Review Aspek Realitas :Napoleon Total War, Jadilah Yang Terkuat !

 Uncategorized

Kalau anda mengaku penggemar berat game strategi, apalagi yang merasa jago memainkannya. Jangan merasa hebat kalo belum memainkan game yang satu ini. Ayo simak dulu reviewnya !

 NTWCover

Napoleon Total War merupakan game strategi turn-based dan real-time yang dikembangkan oleh The Creative Assembly dan dirilis oleh SEGA. Game ini berlatar di Eropa dan Timur Tengah pada akhir abad ke-18 dan awal abad ke-19. Pada game ini pemain berperan sebagai Napoleon Bonaparte atau salah satu dari rival-rivalnya, pada sebuah peta perjalanan dengan sistem turn-based, dan terlibat dalam berbagai pertempuran secara real-time. Pada game ini pemain akan melakukan perjalanan yang mengikuti mulai dari awal karir sang jenderal.

 

Gameplay

 NTW1

Napoleon Total War menyediakan dua opsi permainan yaitu :

Napoleon’s Campaign

Pada mode permainan ini pemain berperan sebagai fraksi Perancis dimana pemain dapat mengikuti alur perjalanan Napoleon Bonaparte mulai dari awal karirnya. Mulai dari Italia pada 1796, invasi Mesir pada 1798, penguasaan Eropa pada 1805 dan The Battle of Waterloo di belgia pada 18 Juni 1815.

 

Campaign of the Coallision

Sebaliknya pada mode permainan ini pemain akan berperan sebagai Kekaisaran Austria, Inggris, Prusia, atau Rusia dan berusaha mengalahkan Napoleon dan fraksi Perancis di eropa.

Pemain diharuskan untuk membangun struktur di wilayah fraksi, memproduksi unit, menciptakan sumber penghasilan, penelitian teknologi baru, menghadapi fraksi lainnya baik dengan diplomasi, perdagangan, maupun perang, mengirimkan pasukan pada sebuah misi, menciptakan dan memerintahkan tentara, dan menjadi fraksi dominan di dunia.

 

Fraksi

Terdapat beberapa fraksi pada permainan ini mulai dari yang bisa dimainkan yaitu :

  1. Kekaisaran Austria – Campaign of the Coallision
  2. Perancis ­– Napoleon Campaign
  3. Kekaisaran Inggris – Campaign of the Coallision
  4. Prusia – Campaign of the Coallision
  5. Kekaisaran Rusia – Campaign of the Coallision
  6. Kekaisaran Ottoman(Mesir) – Multiplayer

 

Dan fraksi yang tidak dapat dimainkan yaitu :

  1. Denmark
  2. Swedia
  3. Bavaria
  4. Serikat Belanda
  5. Italia
  6. Republik Batavia
  7. Baden-Wurttenburg
  8. Norwegia
  9. Kepausan Serikat (Italia)
  10. Kerajaan Naples
  11. Kerajaan Sardinia (Disebut Piedmont-Sardinia di Italia)
  12. Kerajaan Sisilia
  13. Kerajaan Italia
  14. Saxony
  15. Portugal
  16. Irlandia
  17. Skotlandia
  18. Oldenburg
  19. Mecklenburg
  20. Swiss
  21. Skotlandia
  22. Irlandia
  23. Catalonia
  24. Yunani
  25. Hongaria
  26. Rumania
  27. Belguim
  28. Tuscany (Italia )
  29. Polandia
  30. Lucca (Italia )
  31. Venice (Italia )
  32. Badui (Mesir )
  33. Mameluks (Mesir)

 

Aspek Realitas Permainan

Realitas Fakta

Realitas fakta dalam game ini sangat dominan karena mulai dari jalan cerita hingga peran-peran yang terdapat di dalam game dibuat berdasarkan sejarah dan kenyataan yang terjadi di dunia nyata, misalnya saja tahun kejadian, nama peperangan, dll.

  1. Nama negara, gambar, lambang, profil, kota, kedaan negara, dan posisinya yang terlibat dalam permainan sesuai dengan keadaan di dunia nyata
    NTW2NTW3
  2. Tokoh-tokoh yang terlibat seperti Napoleon Bonaparte, Jean Serurier, Frederick William III, Tsar Paul merupakan tokoh-tokoh yang ada di dunia nyata
    NTW4
  3. Alur cerita yang disesuaikan dengan sejarah yang terjadi mulai dari tahun, tokoh-tokoh dan negara yang terlibat, hingga nama peperangan.
    NTW5
  4. Sumber daya alam memiliki fungsi yang sama dengan dunia nyata, misalnya bahan bangunan dll 

 

Realitas Sebab-Akibat

Seperti halnya game strategi lainnya, realitas sebab-akibat sangat terasa dalam game ini. Setiap langkah yang dilakukan pemain akan menimbulkan dampak tertentu pada permainan, misalnya memperlakukan lawan main, bagaimana memperlakukan rakyat, mengolah sumber daya alam, setiap hal-hal tersebut akan berdampak terhadap pemain. Berikut ini contohnya :

