Review Aspek Realitas Game AION

 Tugas Kuliah Realitas Virtual, Uncategorized

Game Pic:

Aion Game Logo

Aion Game Logo

Aion Login Screen

Aion Login Screen

 

Aion Character

Aion Character

 

Gameplay

AION adalah sebuah game MMORPG asal Amerika Serikat yang berkisah tentang petualangan para ksatria di dunia fantasi Atreia. Dunia virtual dalam game ini dibagi menjadi dua dunia parallel yakni Asmodae dan Elysea. Penghuni dunia Asmodae disebut Asmodian yang memiliki ciri khas berupa kulit yang berwarna hitam/biru, sedangkan penghuni Elysea disebut Elyos dengan kulit putih/coklat. Kedua ras ini saling bermusuhan. Ketika mulai bermain, pemain akan diminta memilih apakah menjadi ras Elyos atau Asmodian. Dalam satu server, satu ID pemain hanya bisa menjadi karakter Elyos saja atau Asmodian saja.

Baik Asmodian maupun Elyos memiliki sayap dan dapat terbang di area-area tertentu. Di beberapa area fungsi terbang ini tidak dapat diaktifkan dan pemain harus berjalan kaki untuk bertualang. Fungsi terbang ini memiliki batas waktu. Akan tetapi, di dunia yang disebut Abyss waktu terbang ini semakin panjang. Namun, di dunia Abyss ini tantangan monster dan ancaman perang dengan ras lain semakin tinggi.

Asmodian maupun Elyos memiliki beberapa kelas job, yaitu Warrior, Scout, Priest, dan Mage. Kelas-kelas ini nantinya memiliki job yang dipilih sesuai keinginan pemain. Penampilan maupun kosmtum karakter pun bisa dimodifikasi sesuai keinginan pemain. Karakter pemain dalam permainan ini benar-benar bisa disesuaikan dengan keinginan.

Permainannya sendiri membuat kita benar-benar menjadi petarung kuno dalam Atreia. Di sepanjang permainan terdapat quest utama yang menjadi jalan cerita dalam permainan ini. Quest ini disesuaikan dengan level pemain. Tak hanya quest utama, para NPC dalam permainan ini juga bisa memberikan quest sampingan untuk menambah item maupun kinah(mata uang dalam permainan ini). Selain dengan quest, kinah juga bisa didapatkan dengan berspekulasi menjual barang-barang kepada pemain lain lewat broker. Kinah ini nantinya bisa digunakan untuk membeli item, membeli hewan peliharaan, maupun mendekorasi rumah.

Aion Quest

Aion Quest

Dalam permainan ini kita juga bisa merasakan kehidupan sosial para pejuang Atreia. Dalam permainan ini pemain bisa bermain solo maupun dalam grup untuk menyelesaikan quest. Monster maupun item yang dibutuhkan dalam quest juga terbatas, sehingga kita perlu mengantri untuk menunggu spawn berikutnya. Dalam permainan ini juga terdapat sistem Legion yang memungkinkan kita membentuk sebuah faksi besar dengan pemain lainnya untuk merebut kastil dan memerangi monster Balaur dalam dunia Abyss. Tak cukup dengan permainan yang beraneka ragam, para pemainpun bisa bersantai dan menikmati kehidupan di Atreia dengan membangun rumah atau memelihara binatang.

Fight with monster

Fight with monster

 

Aspek Realitas

1. Realitas Fakta

- Adanya kota-kota maupun desa tempat berinteraksi di sekitarnya terdapat area-area tanah lapang, hutan, gurun, dsb untuk tempat berburu

Village in Aion (aerial view)

Village in Aion (aerial view)

 

Forest in Aion (aerial view)

Forest in Aion (aerial view)

– Adanya tatanan masyarakat (pada NPC) di tiap desa maupun kota

- Adanya area residensi baik berupa apartemen maupun perumahan

Sunset view from beginner loft

Sunset view from beginner loft

– Adanya waktu siang dan malam.

 

2. Realitas Proses/Sebab-Akibat

– Adanya proses jual-beli barang antar pemain lewatbroker

– Adanya pajak/administrasi untuk proses jual beli lewatbroker

3. Realitas Kejadian Acak

- Cuaca yang bisa berubah tanpa terduga, misalnya hujan

- Hewan peliharaan bisa menunjukkan mood acak dan harus ditanggapi dengan benar untuk menambah happiness-nya

4. Realitas Fisika

- Pemain bisa jatuh dari ketinggian. Pemain bahkan bisa terluka atau mati ketika terjatuh. Hukum gravitasi sangat diperhatikan, kecuali jika pemain sedang terbang menggunakan sayap.

– Hukum gerak parabola ketika pemain berlari sambil melompat

5. Realitas Audio

- Adanya suara-suara percakapan di kota

- Suara efek ketika menyerang atau mengeluarkan skill , gesture, dan sebagainya

6. Realitas Visual

- Tampilah lingkungan sekitar dibuat mirip dengan dunia nyata dengan langit, gunung-gunung, perkotaan, dan sebagainya.

Player house area

Player house area

- Tampilan animasi NPC, maupun pemain dibuat sangat natural

- Tampilan bangunan di kota maupun desa serta bangunan residensi dan barang-barang didalamnya dibuat mirip dengan Eropa jaman medieval.

 

Trailer :https://www.youtube.com/watch?v=HDZUZtdXR54

PVP Gameplay video :https://www.youtube.com/watch?v=011wzrUSenQ

By: Putu Linda Indita Sari
(5110100121)

Linda Indita Sari Putu|Create Your Badge

Author: 

No Responses

Tinggalkan Balasan