Review Aspek Realitas Game PES 2013

 Review Game Realitas Virtual, Tugas Kuliah, Tugas Kuliah Realitas Virtual

17

Intermezzo

Pro Evolution Soccer 2013 atau yang sering disebut PES 2013 merupakan Game Konami untuk Windows yang paling populer. Walaupun PES 2013 terlihat sama dengan Pro Evolution Soccer 2012, namun PES 2013 telah ditingkatkan baik dari segi permainan maupun dari segi grafis. Pada mode Arcade-Style, PES 2013 terasa lebih manual dibandingkan dengan versi PES sebelumnya, sehingga lebih terasa sensasi sepak bola sesungguhnya.

Permainan PES 2013

Sistem kontrol Pro Evolution Soccer 2013 telah ditingkatkan secara ketat. Developer Konami menyebut sistem kontrol baru ini dengan istilah ‘FullControl PES’. Ada fitur sentuhan dinamis baru yang disebut First Touch, di mana pemain dapat menjebak bola menggunakan tombol R2 untuk mendapatkan kontrol instan bola.

Pro Evolution Soccer 2013 menawarkan fitur baru yaitu Manual Passing dan Manual Shooting, Fitur ini diperkenalkan ke dalam permainan untuk pertama kalinya, sehingga memungkinkan kita untuk mengubah ketinggian dan kekuatan pada passing dan shooting. FullControl juga meningkatkan dribbling, memperlambat kecepatan pemain dan memungkinkan pemain untuk menambahkan berbagai gaya untuk mengendalikan secara mudah menggunakan tombol R2. Fitur-fitur permainan terbaru dari PES 2013 ini akan meningkatkan pengalaman permainan yang menarik bagi penggemar PES, namun tanpa mengurangi fitur-fitur pada versi sebelumnya.

Grafis PES 2013

Pro Evolution Soccer 2013 berfokus pada peningkatan kemiripan pemain sehingga pemain dalam permainan berperilaku seperti yang sebenarnya pada kehidupan nyata, sistem ini disebut ‘PlayerID’. Pemain yang terkenal akan berjalan, berbalik, menjebak, memindahkan bola dan bahkan merayakan goal seperti yang mereka lakukan dalam kehidupan nyata.

Dalam segi kemiripan pemain, PES 2013 adalah yang paling dekat dengan realitas yang kita lihat dari pertandingan sepak bola, bahkan lebih baik daripada FIFA 13. Grafik secara keseluruhan dalam Pro Evolution Soccer 2013 fantastis, dari mulai proses memasuki lapangan hingga detail pakaian olahraga mereka.

Gameplay:

Screenshot (3)

Dalam game PES 2013 ini terdapat beberapa menu yang dapat kita mainkan. Secara umum, yang sering dimainkan adalah Exhibition, Master League , Become a Legend.

Capture

  • Untuk Exhibition, pemain bisa bermain single player maupun multi player. Tiap pemain akan memilih tim untuk di pertandingkan. Di mode ini pemain bisa memainkan dengan kapasitas maksimal 4 player.
  • Untuk Master League, pemain akan memilih sebuah tim, lalu bermain mengunakan tim itu serta memanejemennya, seperti membeli pemain atau menjual pemain layaknya di kehidupan nyata
  • Untuk Became a Legend, pemain akan mengunakan seorang pemain. Disini pemain akan dibuat seolah pemain yang dipilih untuk berlatih dan bermain di dalam suatu pertandingan.

 

Biasanya user yang memainkan game ini menggunakan stick dalam bermain. Petunjuk cara mainnya akan dijelaskan pada gambar di bawah ini :

Screenshot (1)

Pada gambar di atas menjelaskan bahwa dalam posisi kita menyerang (attack), ada tombol di stick yang memiliki fungsi sendiri-sendiri. Diantaranya adalah :

  • umpan terobosan (through ball) = tombol Y
  • menembak (shoot) = tombol X
  • umpan panjang (long-pass) = tombol B
  • umpan pendek (short-pass) = tombol A
  • kontol manual (manual controls) = tombol LT
  • ganti pemain (cursor change) = tombol LB
  • control special yaitu untuk melengkungkan tendangan (special controls) = tombol RT
  • lari (dash) = tombol RB

Screenshot (2)

Pada gambar di atas menjelaskan bahwa dalam posisi kita bertahan (defence), ada tombol di stick yang memiliki fungsi sendiri-sendiri. Diantaranya adalah :

