelayanan yang cepat.

#Cara Bermain

  1. Urutan kursi adalah biru, kuning, orange, hijau, dan ungu. Tidak semua pelanggan meminta layanan di semua kursi, ada yang hanya 3 atau 4 kursi. Masing – masing kursi memiliki layanan yang berbeda-beda.
  2. Tarik pelanggan ke kursi yang sesuai dengan layanan yang diinginkan oleh pelanggan. Hal ini bisa dilihat dari gambar dan warna yang muncul di atas pelanggan.
  3. Klik pada pelanggan jika ingin memberikan mereka layanan.
  4. Klik pada kasir jika ingin melayani pelanggan yang ingin membayar.


#Video Trailer

Sally’s Salon
http://www.youtube.com/watch?v=_8hJDUuVo5g

Sally’s Salon Luxury Edition
http://www.youtube.com/watch?v=apXJkk6XWpw


#Penilaian Unsur Realitas

1.Realitas Fakta

– Karakter pelanggan yang disesuaikan (suaranya sesuai dengan jenis kelamin dan umur).
– Macam-macam pelayanan yang ada sesuai dengan salon pada umumnya

SS01

– Model rambut pada pelayanan potong rambut

sallys-salon-13 potongan cowok

– Lokasi dibukanya Salon

SS03 map


2.
Realitas Proses

Proses yang ada di game ini mengacu pada proses pelayanan di salon pada umumnya. Terdapat urutan proses yang dilakukan konsumen ketika berada di salon. Mulai dari menunggu antrian, kemudian mencuci rambut, melakukan cat rambut (jika diinginkan konsumen), dilanjutkan dengan potong rambut, kemudian pengeringan rambut. Setelah mendapatkan jasa spa yang diinginkan, konsumen harus membayar berdasarkan jasa yang dipakai. Ketika melakukan pembayaran, konsumen juga memberikan tip berdasarkan bahagia atau tidaknya konsumen terhadap pelayanan yang telah diberikan. Proses tersebut mirip dengan proses yang terjadi di salon pada umumnya.Selain itu, apabila uang yang dimiliki cukup banyak, pemain dapat mengupgrade barang-barang yang dimiliki atau membeli item-item untuk menunjang kebutuhan salon. Pemain juga dapat memperkerjakan pegawai yang menangani masalah kecil seperti mencuci rambut dan mengeringkan rambut.Gambar proses pembelian item

beli beli


3.
Realitas Audio Visual

– Objek
Item-item yang digambarkan pada salon seperti kursi yang berbeda-beda sesuai bergantung pada fungsinya sesuai dengan yang terdapat pada salon pada umumnya. Contoh: Pada kursi biru yang digunakan untuk mencuci rambut, terlihat di belakangnya seperti ada bak untuk tempat meletakkan rambut dan mengalirkan air.

- Suara
Pertama, ketika pelanggan kita pilih, maka ada suara seperti meng’iya’kanseperti di salon-salon ketika tiba giliran kita untuk dilayani.
Kedua, suara pelanggan ketika menunjukkan kepuasan pelanggan akan pilihan potongan rambut atau warna cat rambut (“nice”, “he’e”), begitu pula sebaliknya ketika tidak puas. Dan suara pelanggan setelah melakukan pembayaran (“thank you, Sally”).
Ketiga, suara air ketika dilakukan pelayanan pencucian rambut
Keempat, suara mesin pengering rambut (hair dryer)
Kelima, suara Mesin Kasir ketika membuka saat terjadinya transaksi pembayaran


4. Realitas Fisika
Tidak ada realitas fisika khusus yang ada dalam game ini. Hanya saja jika dipikirkan lebih dalam lagi, sebenarnya game ini juga mengandung realitas fisika yaitu gravitasi ketika permainan berlangsung. Di dalam game ini, ketika Sally berjalan mendatangi pelanggan, Sally berjalan diatas lantai (tidak melayang atau langsung bisa melompat dari satu tempat ke tempat lain yang jaraknya cukup jauh) seperti layaknya manusia yang berjalan pada umumnya di bumi dikarenakan adanya gravitasi.

 

#Identitas Diri Pembuat Review

Nama : Kharisma Alivia Nastiti
NRP : 5111100070
Kelas : B

Kharisma Alivia Nastiti|Create your badge

Author: 

No Responses

Tinggalkan Balasan