Review Aspek Realitas Game Need For Speed : Most Wanted

 Review Game Realitas Virtual, Tugas Kuliah, Tugas Kuliah Realitas Virtual

Need For Speed : Most Wanted merupakan salah satu game balap mobil yang dikembangkan oleh EA Black Box dan dipublished oleh Electronic Arts.

1. Gameplay

Need For Speed : Most Wanted adalah salah satu game balap mobil dengan tema balap liar. Tidak seperti game balap mobil lainnya yang melakukan balapan di sirkuit, pada game Need For Speed : Most Wanted, pemain akan melakukan balapan di jalan umum yang tentunya banyak kendaraan-kendaraan lain yang juga menggunakan jalan tersebut. Selain itu, karena balap liar tersebut pemain akan menjadi seorang buron polisi dengan predikat Most Wanted (paling dicari).

Di awal permainan, pemain akan memilih sebuah mobil dan melakukan balapan dengan pembalap lain atau memacu kendaraan untuk menyelesaikan misi yang berdasarkan time limit untuk menuju sebuah garis finish. Dalam melakukan balapan inilah, akan ada kejadian dimana polisi melakukan pengejaran terhadap pemain.

Most Wanted

Seperti game pada umumnya, pemain juga akan dituntut untuk menyelesaikan misi yang diberikan. Ketika pemain menyelesaikan sebuah misi, akan ada imbalan yang didapat berupa uang. Uang tersebut dapat digunakan pemain untuk melakukan upgrade pada kendaraan yang dimilikinya. Semakin baik pemain membangun sebuah mobil, semakin baik pula performa mobil yang akan didapatkan.

Need For Speed : Most Wanted menawarkan 3 mode yang bisa dipilih oleh pemain, yaitu.
1. Quick Race Mode : Pemain akan memilih sebuah mobil dan langsung mengikuti event balapan. Mobil dan event balapan yang dapat diikuti bergantung pada progress pemain pada Career Mode pemain.

2. Career Mode : Merupakan salah satu mode yang menjadi inti permainan ini, karena pada mode ini pemain akan melakukan misi yang diberikan, seperti melakukan balapan, mencapai titik tertentu dengan batasan waktu, hingga mengalahkan satu persatu dari 15 pembalap yang dikategorikan blacklist yang cukup sulit untuk mengalahkannya.

3. Challenge Series : Mode ini berisi sejumlah tantangan bertingkat yang sulit, dimana pemain akan diharuskan menyelesaikan tantangan yang berupa tollboth races (mencapai titik tertentu dalam waktu yang diberikan) atau tantangan dikejar polisi.

Car Upgrades

2. Aspek Realitas Need For Speed : Most Wanted

Pada game Need For Speed : Most Wanted, kita dapat menjumpai berbagai hal yang menyerupai kondisi sebenarnya / realitas. Berikut saya jabarkan, beberapa realitas yang saya temukan pada game ini yang akan saya bagi kedalam beberapa aspek realitas.

  • Realitas Fakta
  1. Tipe dan merk mobil pada game Need For Speed : Most Wanted sesuai dengan tipe dan merk mobil pada kenyataan pula.
  2. Satuan waktu seperti milisecond, second, menit sesuai dengan kondisi sebenarnya.
  • Realitas Sebab-Akibat / Proses
  1. Jika pemain melanggar peraturan lalu lintas dengan melakukan balapan liar, maka akan ada sanksi yang harus diterima (dikejar /ditangkap polisi misalnya).
  2. Jika pemain berhasil menyelesaikan misi atau pekerjaan tertentu, maka akan ada imbalan yang didapatkan.
  3. Jika pemain berhasil membangun mobilnya dengan baik, pemain akan mendapatkan performa mobil yang baik pula.
  4. Pada game need for Speed Most Wanted, kita akan dihadapkan pada situasi kemudi sebuah mobil, dimana hal ini seperti halnya mengemudi sebuah mobil pada dunia nyata.
  • Realitas Kejadian Acak
  1. Lalu lintas dijalan secara acak menampilkan jenis mobil dan banyaknya mobil yang ada di jalan.

    Traffic

  2. Cuaca pada game yang dapat berubah sewaktu-waktu.
  • Realitas Fisika
  1. Ketika terjadi tabrakan/tumbukan antar mobil, akan ada gaya yang mempengaruhi kedua mobil sehingga mobil bisa terpental bahkan terbalik.

    Crashed

  2. Adanya percepatan yang menyebabkan kecepatan pada mobil meningkat.
  3. Semakin tinggi kecepatan, maka akan semakin cepat pula waktu yang dibutuhkan untuk menempuh jarak tertentu.
  • Realitas Audio
  1. Ketika dijalan, akan terdengar bunyi kendaraan-kendaraan yang lewat hingga klakson yang mereka bunyikan seperti layaknya pada dunia nyata.
  2. Suara mesin mobil yang kita kemudikan juga terdengar mirip dengan suara mobil pada kenyataannya.
  • Realitas Visual
  1. Mobil yang dikemudikan menyerupai mobil tersebut pada kondisi aslinya .
  2. Lingkungan pada game yang dibuat sedemikian rupa hingga menyerupai dunia nyata seperti kota-kota, pohon, jalan, lalu lintas, hingga cuaca.

    Lingkungan pada Game Need For Speed : Most Wanted

Link Trailer :Need For Speed : Most Wanted Trailer

Oleh:
Muhammad Farhan Adha – 5111100109
RV – A

Author: 

No Responses

Tinggalkan Balasan