  1. Fraksi lain akan mendeklarasikan perang apabila anda menyerang bangsa mereka, baik kota, pelabuhan, maupun meganggu jalur perdagangan mereka
  2. Pajak yang dibebankan terhadap suatu kota akan berpengaruh terhadap tingkat kepuasan dari penduduk yang berimbas pada popularitas pemerintahan, hal ini juga akan berpengaruh terhadap proses pemilihan elemen-elemen negara seperti perdana menteri, seketertaris perang, dll.
  3. Kondisi cuaca yang buruk akan mengakibatkan kurangnya pandangan kita ke musuh dan sebaliknya, misalnya kabut pada saat terjadi hujan badai akan mempengaruhi jarak pandang kita terhadap musuh.
    NTW6
  4.  Apabila terbina hubungan baik dengan negara lain maka negara lain akan memberikan reward
  5. Sumber daya manusia yang berlebih akan mengakibatkan persediaan bahan pangan yang besar, hal ini juga akan mengakbatkan cepatnya konsumsi bahan pangan yang dapat berujung pada kelaparan dan menurunnya tingkat kepuasan penduduk

 

Realitas Proses

Mengadaptasi dari dunia nyata dan proses serta sistem yang ada, game ini menyediakan berbagai aspek yang dimiliki dan diaplikasikan di dunia nyata misalnya saja susunan kabinet sebuah negara, proses pemilihan, pengolahan sumber daya dll.

  1. Terdapat susunan negara sesuai dengan kedaan di dunia nyata, mulai dari raja, kabinet, hingga pihak oposisinyaNTW7
  2. Terdapat proses pemilihan terhadap beberapa elemen penting sebuah negara seperti perdana menteri,  sekertaris perang, pimpinan angkatan laut, dll yang hasilnya sangat dipengaruhi oleh berbagai aspek yang sama seperti di dunia nyata
    NTW8
  3. Seperti halnya di dalam mengatur sebuah negara, pemain dapat mengatur mulai dari diplomasi, perdagangan, pembangunan, riset, sumber daya manusia, hingga pajak.
    NTW9
  4. Terdapat kegiatan diplomasi antar fraksi negara yang dipengaruhi oleh factor-faktor seperti halnya di dunia nyata seperti perjanjian perdagangan, perbedaan ideology, bahkan keyakinan penduduknya.
    NTW10
  5. Proses pembangunan akan memakan waktu sesuai dengan jenis bangunannya apabila besar maka waktu yang diperlukan pun akan semakin lama begitu juga dengan produksi pasukan
    NTW11

Realitas Audio-Visual

Realitas Visual dalam game ini bisa dibilang sangat baik, mulai tampilan bangunan pada world map, seperti ibukota, kota-kota kecil, pelabuhan, unit-unit seperti kapal, meriam, dan jalur perdagangan yang dibuat mirip dengan keadaan aslinya.

NTW12
Ralitas audionya pun sangat terasa, mulai dari suara letusan meriam, tembakan senjata api, gesekan pedang, hingga hentakan kaki kuda bahkan suara kapal yang sedang melintasi lautan.

 NTW13

Hal-hal tersebutlah yang membuat game ini sangat hidup, karena membuat anda benar-benar merasakan kondisi yang dihadapi dalam peperangan.

 

Realitas Fisika

Dalam game ini realitas fisika bisa dibilang tidak cukup nampak karena lebih cenderung terfokus pada gameplay strateginya, mungkin hanya animasi dari benda-benda yang dibuat mirip dengan aslinya, misalnya meriam yang ditembakkan akan menimbulkan pergerakan seperti parabola.

 

Realitas Acak

Terjadinya kejadian-kejadian acak seperti cuaca yang tak menentu dan apa yang akan terjadi pada saat peperangan serta bantuan-bantuan akan terjadi secara acak.

  1. Keadaan cuaca yang tidak dapat diprediksi, misalnya kemunculan hujan badai dll
    NTW14
  2. Kontak dari negara lain, selama kita menjaga hubungan baik dengan negara lain, kita bisa mendapatkan reward dari negara lain, misalnya perjanjian dagang, atau bantuan pada saat kita menghadapi peperangan yang dapat terjadi kapan saja.

 

Overall
Kalau anda benar-benar menyukai game strategi dan ingin merasakan mulai dari memimpin sebuah negara, memimpin peperangan, hingga menjadi bangsa yang dominan di dunia, game ini merupakan konsumsi wajib bagi anda. Rasakan sensasi peperangan abad ke-17, menangkan, dan jadilah yang terkuat!

 

Trailer : Napoleon Total War Trailer
G
ameplay : Napoleon Total War Gameplay


Oleh :
Maranu Toto Negoro
5111100156

Maranu Toto Negoro

Create your badge

Author: 

No Responses

Tinggalkan Balasan