  • kiper lari ke depan merebut bola (GK runs towards the ball) = tombol Y
  • menyuruh rekan setim untuk merebut bola (COM teammates pressure) = tombol X
  • melakukan sliding (sliding tackle) = tombol B
  • merebut bola dalam permainan terbuka (hold up play) = tombol A
  • – (N/A) = tombol LT
  • ganti pemain (cursor change) = tombol LB
  • control special (special controls) = tombol RT
  • lari (dash) = tombol RB

 

Unsur Realitas Virtual pada game PES 2013 terdapat 6 unsur yaitu :

1) Realitas Fakta

2) Realitas Proses/Sebab Akibat

3) Realitas Kejadian Acak

4) Realitas Visual

5) Realitas Audio

6) Realitas Hukum Fisika

_____________________________________________________________________________________

1) Realitas Fakta

  • Terdapat DATA NEGARA yang sama seperti di dunia nyata

Screenshot (6)
*Contoh di atas adalah data beberapa negara yaitu : Israel, Irlandia, Montenegro, Netherland(Belanda), Irlandia Utara, Slovenia, Spanyol, Swedia, Swiss, Turki dan lainnya

  • Terdapat DATA LIGA yang sama seperti di dunia nyata

Screenshot (5)
*Contoh di atas adalah data beberapa liga yaitu : Liga BBVA (Liga Spanyol), Liga Zon Sagres (Liga Portugal), 1.Bundesliga (Liga Jerman), Brasilerao (Liga Brazil), Premier League (Liga Inggris), Ligue 1 (Liga Perancis), Serie A (Liga Italia), Eredivisie (Liga Belanda) dan lainnya

  • Terdapat DATA ANGGOTA LIGA suatu negara yang sama seperti di dunia nyata

Screenshot (19)
*Contoh di atas adalah salah satu liga yaitu Liga Inggris (Premier League) yang anggotanya terdiri dari 20 club/tim

  • Terdapat DATA CLUB/TIM yang sama seperti di dunia nyata

Screenshot (20)
*Contoh di atas adalah data salah satu club/tim yaitu Real Madrid yang memiliki beberapa pemain di dalamnya

  • Terdapat DATA PEMAIN SEPAKBOLA yang sama seperti di dunia nyata
    Contoh pemain di bawah ini adalah C. RONALDO

Screenshot (15)
*C.Ronaldo memiliki data : Negara asal = Portugal, Umur = 29 tahun, Kaki kuat = kanan

Screenshot (17)
*C.Ronaldo memiliki data : Tinggi = 186 cm, Berat Badan = 80 kg

Screenshot (9)

Screenshot (16)
*C.Ronaldo memiliki data skill seperti 2 gambar di atas

Screenshot (14)
*C.Ronaldo memiliki data : Nomor Punggung = 7

  • Terdapat DATA BOLA SEPAK yang dipakai bermain yang sama seperti di dunia nyata

Screenshot (21)

Screenshot (22)
*Contoh 2 gambar di atas adalah data bola sepak yaitu : tango, LE 80 2012, LE 80 2013, Torfabrik, Torfabrik Winter, Tango 12, Tango 12, Cafusa, Katlego, Jabulani, Predator Capitano Blue, Predator Capitano White, dan lainnya

  • Terdapat DATA STADION SEPAKBOLA yang dipakai bermain yang sama seperti di dunia nyata

Screenshot (25)
*Contoh gambar di atas adalah data stadion sepakbola yaitu : Bristol Mary Stadium, Rose Park Stadium, Royal London Stadium, dan lainnya

  • Terdapat DATA SPONSOR KOSTUM tim yang sama seperti di dunia nyata

12
*Contoh gambar di atas adalah data sponsor kostum tim yaitu : Fly Emirates (Real Madrid), dan lainnya

  • Terdapat DATA SPONSOR PADA PAPAN di pinggir lapangan yang sama seperti di dunia nyata

14
*Contoh gambar di atas adalah data sponsor pada papan pinggir lapangan yaitu : Ford, Heineken, UEFA Champions League, PlayStation, UniCredit, dan lainnya

_____________________________________________________________________________________

2. Realitas Proses, Sebab Akibat

  • Segala jenis aturan main di sepakbola

1.      Sebelum pertandingan

1

2

  • Jika memulai pertandingan, maka pemain akan berbaris menuju lapangan dari lorong ganti dan bersalaman antar tim lawan
  • dan aturan lainnya

2.      Saat pertandingan

3

  • Jika pemain melakukan pelanggaran ringan, maka wasit akan meniup peluit tanda adanya pelanggaran

8

9

  • Jika pemain melakukan pelanggaran keras, maka wasit bisa memberi kartu kuning atau bahkan kartu merah
  • dan aturan lainnya

3.      Setelah pertandingan

4

  • Jika pertandingan telah usai, maka tim yang menang akan bergembira, tim yang kalah akan tertunduk lesu, dan kedua tim saling bersalaman
  • dan aturan lainnya
  • Jika lawan menendang ke arah gawang, maka kiper secara otomatis bereaksi menangkapnya

5

  • Jika pemain mencetak gol maka pemain tersebut akan melakukan selebrasi (perayaan)

6

  • Jika pemain terlalu sering berlari, maka stamina akan cepat habis

_____________________________________________________________________________________

3) Realitas Kejadian Acak

  • Peristiwa acak bisa dilakukan pada pemilihan stadion sepakbola
  • Peristiwa acak bisa dilakukan pada pemilihan waktu bertanding (kadang bisa pagi, siang, sore, atau malam)
  • Peristiwa acak bisa dilakukan pada pemilihan musim bertanding (kadang bisa musim dingin, panas, gugur, atau semi)
  • Peristiwa acak bisa dilakukan pada pemilihan cuaca bertanding (kadang bisa cerah, berawan, atau hujan)

Screenshot (23)
*Diwakili dengan kata ‘Random’

  • Peristiwa acak bisa dilakukan pada pemilihan kondisi pemain baik tim tuan rumah (Condition : Home) maupun tim tamu (Condition : Away)

Screenshot (24)

_____________________________________________________________________________________

4) Realitas Visual

  • Visualisasi PEMAIN sesuai kenyataan

Screenshot (8)

  • Visualisasi NEGARA sesuai kenyataan

Screenshot (6)

  • Visualisasi LIGA sesuai kenyataan

Screenshot (5)

  • Visualisasi ANGGOTA LIGA sesuai kenyataan

Screenshot (19)

  • Visualisasi BOLA SEPAK yang dipakai bermain sesuai kenyataan

Screenshot (21)

Screenshot (22)

  • Visualisasi STADION dan lingkungannya (beserta supporter sepakbola) sesuai kenyataan

11

  • Visualisasi wajah ekspresi kemenangan sesuai kenyataan

Screenshot (12)

  • Visualisasi wasit pertandingan sesuai kenyataan

10

  • Visualisasi bayangan pemain sesuai kenyataan

7

  • Visualisasi sponsor kostum tim sesuai kenyataan

12

  • Visualisasi sponsor pada papan di pinggir lapangan sesuai kenyataan

14

  • Visualisasi ScoreBoard sesuai kenyataan

13

  • Visualisasi tabel Statistics Result / Hasil Pertandingan sesuai kenyataan

16

  • Visualisasi Replay / Tayangan ulang suatu kejadian di pertandingan sesuai kenyataan

15

_____________________________________________________________________________________

5) Realitas Audio/Suara

  • Suara gemuruh suporter pertandingan sesuai dengan timnya
  • Suara komentator pertandingan sesuai dengan jalannya pertandingan

_____________________________________________________________________________________

6) Realitas Hukum Fisika

  • Hukum momentum, yaitu hukum tumbukan / tabrakan baik antara :
    • Bola dengan anggota tubuh pemain (kaki, kepala, badan, tangan)
    • Anggota tubuh pemain (kaki, kepala, badan, tangan) satu dengan pemain lainnya
    • Bola dengan jaring gawang
    • Bola dengan tiang gawang
    • Bola memantul ke tanah
  • Hukum gravitasi dan gerak parabola, yaitu saat bola melambung seperti grafik parabola
  • Hukum gesekan, yaitu saat bola ditendang mendatar menyusuri tanah. Disitu akan terjadi perlambatan bola
  • Hukum rotasi, yaitu pada saat bola ditendang dengan kaki. Menendang bola dengan kaki bagian dalam dan kaki bagian luar hasil perputaran bolanya jelas berbeda sehingga seperti aslinya

 

Video Trailer
https://www.youtube.com/watch?v=wHAJdgUS1w4&feature=youtu.be

Video Gameplay
https://www.youtube.com/watch?v=FUY2mIdpxq8&feature=youtu.be

~ Reviewer ~
Nama : Ardian Atminanto
NRP   : 5111100048
Kelas : RV  B

Ardian Atminanto

Create Your Badge

_____________________________________________________________________________________

~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~   TERIMA KASIH   ~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

_____________________________________________________________________________________

Author: 

No Responses

Tinggalkan Balasan